PENGARUH HARGA DAN KUALITAS TERHADAP BRAND AWERENESS PADA MERK CHEVROLET PT.FONTANA INDAH MOTOR

research
  • 14 Oct
  • 2024

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS TERHADAP BRAND AWERENESS PADA MERK CHEVROLET PT.FONTANA INDAH MOTOR

Dalam era globalisasi yang sangat dinamis dan kompetitif, bisnis memerlukan strategi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek. Dalam persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus dapat membedakan diri dengan produk dan jasa yang unik dan berkualitas. Salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) adalah dengan mempertahankan kualitas produk dan mengoptimalkan harga. Penelitian ini menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap brand awareness merek Chevrolet di PT Fontana Indah Motor. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner online melalui google form dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan  SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, dengan 47,5% responden setuju bahwa harga Chevrolet sebanding dengan manfaat yang diterima. Sebaliknya, kualitas produk menunjukkan pengaruh negatif meskipun signifikan, di mana 27,5% responden kurang setuju bahwa mobil Chevrolet dapat diandalkan. Uji simultan menunjukkan bahwa baik harga maupun kualitas secara bersama-sama mempengaruhi brand awareness, dengan kontribusi 13,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya strategi harga yang kompetitif dan peningkatan kualitas produk untuk memperbaiki brand awareness Chevrolet di pasar yang semakin ketat

Unduhan

 

REFERENSI

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A. F., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (H. Abadi (ed.); Issue March). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta

Selvia, M., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ksometik Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Emba, 10(4), 320–330.

Permatasari, D. C., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Telkomsel. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 296–312. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2019

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In A. Q. Habib (Ed.), Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Wisesa, C. P. (2021). Studi Keputusan Pembelian Makanan Oleh-Oleh Khas Surabaya: Peran Brand Awareness dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 287–294. https://doi.org/10.26740/jim.v9n1.p287-294

Arsi, A. (2021). Langkah-Langkah Uji Validitas dan Realibilitas Instrumen dengan Menggunakan SPSS. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad, 1–8.