PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR KELURAHAN KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR

research
  • 15 Oct
  • 2024

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR KELURAHAN KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR

Pada penelitian ini ada beberapa tujuan: (1) Untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada kantor Kelurahan Kramat Jati Jakarta Timur (2) Untuk mengetahui apakah inovasi layanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada kantor Kelurahan Kramat Jati Jakarta Timur (3) Untuk mengetahui seberapa besar kualitas pelayanan dan inovasi layanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada kantor Kelurahan Kramat Jati Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Teknik data primer berupa SPSS dengan responden sebanyak 72 orang. Hasil penelitian Uji T terhadap variabel kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat menunjukan nilai signifikasi yang besar, maka Ho ditolak Ha diterima, artinya kualitas pelayanan secara persial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan hasil pengujian Uji T terhadap variabel inovasi layanan dan kepuasan masyarakat menunjukan nilai signifikasi yang besar, maka Ho ditolak Ha diterima, artinya inovasi layanan secara persial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan hasil pengujian Uji T dari variabel kualitas pelayanan dan inovasi layanan terhadap kepuasan masyarakat F hitung sebesar 27,044 dan signifikansi 0,001, maka hal ini menunjukan nilai F hitung 27,044 > 3,12 dan signifikansi 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. Artinya kualitas pelayanan dan inovasi layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat.

Unduhan

 

  • cover.pdf

    cover

    •   diunduh 17x | Ukuran 47,876

REFERENSI

Dahlan dr. (2023). Kualitas pelayanan manajemen sdm dan budaya organisasi. NEM.

Eddy, R., & Liberty Andriany Iche. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam penelitian Kedokteran. PT.Nasya Expanding Management.

Gunawan, H., & Megawati, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Swarna Dwipa. MDP Student Conference, 2(2), 333–337. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i2.4246

Iqbal, M., Dharmono, D., & Maulana Khalid Riefani. (2022). Validitas Buku Saku Malvaceae Di Kawasan Mangrove Desa Sungai Bakau Berbasis 3d Pageflip. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.40

Kasmir. (2023). ciri ciri pelayanan yang baik.

Khairunnisa, K. (2021). Kualitas Layanan Bidang Penempatan Kerja dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat pada Dinas Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.35130/jrimk.v5i2.236

Magdalena, R., & Angela Krisanti, M. (2019). Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35–48.

Pertiwi Hj.R Dewi. (2021). Pemasaran jasa pariwisata (Dilengkapi dengan model penelitian parawisata gedung heritage di kota bandung) (p. 68). Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama).

Purwanto, N. (2020). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Richter, L. E., Carlos, A., & Beber, D. M. (n.d.). Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Layanan Publik Badan Siber dan Sandi Negara Tahun Anggaran 2021.

salsabila nanda. (2023, November 9). Metode Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Contohnya.

Siregar Aisyah Siti. (2024). kumpulan jurnal Akreditas Sinta (Akuntansi Keuangan). Belajar Akuntansi Online.

Soemadi, R. A. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Fried Chicken Home Delivery. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 20(2), 189–197.

Sugiyono. (2019). Kerangka Pemikiran.

Valentino, O., & Surianto, M. A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Inovasi Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Travel Dulin Diluk. Jurnal AKMAMI (Akuntansi, 3(1), 87–96