Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna aplikasi Shopee menggunakan Heart Framework, dengan fokus pada lima variabel utama: Happiness, Engagment, Adoption, Retention, dan Task Success, serta variabel tambahan User Satisfaction. Penelitian melibatkan 100 pengguna aktif Shopee berusia 18-34 tahun di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Happiness, Adoption, Retention, Task Success, dan User Satisfaction semuanya tergolong "Sangat Baik" dengan skor masing-masing 83%, 84,7%, 82,2%, 85,2%, dan 84,4%. Namun, variabel Engagment dinilai "Baik" dengan skor 74,4%. Level of Usability aplikasi Shopee dihasilkan sebesar 82,3%, yang masuk dalam kategori "Sangat Baik," mayoritas pengguna merasa puas dengan cara keseluruhan aplikasi Shopee bekerja dan memenuhi harapan pengguna. Rekomendasi perbaikan meliputi peningkatan kontrol kualitas produk untuk mencegah ketidakpuasan akibat produk palsu atau tidak sesuai deskripsi, serta terus meningkatkan layanan dan pengalaman pengguna untuk tetap kompetitif di pasar yang sangat kompetitif. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas penelitian dengan memasukkan sampel demografi yang lebih beragam dan mengeksplorasi variabel tambahan yang mungkin mempengaruhi Engagment dan User Satisfaction
Skripsi_17200758_Muhammad Naufal Rifqi Rismawan
Alawiyah, F. F., & Canta, D. S. (2022). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Journal of Information System Research (JOSH), 3(4), 344–350. https://doi.org/10.47065/josh.v3i4.1574
Biro Pusat Statistik. (2023). eCommerce 2022/2023. In Biro Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/09/18/f3b02f2b6706e104ea9d5b74/statistik-ecommerce-2022-2023.html
Fauzi, N., Muslimah Az-Zahra, H., & Putra Kharisma, A. (2019). Analisis Usability Aplikasi Perangkat Bergerak Jual Beli Online dengan Model People At The Center of Mobile Application Development (PACMAD) (Studi Kasus : Tokopedia, Bukalapak dan Shopee). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 2552–2557. http://j-ptiik.ub.ac.id
Fauziah, F., & Karhab, R. S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS pada Mahasiswa. Jurnal Pesut : Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 129–136.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate. In Alfabeta (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–99).
Gudiato, C., Sediyono, E., & Sembiring, I. (2022). Analisis Sistem E-Commerce pada Shopee untuk meningkatkan daya saing menggunakan metode S.W.O.T. Journal of Information Technology, 2(1), 6–10. https://doi.org/10.46229/jifotech.v2i1.294
Habiba, I., & Wijaya, G. (2022). Pengukuran Kualitas Website Skill Academy Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 24(1), 29–36. https://doi.org/10.31294/paradigma.v24i1.963
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas dan Realibilitas Dengan Menggunakan SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Jannah, A. M., Suryanto, T. L. M., & Pratama, A. (2022). Pengukuran User Experience Terhadap Penggunaan Aplikasi SIMVONI dengan Pendekatan Metode HEART. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 12(1), 34. https://doi.org/10.36448/expert.v12i1.2533
Kesuma Bhakti, F., Ahmad, I., & Adrian, Q. J. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(2), 45–54. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Megasari Manik, C., & Siregar, O. M. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Starbucks di Kota Medan. Journal of Social Research, 1(7), 694–707. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.134
Meiriza, A., Oktadini, N. R., Putra, P., & Sevtiyuni, P. E. (2024). Analisis User Experience Pada Aplikasi Mobile Alfagift dengan Menggunakan Metode Heart Metrics. 5(3), 785–794. https://doi.org/10.47065/josh.v5i3.4993
Nielsen, J. (2000). Why You Only Need to Test with 5 Users. High Seas Marine Protected Areas. Parks, 15(3), 48–56. http://cmsdata.iucn.org/downloads/parks_hsmpajun06.pdf#page=50
Nurlailah, & Rusdi, I. (2023). Analisis User Experience (UX) pada Aplikasi Segari menggunakan HEART Metrics. Jurnal Teknologi, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.34151/jurtek.v16i1.4265
Oliver, R. L. (2010). Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315700892
Ramayani Yusuf. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JMPIS), 1(2), 506–515.
Ratih Aisyah, Annisa Lusyani Zahra, Dwi Shahita, W. H. (2023). Analisis User Experience Pengguna Aplikasi Neobank Berdasarkan Alat Ukur Heart Metrics. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), 2(1), 1–15.
Salma Luthfiyah Yulvi, & Mery Citra Sondari. (2023). Analisis User Experience Menggunakan HEART Framework dan Importance Performance Analysis (Studi Pada TikTok Shop). Indonesian Journal of Education And Computer Science, 1(3), 148–159. https://doi.org/10.60076/indotech.v1i3.245
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Slamet, R., & Aglis, A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. In Deepublish (p. 373).
Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT. GO-JEK). Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.91
Subiksa, G. B. (2023). Analisis Pengalaman Pengguna Website Lamaran Kerja Online Dengan Metode Heart Framework. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu Komputer, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61674/jimik.v1i1.108
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan Ke). Bandung: Alfabeta, 2021 ©2021.
Supiyandi, A., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2022). Influence of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, and Brand Loyalty of Shopee on Consumers’ Purchasing Decisions. CommIT Journal, 16(1), 9–18. https://doi.org/10.21512/commit.v16i1.7583
Wiyono, G., Kusumawardhani, R., & Heriawan, A. (2022). Pengaruh current ratio, debt to assets ratio, total asset turnover, dan perputaran kas terhadap return on equity. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 19(4), 740–745.
Zarkasi, A. C., Wardani, A. S., & Sucipto, S. (2022). Analisa User Experience Terhadap Fitur Di Aplikasi Zenius Menggunakan Heart Framework. METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika Dan Komputerisasi Akuntansi, 6(6), 174–179. https://doi.org/10.46880/jmika.Vol6No2.pp174-179