PEMBUATAN APLIKASI MOBILE BERBASIS TEKNOLOGI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK ANAK SMA

research
  • 15 Oct
  • 2024

PEMBUATAN APLIKASI MOBILE BERBASIS TEKNOLOGI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK ANAK SMA

Latar belakang penelitian ini bersumber pada minimnya keterlibatan teknologi dalam proses pembelajaran sejarah pada tingkat SMA, yang seringkali dianggap monoton dan kurang menarik oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis Android yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah di SMA. Aplikasi ini dirancang menggunakan Android Studio dengan fitur interaktif yang sesuai dengan kurikulum sejarah dan gaya belajar siswa modern. Tujuan utama dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk memberikan akses materi pembelajaran sejarah yang lebih menarik dan memudahkan siswa dalam memahami konten pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini juga bertujuan untuk memberikan penilaian yang instan dan feedback yang dapat membantu siswa dalam memperbaiki pemahaman mereka. Metode pengembangan aplikasi ini mengadopsi model Waterfall yang meliputi tahapan perancangan, implementasi, pengujian, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan melalui studi kasus dengan partisipasi siswa SMA untuk menentukan efektivitas aplikasi dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman materi sejarah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan telah berhasil meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran sejarah. Data berbasis angka yang diperoleh melalui survei dan analisis statistik menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi sejarah. Diharapkan bahwa aplikasi ini dapat diimplementasikan di berbagai sekolah sebagai metode pembelajaran inovatif yang dapat memperkaya pengalaman belajar sejarah bagi siswa.

Unduhan

 

  • Cover.pdf

    Cover.pdf

    •   diunduh 14x | Ukuran 62,811

REFERENSI

Abdul Wahid Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Sumedang, A. (n.d.). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. https://www.researchgate.net/publication/346397070

Faqih, M. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID. 7(2), 27–34. https://doi.org/10.26618/jk.v7i2.4556

Fitriastuti, F., Eka Putri, A., Kautsar Sunardi, A., & Apriliya Hidayat, R. (2024). Analisis Website SIAKAD Universitas Janabadra Menggunakan Metode UAT. In JTSI (Vol. 5, Issue 1).

Hastini, L. Y., Fahmi, R., Lukito, H., Program, M., Ilmu, D., & Unand, M. (n.d.). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA). https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1

Hetty Marhaeni, N., Rafi Fajar Rizky, M., Miralda, D., Matematika, P., Mercu Buana Yogyakarta, U., Raya Wates-Yogyakarta, J., Argomulyo, K., Sedayu, K., Bantul, K., & Istimewa Yogyakarta, D. (2024). Pelatihan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android di SMA Dharma Amiluhur. 3(1).

Lihawa, F., & Yusuf, D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI GEOGRAFI POKOK BAHASAN SEBARAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA DI SMA NEGERI 2 LIMBOTO (KELAS XI IPS). In Edu Geography (Vol. 11, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo

Maulana, R., & Ma, D. (2020). MODEL MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI BLANDED LEARNING BERBASIS MOBILE. Journal Informatic, Education and Management, 2(2).

Ruswan, A., Sholihah Rosmana, P., Husna, M., Nurhikmah, I., Irsalina, S., Azahra, R., Faqih, A., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (n.d.). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar.

Susanto, H., & Prawitasari, M. (2023). EVALUASI RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN SEJARAH PROKLAMASI BERBASIS ANDROID (Vol. 09). http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/index

Tanama, J., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2023). Pengembangan E-Modul Sejarah Indonesia dengan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 71. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5648

Wibowo, A. T., Tiroy, F., Butar-Butar, S., & Ali, N. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN PAHLAWAN INDONESIA BERBASIS ANDROID. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 02.