Belakangan ini, maskulinitas menjadi topik perbincangan yang hangat di masyarakat dan di berbagai media. Banyak yang berargumen bahwa media masih menggambarkan nilai maskulinitas tradisional, yang dianggap kuno dan kurang relevan dengan keadaan hidup bermasyarakat kita saat ini. Nilai maskulinitas tradisional sendiri sudah menjadi konstruksi sosial dan norma yang mendikte bagaimana seorang laki-laki harus berperilaku, dan menjalani kehidupan mereka sehari-hari. Hal ini menyebabkan banyaknya kekurang-sadaran terhadap kesehatan mental laki-laki dikarenakan stigma yang lahir dari norma maskulinitas yang kerap ditekankan oleh media utama tersebut. Salah satu media utama yang paling berperan dalam menggambarkan maskulinitas adalah periklanan, oleh karena itu kali ini penulis akan melakukan penelitian semiotika Roland Barthes guna mengupas representasi maskulinitas dalam media utama, yang berupa kampanye iklan Dior Homme Sport versi Robert Pattinson. Peneliti memilih iklan ini dikarenakan brand Dior yang sudah ternama, dan kontroversial perihal penggambaran peran gender dalam kampanyenya. Dalam penelitian ini, penulis menemukan berbagai representasu maskulinitas tradisional dalam iklan Dior Homme Sport, dimana seorang laki-laki harus tampan, memiliki tubuh ideal, kuat secara fisik, percaya diri, ambisius, dan bertugas sebagai pemberi nafkah dan pelindung.
Cover
Jurnal
Skripsi
Ahlam, Shiba, F. (2021). Analisis Efektivitas Iklan Kosmetik Wardah Dengan Menggunakan Consumer Decision Model (CDM). (Skripsi Sarjana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia). http://repository.stei.ac.id/4318/
APA Guidelines for Psychological Practice with Boys and Men. (2018). Diakses pada 17 April 2024 dari https://www.apa.org/about/policy/boys-men-practice-guidelines.pdf
Ariawan, P. D., Sudiarta, I. W., Sudita, I. K. (2019). Proses Pengajaran Mosaik Di Smk Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 9(2), 69-76. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/21509
Ayuningtyas, P. (2021). Representasi Maskulinitas Urban Dalam A Little Life Oleh Hanya Yanagihara. (Conference Paper, Universitas Bina Nusantara). https://www.researchgate.net/publication/354068120_REPRESENTASI_MASKULINITAS_URBAN_DALAM_A_LITTLE_LIFE_OLEH_HANYA_YANAGIHARA
Berdian, Deval, M. (2021). Analisis Film Friday The 13th Tahun 2009 melalui Teori Teknik Pengambilan Gambar oleh Askurifai Baksin. (Skripsi Sarjana, Universitas Komputer Indonesia). https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/6011/
Biography.com. (2019, 29 Oktober). Robert Pattinson, English actor Robert Pattinson is best known for his role of vampire Edward Cullen in the 'Twilight' film series. Diakses pada 27 Mei 2024, dari https://www.biography.com/actors/robert-pattinson
Budiman, Santika, A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Tiktok Shop Pada Kalangan Remaja Perempuan Kota Semarang. (Skripsi Sarjana, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang). http://repository.unika.ac.id/30614/
Christian Dior. (2022, 2 Februari). Dior Homme Sport - The new fragrance. [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=-Avh_23YfKA
Dachi, Ningsih, S. L. (2019). Wacana Seksisme Dalam Berita “Surganya Mesum” (Analisis Wacana Kritis Sara Mills Mengenai Wacana Seksisme dalam Berita Surganya Mesum pada Harian Pagi Radar Bandung Edisi 17 November 2018). (Skripsi Sarjana, Universitas Komputer Indonesia, Bandung). https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2083/
Deriana, R. (2019). Pemberitaan Ratna Sarumpaet Dalam Kasus Hoax (Analisis Framing Model Robert N. Entman Mengenai Pemberitaan Ratna Sarumpaet dalam kasus Hoax di media Online Pikiran-rakyat.com dan Jabar.tribunnews.com Edisi 2 Oktober 2018). (Skripsi Sarjana, Universitas Komputer Indonesia Bandung). https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/787/
Duta, S. S. (2022). Impact of Masculinity on Men's Health. Diakses pada 17 April 2024 dari https://www.news-medical.net/health/Impact-of-Masculinity-on-Mens-Health.aspx
Fahrudin, S. (2022). Implementasi Penguatan Akuntabilitas Dalam Pembangunan Zona Integritas di Polres Metro Bekasi Kabupaten. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah jakarta). https://repository.umj.ac.id/9338/
Fernandez, G. M. H. (2014). Peran Talent Anak Dalam Television Commercial. (Skripsi Sarjana, Universitas Atma Jaya Yogyakarta). https://e-journal.uajy.ac.id/5705/
Freeman, H. (2018). Jordan Peterson may be a ‘public intellectual’, but his latest theory isn’t very clever. Diakses pada 24 April 2024 dari https://www.theguardian.com/fashion/2018/may/23/jordan-peterson-public-intellectual-isnt-clever-violent-men-monogamy
Hvidtfeldt, K. (2020). “The best men can be”. Kvinder Køn & Forskning, 29(1), 06-18. https://tidsskrift.dk/KKF/article/view/123445
Illing, S. (2023). The new crisis of masculinity What’s the matter with men — and how do we fix it? Diakses pada 24 April 2024 dari https://www.vox.com/the-gray-area/23813985/christine-emba-masculinity-the-gray-area
Jagolino, S. (2015). The Effects of Gender ects of Gender, Physical Attractiveness, and eness, and Socioeconomic Status on Initial Attraction. (Thesis Master, Universitas San Jose State, California, Amerika Serikat). https://scholarworks.sjsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=8137&context=etd_theses
Mcdermott, R. Et Al. (2019). In Search of Positive Masculine Role Norms: Testing the Positive Psychology Positive Masculinity Paradigm. Psychology of Men & Masculinity, 20(1), 12-22. https://psycnet.apa.org/record/2018-17970-001
Monica, Revita, C. (2017). Pengaruh Program The Remix di NET TV Terhadap Minat Menjadi Remixer di Kalangan Mahasiswa School of Creative Arts. (Skripsi http://eprints.kwikkiangie.ac.id/2168/
Murdiana, V.A. (2015). Representasi Maskulinitas dalam Iklan Yamaha Cbu dan Yamaha Yzf R15. (Thesis Magister, Universitas Sahid). https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/LONTAR/article/view/400
Permana, R.S., Rosfiantika, E., Mahameruaji, J.N. (2017). Representasi Yogyakarta dalam Film Ada Apa Dengan Cinta 2. ProTVF, 1(1), 47-60. https://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article/view/13333
Pratama, A. (2018). Representasi Nilai Islam dalam Foto Jurnalistik (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Foto Jurnalistik di Surat Kabar Harian Riau PosEdisi Ramadhan 1438 H). (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Riau). https://repository.uir.ac.id/3471/
Pratami, R., Hasiholan T.P. (2020). Representasi Maskulinitas Pria dalam Iklan Televisi Men’s Biore Cool Oil Clear. Jurnal Komunikasi, 14(2), 119-138.
Putawa, R.A. (2023). Aspek Maskulinitas Pada Perkembangan Sistemkepercayaan Politeisme Dan Monoteisme. Sanjiwani: Jurnal
Rasyidah, Munawiyah, Nashriyah, Khairani & Jamhuri. (2016). Maskulinitas di Masyarakat Aceh Pascakonflik dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Kekerasan Terhadap Perempuan. Ibnunourhas Publishing.
Roberts, S. Et Al. (2013). Genderedness of Bar Drinking Culture and Alcohol-Related Harms: A Multi-Country Study. International Journal of Mental Health and Addiction, 11(1), 50-63. https://www.researchgate.net/publication/236940910_Genderedness_of_Bar_Drinking_Culture_and_Alcohol-Related_Harms_A_Multi-Country_Study
Santika, E. F. (2021). Mengapa Laki-laki Jarang Menunjukkan Kondisi Mentalnya yang Membutuhkan Bantuan? Diakses pada 24 April 2024 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/27/mengapa-laki-laki-jarang-menunjukkan-kondisi-mentalnya-yang-membutuhkan-bantuan
Suriyani. (2019). Representasi Maskulinitas dalam Iklan Gastby Body Shower Gel (Analisis Semiotika Roland Barthes). (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). https://repositori.uin-alauddin.ac.id/17729/
Widiyanti, R. (2023). Representasi Nilai-Nilai Islam Dalam Film Gara-Gara Warisan. (Analisis Semiotika Roland Barthes). (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Kudus). http://repository.iainkudus.ac.id/10559/
Wilis, S. (2018). Representasi Maskulinitas pada Teledramatukri Kara Para Ask. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). https://repository.uin-suska.ac.id/15103/
Wubs, B., Donze, P. I. (2019). Storytelling and the making of a global luxury fashion brand: Christian Dior. International Journal of Fashion Studies, 6(1), 83-102. https://intellectdiscover.com/content/journals/10.1386/infs.6.1.83_1
Yulianti, F.D., Bajari, A., Mulyana, S. (2017). Representasi Maskulinitas dalam Iklan Televisi Pond’s Men #Lelakimasakini (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Representasi Maskulinitas). Jurnal Komunikasi, 9(1), 16-30.
Zahroh, S. F. (2019). Representasi Toleransi Dalam Mini Drama Korea “Lunch Box” Tentang Halal Food. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri Kediri). https://etheses.iainkediri.ac.id/1604/
Zhang, S. (2015). Color associations with masculine and feminine brand personality among Chinese consumers. (Thesis Master, Universitas Concordia Quebec, Canada). https://spectrum.library.concordia.ca/id/eprint/979896/