Penilaian kinerja adalah metode untuk mengevaluasi dan menghargai kinerja individu atau kelompok dalam organisasi, dengan menciptakan pemahaman yang jelas tentang harapan kinerja. Fokus utamanya adalah mengukur kontribusi terhadap tujuan organisasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian kinerja pegawai dan apa saja kendala yang dihadapi beserta cara mengatasi kendalanya. Dalam penelitian di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), penulis menggunakan metode kualitatif menggunakan desain penelitian yaitu studi kasus yang dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam mengenai penilaian kinerja pegawai pada ANRI. Penilaian di ANRI menggunakan aplikasi ASLICAKEP yang sedang diperbarui. Pegawai menginput data kegiatan harian ke aplikasi tersebut untuk dinilai oleh atasan, tetapi data kegiatan tahunan masih diinput secara manual dengan Excel. Tujuan penilaian kinerja adalah mengevaluasi kinerja dan perilaku pegawai untuk menghasilkan pegawai profesional yang mampu bekerja sama dalam tim. Indikator penilaian meliputi hasil kerja dan perilaku kerja, dengan aspek perilaku seperti orientasi pelayanan, akuntabilitas, kompetensi, keharmonisan, loyalitas, adaptabilitas, dan kolaborasi. Hasil penilaian menentukan bahwa keseluruhan predikat kinerja pegawai KD II ialah baik.
Full_text
Banne, A., Arifin, S., Latief, D., & Pratiwi, I. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Pada Pt. Pln. (Persero) Ultg Palopo. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 309–325. https://doi.org/10.32534/jv.v18i2.3946
Darsin, & Triyana, D. (2021). Jurnal Informasi dan Komputer. https://doi.org/https://doi.org/10.35959/jik.v9i1
Fatimah, F. N. D. (2021). Paduan Praktis Evaluasi Kinerja Karyawan. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Panduan_Praktis_Evaluasi_Kinerja_Ka
ryawa/7SQgEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=manfaat penilaian kinerja&pg=PA25&printsec=frontcover
Masturi, H., Hasanawi, A., & Hasanawi, A. (2021). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208. Retrieved from https://stp-mataram.ejournal. id/JIP/issue/view/18 https://doi.org/10.47492/jip.v1i10
Nainggolan, H. Z. U. dll. (2022). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Retrieved from
https://repository.penerbiteureka.com/publications/559406/manajemen-sumberdaya-
manusia-teori-dan-implementasi
Novia Ruth Silaen, et al. (2021). Kinerja Karyawan. Retrieved from
https://etheses.uinsgd.ac.id/40781/1/KINERJA KARYAWAN 2 CETAK.pdf#page=38
http://teknologiterkini.org/index.php/terkini/article/view/173/151
Pangestu, R. N., Rani, D. S., Setya, T., Tyas, N., & Farhah, Z. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan : Perencanaan , Kualitas dan Kepemimpinan ( Literature Review Manajemen Kinerja ). 4(2), 215–228.
Pratama, I. W., & Sukarno, G. (2021). Analisis Penilaian Kinerja, Reward, dan Punishment terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 20–32.
https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.460
Setyorini, W., Khotimah, S., & Rafi’, M. (2021). Pengaruh Pengetahuan Terhadap
Kinerja Karyawan Cv. Master Print Pangkalan Bun. Jurnal Magenta, 9(2), 45–52.
Sudiro, A. (2019). PENILAIAN KINERJA ( PERFORMANCE APPRAISAL). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5Jr_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg =PR5&dq=buku+penilaian+kinerja&ots=ekA5u0bCl4&sig=BCgsscnS4BjyZV Q05y9vglCp-B8&redir_esc=y#v=onepage&q=buku penilaian kinerja&f=false
Wahyudi, I. (2022). Perancangan Aplikasi Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Profile Matching. 2(5), 1–12.
Wijaya, L. F. (2021). Sistem Reward Dan Punishment Sebagai Pemicu Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 2(2), 25–28. https://doi.org/10.24929/missy.v2i2.1681