STRATEGI KOMUNIKASI PROMOTION PT EOS MAJU BERSAMA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN

research
  • 15 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI PROMOTION PT EOS MAJU BERSAMA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN

PT Eos Maju Bersama merupakan perusahaan startup dengan brand Kopi Soe yang berdiri dari tahun 2018. PT EOS Maju Bersama memiliki konsep dengan strategi promotion yang baik dan menarik, didalam strategi promotion-nya terdapat unsur komunikasi menarik pula sehingga dapat menarik minat beli konsumen dan Kopi Soe mampu bertahan dikala masa sulit pandemi juga mampu bersaing dengan kompetitor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi promotion PT Eos Maju Bersama dalam meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Untuk teknik analisisnya dengan melakukan data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan hasil penelitiannya PT Eos Maju Bersama untuk meningkatkan minat beli konsumen melalui strategi
komunikasi persuasif yang terdapat unsur persuader, pesan, saluran (media) dan persuadee yang saling memiliki keterikatan dan strategi komunikasi promotion PT Eos Maju Bersama terdapat strategi komunikasi persuasif yang di leburkan dengan promotion mix (bauran pemasaran) yang terdiri dari iklan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, penjualan langsung, dan pemasaran langsung.

Unduhan

 

REFERENSI

Agency, A. (2020). Toffin Indonesia Merilis Riset “2020 Brewing in Indonesia.”Retrieved May 1, 2024, from https://insight.toffin.id/toffin-stories/toffinindonesia-merilis-riset-2020-brewing-in-indonesia/

Ardinal, H. (2014). Paradigma Dan Model Penelitian Komunikasi. (R. Damayanti & F. Hutari, Eds.), Bumi Aksara (Cetakan Pe, Vol. 1). Jakarta: Bumi Aksara.

Febriyanta, I. M. M. (2020). Sekilas Pandang Mengenai Virus Baru, Covid-19. Retrieved April 30, 2024, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13040/Sekilas-PandangMengenai-Virus-Baru-Covid-19.html.

Hendri, E. (2019). Komunikasi Persuasif Pendekatan Dan Strategi. (A. Holid, Ed.), Remaja Rosdakarya (1st ed., Vol. 1). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Husin, A. (2022). Komunikasi Persuasif (Dakwah Quraish Shihab Dalam Channel Youtube Najwa Shihab). Jurnal Kajian Keislaman, v, 46–47.

Ivana Noviariza, Sugandi, S. W. W. 3 1 A. (2018). Upaya Satuan Polisi Pamong Praja Kota Samarinda Dalam Menanggulangi Gelandangan Dan Pengemis Melalui Komunikasi Persuasif Di Kota Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 6(3), 648–662.

Kemnaker, B. H. (2020). Survei Kemnaker : 88 Persen Perusahaan Terdampak Pandemi Covid-19. Retrieved April 30, 2024, from https://kemnaker.go.id/news/detail/survei-kemnaker-88-persen-perusahaanterdampak-pandemi-covid-19.

Khasanah, U. (2024). 7 Kedai Kopi Lokal Favorit, Ada Janji Jiwa Hingga Fore. Retrieved May 1, 2024, from https://www.idntimes.com/food/diningguide/uswatun-khasanah-52/kedai-kopi-lokal-favorit?page=al

Laureen Leony Isaak, Sukarelawati, K. S. (2024). Personal Selling PT. Telkom Caringin Melalui Komunikasi Persuasif Dalam Peningkatan Penjualan Produk IndiHome. Karimah Tauhid, 3(1), 1265–1285.
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11552.

M.Dermawansyah, & Rizqi, R. M. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 1–6. Retrieved from https://jurnal.uts.ac.id/index.php/jmb/article/view/1047

Nugraha, F. T. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Warung Kopi Manis Cirebon Dan Green House Kopi Dalam Meningkatkan Pengunjung. Universitas islam Indonesia. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39932

Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi, Komunikasi Sebagai Kegiatan Komunikasi Sebagai Ilmu. (Ria, Ed.) (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis-Jenis Komunikasi. Cybernetics : Journal Educational Research and Social Studies, 2, 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3.

Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 6(3), 37–46. https://doi.org/10.37715/jp.v6i3.2528

Putri, S. B. R. (2023). Analisis Semiotika Syair Tembang Macapat Asmarandana Pada Moment Pernikahan Adat Jawa Tengah. Universitas Bina Sarana Informatika. Retrieved from https://elibrary.bsi.ac.id/skripsi/M14420230050I11/

Salim, Y. U., & Widaningsih, S. (2017). Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Program Kursus Bahasa Inggris Di Lembaga Kursus Bahasa Northern Light Education Center (Nlec) Bandung. EProceedings of Applied Science, 3(2), 521–527. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/3856/3647/

Setkab. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Retrieved April 30, 2024, from https://jdih.setkab.go.id/

Sufandy. (2020). Analisis dan Penerapan Bauran Promosi Pada Toko Adore Batam. Digital Repository Universitas International Batam. Retrieved from http://repository.uib.ac.id/id/eprint/2689/

Suriati, Samsinar S, & A. Nur Aisyah Rusnali. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. (S. Mustofa, Ed.) (1st ed.). Tulungagung: Akademia Pustaka.

Tirta, D. (2019). PEMBINGKAIAN BERITA KENAIKAN GAJI PNS (Analisis Framing Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki Untuk Berita Kenaikan Gaji PNS Koran Tribun Jabar Edisi 09 Maret 2019). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, (48), 47–60. Retrieved from http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1937/

Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi Bauran Promosi (Promotional Mix) dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. (B. Kurniawan & S. Fatimah, Eds.), Multi Pustaka Utama (1st ed.). D.I. Yogyakarta: Multi Pustaka Utama.

Velarosdela, R. N. (2021). Kilas Balik Kronologi Munculnya Kasus Pertama Covid19 Di Indonesia. Retrieved April 30, 2024, from https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/02/05300081/kilas-balikkronologi-munculnya-kasus-pertama-covid-19-di-indonesia?page=al

Yolanda, B., & Surasmi, R. (2024). Strategi Komunikasi Public Relation Hotel Four Points Bandung Dalam Menghadapi Krisis Covid-19. Media Bina Ilmiah, 18(1978), 1987–1998. Retrieved from
https://binapatria.id/index.php/MBI/article/view/737/573

Yunia Oktaviani, Femi Otaviani, R. R. T. (2016). Strategi Komunikasi Dalam Membangun Brand Image TK Tuna Siliwangi. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), III(1), 23–32.