PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN PADA PT SINAR BIRU SENTOSA, JAKARTA

research
  • 14 Oct
  • 2024

PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN PADA PT SINAR BIRU SENTOSA, JAKARTA

Media sosial dan Marketplace merupakan suatu wadah yang sangat efektif dalam kegiatan pemasaran, seiring dengan perkembangan zaman media sosial dimanfaatkan oleh perusahaan besar dan dan kecil untuk kegiatan pemasaran. Tujuan pemasaran yaitu menarik pelanggan baru dengan menciptakan suatu produk yang sesuai keinginan konsumen, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan. Minat beli merupakan proses antara penilaian alternatif serta keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial dan iklan pasar terhadap niat beli konsumen  PT Sinar Biru Sentosa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan strategi  terukur. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada 93 responden. Hasil dari pertanyaan ini menunjukkan bahwa media sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat membeli pelanggan. Marketplace tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat membeli. Sedangkan Harga Faktor Jaminan atau Adjusted R2  sebesar 0,635. Dapat kita simpulkan bahwa pengaruh media sosial dan pasar terhadap minat adalah sebesar 63,5%, dan sisanya sebesar 36,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar itu.

Unduhan

 

  • COVER.pdf

    cover

    •   diunduh 16x | Ukuran 137,180

REFERENSI

Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.

 

Afifah, H., Jasmien, L., Qisthi, M., Ihsan, R., & Syti Sarah Maesaroh. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital dan Kemudahan Penggunaan Platform Marketplace Shopee terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 157–167. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i1.1148

 

Agusti, R., & Aravik, H. (2023). Analisis Penggunaan Marketplace Facebook Terhadap Penjualan Mebel Dalam Bauran Pemasaran Syariah Di Supran Mebel Karang Anyar Palembang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 1(2), 275–290.

 

Al-faida, N. (2023). Metodologi Penelitian Gizi. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=CLC-EAAAQBAJ

 

Desiani, A., Irmeilyana, I., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, N. A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222

 

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.

 

Dr. Mansur Chadi Mursid, M. M. A. D. P. S. E. (2022). KONTROL PERILAKU UNTUK MEMBELI ULANG KOSMETIK HALAL PERSPEKTIF THEORY OF PLANNED BEHAVIOR. Mansur Chadi Mursid. https://books.google.co.id/books?id=M0yWEAAAQBAJ

 

Dr. Miguna Astuti, S. S. M. M. M. O. S. C. P. M. C., Rosali Sembiring, S. E. M. M., Jenji Gunaedi Argo, S. E. M. M., & Marlina, S. E. M. M. (2023). Strategi Pemasaran Digital dan Perilaku Teknologi pada Society 4.0. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=8S_YEAAAQBAJ

 

Dr. Pahmi, S. E. M. S. (2024). KUALITAS PRODUK DAN HARGA MEMPENGARUHI MINAT BELI MASYARAKAT. Nas Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=H9T9EAAAQBAJ

 

Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional. https://books.google.co.id/books?id=K79mEAAAQBAJ

 

 

Heryanto, M. F., & Hidayat, R. (2023). Analisis Konten Social Media Marketing pada Media Sosial Instagram PT. Neuronworks Indonesia Tahun 2022. E-Proceeding of Applied Science, 9(2), 555–562.

 

Kustiyahningsih, Y. (n.d.). Peningkatan Penjualan Melalui Aplikasi Penjualan Pada UMKM Batik di Desa Telaga Biru,Tanjung Bumi. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=qijqEAAAQBAJ

 

MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

 

Monikae, S. T. (2021). INSPIRASI TIADA BATAS. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=NW4qEAAAQBAJ

 

Muqsith, M. A. (n.d.). Pesan Politik di Media Sosial Twitter. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=3GeSEAAAQBAJ

 

Pasaribu, V. L. D., Karyanto, B., Ahdiyat, M., Athalarik, F. M., Andni, R., Ganika, G., Nanda, Z., Putra, A. R., & Darussalam, A. Z. (2021). PEMASARAN KONTEMPORER. Penerbit Widina. https://books.google.co.id/books?id=9whSEAAAQBAJ

 

Prof. Dr. H. Rahmat Madjid, S. E. M. S. (2023). Perilaku Konsumen (Edisi Revisi). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=4MEFEQAAQBAJ

 

Rahmad Firdaus, S. K. M. M., Dr. Sapta Aji Sri Margiutomo, S. K. M. M., Irma Maria Dulame, S. E. M. M., Dwi Hastuti, S. E. M. S., Yulhendri, S. T. M. T., Okma Yendri, S. T. M. T., Bayu, S. E. M. M., Dr. Ir. Iwan Setiawan, M. T. M., Riski Hernando, S. E. M. S., & Syamsu Hidayat, S. T. S. K. M. K. (2023). Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digitalisasi). Efitra, S.Kom., M.Kom. https://books.google.co.id/books?id=zO-nEAAAQBAJ

 

Ramadhan, A. R. (2023). KENAKALAN REMAJA Penguatan Peran Keluarga dan Sosial. MEGA PRESS NUSANTARA. https://books.google.co.id/books?id=4yvnEAAAQBAJ

 

RIFKHAN, P. A. (n.d.). PEDOMAN METODOLOGI PENELITIAN DATA PANEL DAN KUESIONER. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=UN2vEAAAQBAJ

 

RINNANIK, S. H. I. M. P. I. M. M. A. M. S. E. M. M. D. S. R. I. R. S. E. M. M. (n.d.). MONOGRAF NIAT BELI PRODUK HIJAU. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=iN6kEAAAQBAJ

Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497

 

 

Sihombing, N. S., Pardede, E., Sihombing, A., & Dewantara, N. (2022). PEMASARAN DIGITAL. Penerbit Widina. https://books.google.co.id/books?id=o8CAEAAAQBAJ

 

Titin Sumarni, M. K., | Sri Wahyuningsih, S. E. I., M. E. Mufaro’ah, M. S., Irlina Dewi, S. H. M. H., & Roinah, M. P. (2022). STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI DENGAN MEMANFAATKAN MARKET PLACE MELALUI MEDIA INTERNET (Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sungai Alam Kecamatan Bengkalis). CV. DOTPLUS Publisher. https://books.google.co.id/books?id=id5jEAAAQBAJ