Media sosial dan Marketplace merupakan suatu wadah yang sangat efektif dalam kegiatan pemasaran, seiring dengan perkembangan zaman media sosial dimanfaatkan oleh perusahaan besar dan dan kecil untuk kegiatan pemasaran. Tujuan pemasaran yaitu menarik pelanggan baru dengan menciptakan suatu produk yang sesuai keinginan konsumen, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan. Minat beli merupakan proses antara penilaian alternatif serta keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial dan iklan pasar terhadap niat beli konsumen PT Sinar Biru Sentosa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan strategi terukur. Strategi pengumpulan informasi yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada 93 responden. Hasil dari pertanyaan ini menunjukkan bahwa media sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat membeli pelanggan. Marketplace tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat membeli. Sedangkan Harga Faktor Jaminan atau Adjusted R2 sebesar 0,635. Dapat kita simpulkan bahwa pengaruh media sosial dan pasar terhadap minat adalah sebesar 63,5%, dan sisanya sebesar 36,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar itu.
Skripsi_64200682_Rizka Andriani
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Afifah, H., Jasmien, L., Qisthi, M., Ihsan, R., & Syti Sarah Maesaroh. (2023). Pengaruh Pemasaran Digital dan Kemudahan Penggunaan Platform Marketplace Shopee terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 157–167. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i1.1148
Agusti, R., & Aravik, H. (2023). Analisis Penggunaan Marketplace Facebook Terhadap Penjualan Mebel Dalam Bauran Pemasaran Syariah Di Supran Mebel Karang Anyar Palembang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 1(2), 275–290.
Al-faida, N. (2023). Metodologi Penelitian Gizi. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=CLC-EAAAQBAJ
Desiani, A., Irmeilyana, I., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, N. A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai strategi untuk meningkatkan pemasaran kain songket. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 209. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, 73–79.
Dr. Mansur Chadi Mursid, M. M. A. D. P. S. E. (2022). KONTROL PERILAKU UNTUK MEMBELI ULANG KOSMETIK HALAL PERSPEKTIF THEORY OF PLANNED BEHAVIOR. Mansur Chadi Mursid. https://books.google.co.id/books?id=M0yWEAAAQBAJ
Dr. Miguna Astuti, S. S. M. M. M. O. S. C. P. M. C., Rosali Sembiring, S. E. M. M., Jenji Gunaedi Argo, S. E. M. M., & Marlina, S. E. M. M. (2023). Strategi Pemasaran Digital dan Perilaku Teknologi pada Society 4.0. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=8S_YEAAAQBAJ
Dr. Pahmi, S. E. M. S. (2024). KUALITAS PRODUK DAN HARGA MEMPENGARUHI MINAT BELI MASYARAKAT. Nas Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=H9T9EAAAQBAJ
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional. https://books.google.co.id/books?id=K79mEAAAQBAJ
Heryanto, M. F., & Hidayat, R. (2023). Analisis Konten Social Media Marketing pada Media Sosial Instagram PT. Neuronworks Indonesia Tahun 2022. E-Proceeding of Applied Science, 9(2), 555–562.
Kustiyahningsih, Y. (n.d.). Peningkatan Penjualan Melalui Aplikasi Penjualan Pada UMKM Batik di Desa Telaga Biru,Tanjung Bumi. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=qijqEAAAQBAJ
MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Monikae, S. T. (2021). INSPIRASI TIADA BATAS. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=NW4qEAAAQBAJ
Muqsith, M. A. (n.d.). Pesan Politik di Media Sosial Twitter. Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=3GeSEAAAQBAJ
Pasaribu, V. L. D., Karyanto, B., Ahdiyat, M., Athalarik, F. M., Andni, R., Ganika, G., Nanda, Z., Putra, A. R., & Darussalam, A. Z. (2021). PEMASARAN KONTEMPORER. Penerbit Widina. https://books.google.co.id/books?id=9whSEAAAQBAJ
Prof. Dr. H. Rahmat Madjid, S. E. M. S. (2023). Perilaku Konsumen (Edisi Revisi). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=4MEFEQAAQBAJ
Rahmad Firdaus, S. K. M. M., Dr. Sapta Aji Sri Margiutomo, S. K. M. M., Irma Maria Dulame, S. E. M. M., Dwi Hastuti, S. E. M. S., Yulhendri, S. T. M. T., Okma Yendri, S. T. M. T., Bayu, S. E. M. M., Dr. Ir. Iwan Setiawan, M. T. M., Riski Hernando, S. E. M. S., & Syamsu Hidayat, S. T. S. K. M. K. (2023). Tren Bisnis Digital (Optimasi & Optimalisasi Usaha Berbasis Digitalisasi). Efitra, S.Kom., M.Kom. https://books.google.co.id/books?id=zO-nEAAAQBAJ
Ramadhan, A. R. (2023). KENAKALAN REMAJA Penguatan Peran Keluarga dan Sosial. MEGA PRESS NUSANTARA. https://books.google.co.id/books?id=4yvnEAAAQBAJ
RIFKHAN, P. A. (n.d.). PEDOMAN METODOLOGI PENELITIAN DATA PANEL DAN KUESIONER. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=UN2vEAAAQBAJ
RINNANIK, S. H. I. M. P. I. M. M. A. M. S. E. M. M. D. S. R. I. R. S. E. M. M. (n.d.). MONOGRAF NIAT BELI PRODUK HIJAU. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=iN6kEAAAQBAJ
Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497
Sihombing, N. S., Pardede, E., Sihombing, A., & Dewantara, N. (2022). PEMASARAN DIGITAL. Penerbit Widina. https://books.google.co.id/books?id=o8CAEAAAQBAJ
Titin Sumarni, M. K., | Sri Wahyuningsih, S. E. I., M. E. Mufaro’ah, M. S., Irlina Dewi, S. H. M. H., & Roinah, M. P. (2022). STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI DENGAN MEMANFAATKAN MARKET PLACE MELALUI MEDIA INTERNET (Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sungai Alam Kecamatan Bengkalis). CV. DOTPLUS Publisher. https://books.google.co.id/books?id=id5jEAAAQBAJ