PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN DI MASA PEMULIHAN PASCA COVID-19 PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERDAGANGAN ECERAN (RITEL) DI BEI PERIODE 2021-2023

research
  • 15 Oct
  • 2024

PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN DI MASA PEMULIHAN PASCA COVID-19 PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERDAGANGAN ECERAN (RITEL) DI BEI PERIODE 2021-2023

Mewabahnya penyakit virus korona (Covid-19) di Indonesia telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat sejak kasus pertama muncul pada bulan Maret. Cepatnya penyebaran virus ini membuat pemerintah menetapkan
aturan PPKM guna mengendalikan laju virus Covid-19. Diadakannya kebijakan PPKM ini berdampak kepada hampir seluruh sektor perusahaan di Indonesia salah satunya sektor ritel. PPKM membatasi aktivitas masyarakat yang mengakibatkan banyak perusahaan terutama ritel mengalami penurunan pendapatan yang signifikan.
Namun seiring berjalannya waktu dan kasus-kasus Covid-19 mulai mereda, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mencabut aturan PPKM pada 30 Desember 2022. Ritel diperkirakan menjadi salah satu sektor yang mengalami pemulihan paling cepat seiring dengan pelonggaran pembatasan mobilitas oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mempelajari pengaruh rasio keuangan terhadap kinerja keuangan perusahaan ritel pada masa pemulihan pasca COVID-19. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio lancar, rasio utang terhadap aset, return on equity, dan total asset turnover, serta kinerja keuangan yang diukur dengan return on assets. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa rasio lancar dan total perputaran aktiva tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan debt to assets ratio dan return on equity mempunyai nilai yang signifikansi < 0,001 yang berarti berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Unduhan

 

REFERENSI

Aditiya, N. Y., Evani, E. S., & Maghfiroh, S. (2023). Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.32424/1.jras.2023.2.2.10792

Alfina Roichaatul Jannah, Luayyi, S., & Noermaning, P. (2023). Kinerja Keuangan Perusahaan Telekomunikasi Pada Saat Pandemi Covid 19 Dan Saat Pemulihan Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan, 1(2), 113–125. https://doi.org/10.59407/jakpt.v1i2.208

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 103-116.

Ariyanti, K. (2020). Analisis Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada Pt. Dzaky Indah Perkasa Cabang Sungai Tabuk. Jurnal Ilmiah, Ekonomi Bisnis, 6(2), 218–226.
http://ejournal.stiepancasetia.ac.id/index.php/jieb

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, I. (2018). Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBS SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanum, L. (2017). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Rasio Keuangan, EEconomic Value Added (EVA) Dan Market Value Added(MVA) Pada PT. Medco Energi Internasional Tbk Dan PT. Energi Mega Persada Tbk Periode 2013-2015. Skripsi.

Harahap, S. S. (2017). Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hartono. (2018). Konsep Analisa Laporan Keuangan dengan Pendekatan Rasio dan SPSS. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Hery. (2016). Prinsip - Prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Hutauruk, M. R. (2017). Akuntansi Perusahaan Jasa Aplikasi Program Zahir Accounting Versi 6. Jakarta: Indeks.

Ichsani, S., & Situmorang, A. (2022). Rasio keuangan terhadap kinerja keuangan perusahaan Subsektor Ritel. Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 1456–1469.

Jumingan. (2014). Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan (Cetakan Ke-12). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kumalasari, R. (2023). Ketahui Definisi, Contoh, dan Jenis-Jenis Rasio Keuangan, di Sini! https://majoo.id/solusi/detail/jenis-jenis-rasio-keuangan

Lithfiyah, E., Irwansyah, & Fitria, Y. (2019). Analisis rasio keuangan. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Perbankan Indonesia, 22(2), 189–196.

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Munawir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Najmudin. (2015). Dasar - Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Nurdifa, A. R. (2023). Sektor Ritel Indonesia Diyakini Pulih Di 2023, Ini Buktinya! Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20230314/47/1637098/sektor
ritel-indonesia-diyakini-pulih-di-2023-ini-buktinya

Oktapiani, S., & Kantari, S. J. (2021). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Priode 2015-2019).

JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(2), 269–282. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i2.4638

Pratama dan Sherly. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Ritel yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 16(2), 111–118. www.idx.com.

Putri, B. G., & Munfaqiroh, S. (2020). Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 17(1), 214–226.

Rahardjo, S. S. (2020). Akuntansi Suatu Pengantar Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, P. A., & Hidayat, I. (2022). Analisis Laporan Keuangn (V. M. Ulfah & E. Setiawan (eds.)). Eureka Media Aksara.
https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/358348-analisis laporan-keuangan-cb404c43.pdf

Sari, W. (2021). Kinerja Keuangan. Jakarta: JUNPRI PRESS.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2014). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping:Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 136–146. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/3407/pdf

Wardiyah, M. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Pustaka Setia.