Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kualitas website Pusat Pendidikan dan Persiapan (Pusdiklat) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menggunakan metode WebQual 4.0. Di era digital, keberadaan website sangat penting bagi organisasi dalam menyediakan layanan dan informasi kepada pengguna. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner WebQual 4.0 kepada pengunjung website sebagai responden. Kuesioner ini mencakup empat dimensi, yaitu kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan, dan kepercayaan. Data yang terkumpul diuji validitas dan reliabilitasnya, dianalisis secara
deskriptif, serta menggunakan analisis kepentingan-kinerja untuk memprioritaskan perbaikan.Hasil penelitian menunjukkan nilai WebQual Index yang baik pada semua dimensi, dengan indeks kegunaan 0,945, kualitas informasi 0,919, kualitas interaksi layanan 0,950, dan indeks keseluruhan 100%. Ini mengindikasikan bahwa kualitas website Pusdiklat BMKG baik berdasarkan persepsi pengguna, meskipun masih ada ruang untuk perbaikan pada beberapa indikator tertentu berdasarkan analisis gap.Penelitian ini dilakukan dengan menjaga etika, seperti merahasiakan data responden dan tidak memaksa responden mengisi kuesioner. Dengan metode ini, diharapkan diperoleh temuan yang valid dan reliabel mengenai kualitas website Pusdiklat BMKG.
Barnes, S., & Vidgen, R. (2002). An Integrative Approach to the Assessment of ECommerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research. Journal of Electronic Commerce Research, 3(3), 114–127.
http://web.csulb.edu/journals/jecr/issues/20023/paper2.pdf
Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The measurement of end-user computingsatisfaction. Mis Quarterly, 259{\textendash}274.
Irawan, B., Purnama, B., & Rohayani, H. (2023). Analisis Kualitas Layanan WebsiteSmk Negeri 4 Kota Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0. JurnalInformatika, Sistem Informasi Dan Kehutanan (FORSINTA), 2(2), 1–14.
https://doi.org/10.53978/jfsa.v2i2.285
Kresna, M., & Oktaviani, N. (2023). Analisis Kualitas E-learning LembagaPendidikan Terpadu Nurul Ilmi Banyuasin Menggunakan Metode Webqual 4 .0. 4(2), 357–363. https://doi.org/10.47065/josh.v4i2.2688
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian (Cet 9). Ghalia Indonesia.
Nurdiansyah, F., & Rugoyah, H. S. (2021). Strategi Branding Bandung Giri GahanaGolf Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2),159.
Pendidikan, P., & Pengantar, K. (2022). PUSDIKLAT 2022.
Prisma Herliana, T. (2023). Analisis Kwalitas Website Layanan Aspirasi &Pengaduan Masyarakat Tangkar (Tanggap Karawang) Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Karawang Menggunakan Metode Webqual 4.0.INFOTECH Journal, 9(1), 90–96. https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5051
Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 300.
https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.47129
Putri Sekti Ari, D., & Hanum, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Djp Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Modifikasi E Govqual. Profit, 15(01),104–111. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2021.015.01.11
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Effendy (ed.); Cetakan Pe). Cipta Media Nusantara (CMN).
https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Ntw_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=P#v=onepage&q&f=false
Suharto, Y., & Hariadi, E. (2021). Analisis Kualitas Website Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 12(2), 109–121. https://doi.org/10.29244/jmo.v12i2.33917
Supriadi, B., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Website Quality dan E–Satisfaction Terhadap E-Loyalty Pada Website pssi.org. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 4(2), 635–644.
https://doi.org/10.31539/costing.v4i2.1720