Strategi Komunikasi PT. Bayou Berjaya Indonesia Dalam Mempertahanan Loyalitas Pelanggan My Kripick

research
  • 14 Oct
  • 2024

Strategi Komunikasi PT. Bayou Berjaya Indonesia Dalam Mempertahanan Loyalitas Pelanggan My Kripick

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam melimpah dan keragaman agama, suku, budaya, serta kuliner yang unik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi PT. Bayou Berjaya Indonesia dalam mempertahankan loyalitas pelanggan produk My Kripick. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengungkap bahwa strategi komunikasi perusahaan berfokus pada kepuasan pelanggan sebagai landasan loyalitas.

Metode komunikasi yang diterapkan meliputi penggunaan media sosial seperti Instagram dan TikTok, interaksi langsung saat kunjungan toko (konsinyasi), serta live streaming di platform e-commerce seperti Shopee dan TikTok Shop. Strategi ini bertujuan membangun hubungan dekat dengan pelanggan existing dan menarik pelanggan baru. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya strategi komunikasi yang efektif dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di era digital, khususnya untuk produk makanan tradisional Indonesia.

Hasil analisis menunjukkan bahwa PT Bayou Berjaya Indonesia menggunakan berbagai media komunikasi seperti media sosial, email marketing, aplikasi pesan, dan program loyalitas untuk menciptakan interaksi yang personal dan relevan. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat ikatan emosional dengan merek, yang pada akhirnya mendorong loyalitas pelanggan yang lebih tinggi. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan personalisasi komunikasi dan memanfaatkan data analitik untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan, guna mempertahankan dan memperluas basis pelanggan My Kripick.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Loyalitas, Sosial Media

Unduhan

 

REFERENSI

Isniyunisyafna, S., Ikom, M., & Si. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MENUMBUHKAN LOYALITAS KARYAWAN PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE (STUDI DESKRIPTIF PADA PRU ETERNITY KOTA CILEGON).

Mardalis, A. (2005). MERAIH LOYALITAS PELANGGAN.

RAMA_70201_07031281722091_0009026012_01_front_ref (1). (2022). AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH BATIK SERASAN DALAMMEMPROMOSIKAN BATIK KHAS MUARA ENIM, 2.

Ridho Irawan, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media E-Commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Bangbrew. JIMSIPOL, 2, 1–15.

Gultom, Dedek Kurniawan, Muhammad Arif, and Muhammad Fahmi. "Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan." Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3.2 (2020): 171-180.

Amanda, M., Febriani, R., Reza, J., & Zulfachmi, Z. (2022). Analisis Strategi Customer Relationship Management Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan UMKM (Studi Kasus Singgah Selalu & Rumah Kue Alifa). Jurnal Bangkit Indonesia, 11(1), 1-6.

Ekalista, Peligia, and Willy Tri Hardianto. "Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Kartika Graha Malang Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung." Jurnal Komunikasi Nusantara 1.1 (2019): 20-26.

Winarko, Hilarius Bambang, Ahmad Sihabudin, and Mikhael Dua. "strategi komunikasi pemasaran digital terpadu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)." Jurnal Mebis 5.1 (2020): 58-68.

Saputri, Adelliya Dewi, and Fibry Jati Nugroho. "STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DELIYASHOP MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN CUSTOMER."

Karem, Nahdya Alfaina, Yuliani Yuliani, and Binti Mutafarrida. "STRATEGI PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA KEDIRI." JURNAL ILMIAH NUSANTARA 1.4 (2024): 149-162.

Anwar, Muhadjir. "Manajemen Strategik: Daya saing dan globalisasi." (2020).

Silalahi, Rudy Vernando, Eric Jobiliong, and Huanche Wilson. "FORMULASI STRATEGI PADA PT INTAN DUA." Journal Industrial Manufacturing 5.1 (2020): 46-56.

Pantjadhama, Jennifer Yonathan. "Formulasi Strategi Berdasarkan Analisa Swot dan Portofolio: Studi Kasus pada PT Semen Indonesia Tbk." Agora 3.1 (2015): 245-254.

Leli, Nur, et al. "Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen." Jurnal Mirai Management 8.2 (2023): 436-444.

Guzman, Kurniawan Candra, and Nina Oktarina. "Strategi Komunikasi eksternal untuk menunjang citra lembaga." Economic Education Analysis Journal 7.1 (2018): 301-315.

Supriyanto, Wipi. "Strategi Komunikasi Internal PDAM Tirta Satria Mengatasi Keluhan Pelanggan." Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia 2.01 (2019): 48-53.

Isniyunisyafna, Isniyunisyafna. "Strategi Komunikasi Internal Dalam Menumbuhkan Loyalitas Karyawan Pt Prudential Life Assurance (Studi Deskriptif Pada Pru Eternity Kota Cilegon)." DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah 7.1 (2019): 40-52

Wibowo, Adityo, Sakti Syahputra, and Rofian Dedi Susanto. "Strategi Komunikasi Korporat Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal Dan Citra Perusahaan." LUGAS Jurnal Komunikasi 5.2 (2021): 125-132.

Pribadi, Rizky Ahmad, Putri Sri Lestari, and Dwi Epty Hidayaty. "Strategi Bauran Pemasaran Yang Digunakan My Kripick PT Bayou Berjaya Indonesia Untuk Meningkatkan Penjualan." Journal of Management and Social Sciences 2.3 (2023): 90-99.

Selviasari, Rike, Dewi Wungkus Antasari, and Srikalimah Srikalimah. "Pengembangan Model Customer Satisfaction Dalam E-Commerce Kecantikan Dan Kosmetik: Structural Equation Modeling." SEIKO: Journal of Management & Business 6.2 (2023).

Kongres Internasional Teknologi Informasi dan Komunikasi ke-8, ICICT 2019 Strategi Transmisi Kode Tulang Belakang Berbasis Q-Learning dalam Jangka Panjang Komunikasi FSO Jarak Jauh

Krisna, Ezra, and Septia Winduwati. "Strategi Komunikasi Lembaga Bimbingan Belajar Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Bimbel Timothy's, Cengkareng, Jakarta Barat)." Prologia 5.2 (2021): 313-322.

Sintia, Sintia, and Weny Weny. "STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI FORTUNATE COFFEE CEMARA ASRI DELI SERDANG." ESCAF (2022): 1-028.

Sonatasia, Destri, Onsardi Onsardi, and Ety Arini. "Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong." Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB) 1.1 (2020): 11-25.

Dewa, Rama Purba, and Didiek Tranggono. "Strategi Komunikasi Pemasaran Pit-Stop Kopi KIG Gresik dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan." Jurnal Nomosleca 8.1 (2022): 30-45.

Irawan, Alqa Ridho. "Strategi komunikasi pemasaran melalui media e-commerce dalam meningkatkan penjualan produk bangbrew." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] 2.2 (2022).

Asrulla, Asrulla, et al. "Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis." Jurnal Pendidikan Tambusai 7.3 (2023): 26320-26332.

Kusniadji, Suherman. "Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang." Jurnal Komunikasi 8.1 (2016): 83-98.

Nurhadi, Zikri Fachrul, and Achmad Wildan Kurniawan. "Kajian tentang efektivitas pesan dalam komunikasi." Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian 3.1 (2018): 90-95.

Sari, Andhita Fatikha, Rizki Hegia Sampurna, and Dine Meigawati. "Stategi Dinas Koperasi, Ukm, Perdagangan Dan Perindustrian Dalam Pemberdayaan Umkm Di Kota Sukabumi." Jurnal Inovasi Penelitian 2.10 (2022): 3353-3360.

Purwadi, Wempy Shidiq, and Anne Maryani. "Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Shafira." Prosiding Manajemen Komunikasi (2018): 463-467.

Stephensius, Arvin, and Septia Winduwati. "Strategi Komunikasi Pemasaran Catering Zella dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Selama COVID-19." Prologia 6.1 (2022): 17-24.

Hati, Putri Dias Permata, and Ageng Rara Cindoswari. "Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Indomaret Di Kota Batam." SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 5.5 (2023).

Listyawati, Indri Hastuti. "Implementasi Relationship Marketing Sebagai Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan." Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi 1.2 (2013).