Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Dengan Metode Least Square Pada PT Indomarco Prismatama cabang Kelapa Gading Square Jakarta Utara

research
  • 15 Oct
  • 2024

Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Dengan Metode Least Square Pada PT Indomarco Prismatama cabang Kelapa Gading Square Jakarta Utara

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi dalam meningkatkan penjualan pada PT Indomarco Prismatama cabang Kelapa Gading Square menggunakan metode least square. Untuk mengetahui promosi penjualan apa saja yang ada di Indomaret, serta bagaimana penerapan bentuk strategi promosi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan penjualan pada Indomaret, dan menjelaskan kendala dan solusi dalam strategi promosi di Indomaret. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif non-statistik, yang menekankan penggunaan data numerik dari tahap pengumpulan hingga penyajian hasil. Penelitian ini menemukan bahwa PT Indomarco Prismatama menerapkan berbagai strategi promosi seperti diskon , cashback, dan event promosi. Diskon terbukti menjadi strategi promosi paling efisien dan efektif dalam menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan. Hasil analisis dalam menggunakan metode least square menunjukkan ramalan untuk bulan Juli adalah 608.421,4 dan bulan Agustus adalah 608.462,6. Analisis data tersebut menunjukkan bahwa strategi promosi yang diterapkan memiliki dampak signifkan terhadap penjualan, dengan peningkatan penjualan yang mencolok pada bulan Juni setelah implementasi strategi promosi baru. Sebaliknya, terdapat penurunan signifkan pada bulan Januari, menunjukkan perlunya evaluasi dan penyesuaian strategi secara berkala. Penelitian ini mendukung pentingnya bauran promosi yang tepat dan evaluasi berkala untuk meningkatkan penjualan dan laba perusahaan. Penelitian ini juga menggarisbawahi pentingnya penggunaan metode least square dalam menganalisis data penjualan untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang dampak strategi promosi terhadap penjualan.

Unduhan

 

REFERENSI

Adwimurti, Y., & Sumarhadi, S. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74–90. https://doi.org/10.32509/jmb.v3i1.3070

Akbar, M., & Nadia, A. (2021). Pengaruh Strategi Bersaing Terhadap Tingkat Volume Penjualan Sparepart Pada Pt.Morita Tjokro Gearindo Di Jakarta. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 2(2), 41–48. https://doi.org/10.31334/abiwara.v2i2.1380

Amanah, S. (2019). Peranan strategi promosi pemasaran. Jurnal LENTERA, 1, 55–66. https://search.app/QqoV3adYTeDTUoDe9

Ayu,  widia resti. (2020). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO BAG CORNER PONOROGO. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 12(2), 6. https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3955

Basu, S. (2019). Promosi. Promosi, 1–62. https://repository.uin-suska.ac.id/6661/4/BAB III tinjauan teori.pdf

Cholid,  m. idham. (2019). Sistem Prediksi Industri Rumahan Menggunakan Metode Least Square. https://search.app/VqTDzjzaSqUbnxqPA

Dunan, H., Antoni, M. R., Redaputri, A. P., & Jayasinga, H. I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 17(2), 167–185. https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i2.10626

Erlangga, H. (2022). STRATEGI PEMASARAN. Pascal Books.

Farida, G. (2020). Pengaruh Metode Problem..., Githa Farida, Program Pascasarjana UMP 2020. 12–76.

Heriyani, S. (2021). Strategi Pemasaran Indomaret Menurut Tinjauan Marketing Syariah (Studi Kasus di Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong). Google Scholar, 1–188. http://e-theses.iaincurup.ac.id/1581/

Ines Saraswati Machfiroh, & Cahaya Ayu Ramadhan. (2022). Peramalan Penjualan Produk Cup 220 Ml Menggunakan Metode Least Square Pada PT. Panen Embun Kemakmuran Tahun 2022. Jurnal MSA ( Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya), 10(2), 17–24. https://doi.org/10.24252/msa.v10i2.27870

Karimah Tauhid. (2023). Skripsi,Sistem Informasi Penjualan. 2, 232–237.

Khoiriah. (2022). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41. http://repository.stei.ac.id/5918/4/BAB III FINAL REVISI.pdf

Kumalasari, N. R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Di Toko Ismart Dan Indomaret Ponorogo. Kajian Dan Riset Manajemen Profesional, 3(2), 65–78.

Kusumawati, N. A. (2021). BAURAN PROMOSI. 1–23.

Makmur, S. (2019). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(1), 41–56. https://www.neliti.com/id/publications/58203/strategi-pemasaran-dalam-meningkatkan-volume-penjualan-studi-pada-s-mart-swalaya

Martowinangun, K., Sri Lestari, D. J., & Karyadi, K. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di Cv. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 2(1), 139–152. https://doi.org/10.32670/comanagement.v2i1.162

Mza ayyubi. (2021). RANCANGAN PENELITIAN. 50–59. https://etheses.iainkediri.ac.id/4435/4/931307314_bab3.pdf

Nurmaimunah. (2020). PELAKSANAAN STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. dcdc

Putra, M. (2024). Indikator Promosi yang Efektif untuk Bisnis. Toffedev. https://toffeedev.com/blog/business-and-marketing/cara-mengukur-efektivitas-promosi/#:~:text=Cara Mengukur Efektivitas Promosi 1 1. Analisis Konversi,6 6. Penjualan Tambahan atau Penjualan Silang

Ridwan, A., Faisol, A., & Santi Wahyuni, F. (2020). Penerapan Metode Least Square Untuk Prediksi Penjualan Berbasis Web Pada Doni Sport Malang. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(1), 129–136. https://doi.org/10.36040/jati.v4i1.2745

Sulistiono. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 363–368. https://doi.org/10.59004/jisma.v1i3.63

Wahyuni. (2019). STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN. Eprints.Unm.Ac.Id, 8(5), 55. https://eprints.unm.ac.id/14473/1/SKRIPSI WAHYUNI 1594043047.pdf