PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS BERBASIS WEBSITE

research
  • 15 Oct
  • 2024

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM BAHASA INGGRIS BERBASIS WEBSITE

Teknologi telah mengubah cara belajar dan mengajar berbagai inovasi dalam metode pembelajaran inovasi tersebut yaitu penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis website. Media ini memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik, terutama untuk anak-anak yang lebih mudah tertarik pada konten visual dan interaktif. media pembelajaran interaktif berbasis website yang efektif untuk memperkenalkan nama-nama hewan dalam Bahasa inggris kepada anak-anak. Harapannya, media ini dapat menjadi alat bantu yang efektif bagi guru dan orang tua dalam mengajar Bahasa inggris, serta memberikan pengalaman belajar yang bermanfaat dan menyenangkan untuk anak-anak.  Metodologi peneltian menggunakan beberapa penelitian seperti observasi, wawancara, studi pustaka, dan model pengembang yang digunakan adalah waterfall. Pada desain antarmuka didesain sederhana dan user-friendly tanpa melibatkan desain grafis yang kompleks dan rumit. Penelitian ini terbatas pada pengembangan website yang dapat diakses lewat platform tertentu, seperti smartphone, tablet atau komputer yang terkoneksi dengan internet. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan bahasa Inggris anak-anak. Fitur interaktif seperti kuis, latihan soal, dan animasi gambar hewan mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan anak- anak dalam proses belajar.

Unduhan

 

  • HKI.pdf

    Surat Pencatatan Ciptaan

    •   diunduh 21x | Ukuran 258,423
  • Cover.pdf

    Cover skripsi Devan Erdiansyah Themba

    •   diunduh 19x | Ukuran 52,282

REFERENSI

Abadi, R. W., & Mulyono, T. (2022). Company Profile Wedding Organizer Berbasis Web Pada Novita Rizki Di Kabupaten Bojonegoro Web-Based Company Profile Wedding Organizer At Novita Rizki in Bojonegoro. Jurnal Teknologi Dan Terapan Bisnis (JTTB), 5(1), 31–36.

Ganney, P. S. (2022). Web Programming1. In Introduction to Bioinformatics and Clinical Scientific Computing. https://doi.org/10.1201/9781003316244-11

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Hermanto, B., Yusman, M., & Nagara. (2019). Sistem Informasi Manajemen Keuangan Pada Pt . Hulu Balang. Jurnal Komputasi, 7(1), 17–26.

Hermiati, R., Asnawati, A., & Kanedi, I. (2021). Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql. Jurnal Media Infotama, 17(1), 54–66. https://doi.org/10.37676/jmi.v17i1.1317

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). 2. Evaluasi kep. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38.

Indah, U., Purnawati, E., & Marcos, H. (2023). Perancangan dan Implementasi Animasi Interaktif sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak. BIOS : Jurnal Teknologi Informasi Dan Rekayasa Komputer, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.37148/bios.v4i1.54

Kadori, I. (2024). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Berbasis Android Untuk Taman Kanak Kanak Di Raudhatul …. … of Computation Science and Artificial Intelligence …, 1(1), 35–42. https://jcsai.xjurnal.com/index.php/journal/article/view/3%0Ahttps://jcsai.xjurnal.com/index.php/journal/article/download/3/3

Monikha Oktra Bella, Arif Prambayun, & Putri Maharani. (2022). Multimedia Interaktif Pengenalan Nama Buah Dalam Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Mdp Student Conference (Msc), 1(1), 614–621.

Nabil Fahlevi Abdi, & S.R. Candra Nursari. (2022). Pengujian black box pada Website dengan Metode Robustness Testing (Studi kasus : Eiger Adventure). Journal of Informatics and Advanced Computing, 3(2), 93–96.

Nur Alifah Intan Cilvia, T., & Astuti, W. (2023). Peran Lagu Anak Berbasis Tematik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak TK A. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 756–769. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.387

Putra, I. S., Ferdinandus, F., & Bayu, M. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Pernikahan Dengan Metode Saw Berbasis Web. CAHAYAtech, 8(2), 136. https://doi.org/10.47047/ct.v8i2.50

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 365–376.

Rahmadsyah, D. (2024). Perancangan Aplikasi Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Berbasis Android Pada Ra Annajamissa’adah Menggunakan App Inventor. Science Global Journal, 1(01), 25–32.

Risawandi. (2019). Mudah Menguasai PHP & MySQL Dalam 24 Jam. Unimal Press, 72.

Romadhon, M. H., Yudhistira, Y., & Mukrodin, M. (2021). Sistem Informasi Rental Mobil Berbsasis Android Dan Website Menggunakan Framework Codeigniter 3 Studi Kasus : CV Kopja Mandiri. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban (JSITP), 2(1), 30–36.

Savitri, S. (2023). Perancangan Game Edukasi Susun Huruf Bahasa Inggris untuk Mengenal Hewan bagi Anak Usia Dini. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(5), 1201–1209. https://doi.org/10.47065/tin.v4i3.4174

Silalahi, Fujiama Diapoldo, S.Kom, M. K. (2022). Manajemen Databse MySQL. 1158.

Suryana, T. (2021). Pengenalan HTML , Browser dan Text Editor Fungsi Web Browser Text Editor Notepad ++. 1–2.

Ukkas, M. I. A., Cahyadi, D., & Nurabdiansyah, N. (2019). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif Pictionary. TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 6(1), 1. https://doi.org/10.26858/tanra.v6i1.9949

Wahyuni, E. I., Gani, S. A., Aryanto, H., & Siregar, A. K. (2022). Analisis Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Tk Putiek Nanggroe Berbasis Web Menggunakan Unified Modeling Language. 856.