Saifuddaulah Alfarabi (10190093), “PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI BERBASIS MOBILE TRAVELTRAILS MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING”
Di era digital, aplikasi mobile menjadi semakin populer dalam pariwisata, membantu wisatawan merencanakan dan menikmati perjalanan mereka. Namun, perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang baik masih menjadi tantangan untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk merancang UI yang menarik dan intuitif serta UX yang meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi TravelTrails. Selain itu, penelitian ini juga mengaplikasikan metode Design Thinking dalam merancang UI/UX aplikasi mobile untuk merumuskan solusi yang inovatif dan memenuhi kebutuhan pengguna. Metode Design Thinking diterapkan dengan melibatkan pengguna sejak awal untuk memahami kebutuhan dan preferensi mereka. Proses ini mencakup tahapan empathize, define ideation, prototyping, dan testing, memungkinkan tim desain untuk berpikir kreatif, iteratif, dan berpusat pada pengguna. Penerapan Design Thinking dalam merancang UI dan UX aplikasi TravelTrails terbukti meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pengguna. Pada pengujian, aplikasi mendapat skor 80,75 dengan grade A- dan adjektif "Good", menunjukkan aplikasi dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Namun, masih terdapat kekurangan dalam aspek UI dan UX yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
Kata Kunci: Design Thinking, UI/UX, Travel
Skripsi
Agusti, E. (2022). Perancangan Aplikasi Invoice Berbasis Mobile Studi Kasus Umkm. Hexatech: Jurnal Ilmiah Teknik, 1(01), 19–33. https://doi.org/10.55904/hexatech.v1i01.56
Alamsyah, R., Nugroho, I. M., & Alam, S. (2022). Redesign User Interface Dan User Experience Aplikasi Wastu Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(2), 152–159. https://doi.org/10.36050/betrik.v13i2.506
Denasfi, A. M., & Wahyuni, E. G. (2020). Perancangan User Interface dan User Experience Situs Web Aplikasi Traveling “ANGLO” dengan Metode Design Thinking. Journal.Uii.Ac.Id. https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/download/26335/14742
Eko, S. (2022). Perancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Nusantara Berbasis Android Dengan Metode Rad. Jurnal Ilmu Komputer JIK, 5(01), 30–39.
Fahrudin, R., & Ilyasa, R. (2021). Perancangan Aplikasi “Nugas” Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 35–44. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714
Kesuma, D. P. (2021). Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring di Universitas XYZ. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(3), 1615–1626. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i3.1356
Malik, R. A., & Riri, F. M. (2023). Lean UX: Pemahaman dan Penerapan Metodologi Desain UI yang Efektif (N. S. Azizah (ed.)). Jejak Pustaka.
Miftahul Azisz, A., & Kusuma, W. A. (2023). Perancangan User Interface & User Experience Aplikasi TipsnTrip Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Infortech, 5(2), 225–232. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech
Nur Wulandari, D. A., Sunarti, S., & Kuspriyono, T. (2023). Design UI/UX Menggunakan Metode Design Thingking Pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema. Jurnal Infortech, 5(1), 22–29. https://doi.org/10.31294/infortech.v5i1.15376
Penelitian, L. P., & Riyandi, R. (2021). Menggunakan Metode System Usability Scale. 12(2).
Purwati, N., Syukron, A., Attabi, K., & Sawwara, S. (2023). Desain UI/UX Aplikasi SEWA Menggunakan Metode Design Thinking. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 11(2), 16–26. https://doi.org/10.31294/evolusi.v11i2.17154
Rohman, C. S., & Susanto. (2024). Berkembang Dengan Desain Digital: Memahami UI, UX dan Figma Secara Komprehensif. PENERBIT DEEPUBLISH DIGITAL.
Silvia, V., Salsabila, A., Tasya, N., Sari, D. I., & Kuala, U. S. (2024). PENGABDIAN KKN BINA DESA : KONSEP DESIGN THINKING. 2(1), 67–72.
Syabana, R. I., Saputra, P. Y., & Anugrah, N. (2020). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence, 40–60. http://jurnalti.polinema.ac.id/index.php/SIAP/article/view/719
Wibowo, S. H. (2023). Desain Interaktif dengan Figma Panduan Praktis untuk Pemula dan Profesional (W. Anita (ed.)). Tiram Media.
Wibowo, S. H., Wahyuddin, S., Permana, A. A., Sembiring, S., & ... (2023). Teknologi Digital Di Era Modern. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=j0m5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA101&dq=%22e+learning%22+kepuasan+pengguna+association+rule&ots=XsIzb2H3x7&sig=-rmBBRLKBBs7lb9XxxnJpCmfojs%0Ahttps://repository.bsi.ac.id/repo/files/355053/download/Buku---Teknologi-Digit
Wirawan, P. E., & Semara, I. M. T. (2021). Modul Pengantar Pariwisata. In IPB Internasional Press. https://repository.polimdo.ac.id/2851/1/Modul Pengantar Pariwisata.pdf
Badan Pusat Statistik Indonesia. (1 Maret 2024). Kunjungan wisatawan mancanegara pada Januari 2024 mencapai 927,75 ribu kunjungan, naik 16,19 persen (y-on-y). Tingkat Penghunian Kamar di hotel bintang pada Januari 2024 mencapai 46,72 persen (y-on-y). Diakses pada 18 Juni 2024, dari https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/03/01/2348/kunjungan-wisatawan-mancanegara-pada-januari-2024-mencapai-927-75-ribu-kunjungan--naik-16-19-persen--y-on-y---tingkat-penghunian-kamar-di-hotel-bintang-pada-januari-2024-mencapai-46-72-persen--y-on-y-.html