STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DGOAL SPORT DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

research
  • 14 Oct
  • 2024

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DGOAL SPORT DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Media sosial menjadi platform penting bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan konsumen dan mempromosikan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran melalui media social Instagram yang diterapkan oleh Dgoal Sport dalam upaya meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendapatkan gambaran mendalam mengenai strategi yang digunakan oleh Dgoal Sport. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis konten pada akun Instagram Dgoal Sport. Hasil menunjukkan bahwa Dgoal Sport menerapkan berbagai strategi komunikasi pemasaran, seperti pembuatan konten visual yang menarik, kolaborasi dengan influencer, pemanfaatan fitur Instagram stories dan reels, serta interaksi aktif dengan followers melalui komentar dan pesan langsung. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan interaksi pengguna dan kesadaran merek. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa pemahaman yang mendalam tentang target audiens dan konsistensi dalam penyampaian pesan menjadi faktor kunci keberhasilan strategi pemasaran Dgoal Sport di Instagram. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi perusahaan dan akademisi dalam memahami pentingnya strategi komunikasi pemasaran di media social, khususnya Instagram, untuk meningkatkan brand awareness.

Unduhan

 

REFERENSI

  • Murizka Deivna. 2021. 3 Industry and Higher Education Pengaruh Media Baru Crowdfunding Kitabisa.com Dalam meningkatkan minar bersedekah (Studi pada Pengikut Akun Twitter@kitabisacom.http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288.
  • Farahdiba, Dea. 2020. “Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi.” Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 8(1): 22. doi:10.30659/jikm.v8i1.7992.
  • Febriana, Bachtiar, Nofebri Tri Rusma Putra, dan Graha Wira Krida. 2023. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dotsgreentea Di Instagram.” Jurnal Politikom Indonesiana 8(1): 12–23. doi:10.35706/jpi.v8i1.8611.
  • Harsari, Rr Nadhira. 2020. “Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Pada Instagram
    @Styleilookss.” Jurnal Media Kom 10(1): 62–71.
  • Ismaulidina, Isma, Effiati Juliana Hasibuan, dan Taufik Wal Hidayat Wal Hidayat. 2020. “Strategi Komunikasi Public Relation Dalam Membangun Citra Dan Kepercayaan Calon Jemaah Haji dan Umroh.” Jurnal Ilmu Pemerintahan,
    Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM) 2(1): 12–17. doi:10.31289/jipikom.v2i1.175.
  • Krismasakti, Bramayanti. 2019. “Instagram Stories Dalam Ajang Pengungkapan Eksistensi Diri (Studi Kasus Selebgram @Jihanputri).” Pustaka Komunikasi 2(1): 1–14.
  • Lieberman, Marvin. 2016. “Cost Leadership.” The Palgrave Encyclopedia of
    Strategic Management: 1–2. doi:10.1057/978-1-349-94848-2_472-1.
  • Nastiti, Nilam Ayu, dan IKG Supranata. 2020. “Strategy Marketing Public Relations
    Glad Coffee Dalam Meningkatkan Brand Awareness.” Pantarei 4(02)
  • Noti, Fetnisari Babang, Herru Prasetya Widodo, dan Emei Dwinanarhati Setiamandani. 2021. “Strategi Komunikasi Pemasaran Kae Thai Tea Dalam Meningkatkan Brand Awareness.” Jurnal Komunikasi Nusantara 3(1): 33–43.
    doi:10.33366/jkn.v3i1.76.
  • ÖCAL, Sema. 2021. “Strategi Komunikasi Pemasaran PT Maxx Coffee Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cabang Kota Kendari.” 3(2): 6.
  • Rizky, Nurul, dan Sri Dewi Setiawati. 2020. “Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai Komunikasi Pemasaran Online.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10(2): 177–90. doi:10.15642/jik.2020.10.2.177-190.
  • Tanjung, Rosdiana Putri. 2019. “Strategi Komunikasi Pemasaran Pt Beiersdorf Indonesia Cabang Palembang (Nivea) Dalam Meningkatkan Minat Beli Masyarakat Kelurahan Sako Kecamatan Sako Kota Palembang.” Repository UIN Raden Fatah Palembang: 18–40.
  • Ulya, Tri Himmatul. 2020. “Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Psikologi Remaja Di Ma Masalikil Huda Tahunan Jepara.” Jurnal Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU): 15–54. http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/187/.