Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc

research
  • 14 Oct
  • 2024

Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc

Munculnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kondisi wajah menjadikan konsumsi skincare menjadi trend dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk skincare Somethinc. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna skincare Somethinc. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dan diolah menggunakan SPSS versi 26. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linear berganda, uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil uji regresi linear berganda mendapatkan persamaan Y = 6,624 + 0,278X1 + 0,271X2. Hasil uji t (parsial) menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian yaitu t hitung > t tabel (3,672 > 1,985) dan nilai sig 0,000 < 0,05 dan variabel  electronic word of mouth t hitung > t tabel (4,183 > 1,985) dan nilai sig 0,000 < 0,05. Untuk uji F (simultan) mendapatkan hasil F hitung > F tabel (94,601 > 3,090) dan nilai sig 0,000 < 0,05. Somethinc diharapkan dapat terus mengembangkan produk dengan formula baru namun dengan kualitas yang tetap dijaga, serta membangun komunikasi yang baik, dengan berinteraksi dengan konsumen, dan menanggapi ulasan dari konsumen.

Unduhan

 

REFERENSI

Agrasadya, & Wahyudi Al Mansyah. (2022). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN GARDENER PADA PT ISS INDONESIA AREA PUSAT PENGELOLAAN GBK JAKARTA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 105–123.

Anwar Nurlaela Resa, W. A. W. (2023). Pengaruh electronic word ofmouth dan country oforigin terhadap purchase decision produk skincare lokal serum wajah Somethinc. Ilmiah Akutansi Dan Keuangan, 5.

Apriastuti D, Anggraeni N, & Ribek Ketut Pande. (2022). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SITUS BELANJA ONLINE SHOPEE DI KOTA DENPASAR. EMAS, 3. e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/4285/3324

Apriliani, H. N., & Setyawati, H. A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Moisturizer Skintific (Studi pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 5, Issue 3). https://jurnal.universitasputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index

Ayu Rara Sukmawati, D., Mathori, M., Marzuki, A., & Widya Wiwaha, S. (2022). PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SOMETHINC (Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). In Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Wiya Wiwaha (Vol. 2, Issue 2).

Chaniago Harmon. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga pada Loyalitas Konsumen Nano Store Analysis of Service Quality, Products Quality, and The Price on Nano Store Consumers’ Loy. https://www.researchgate.net/publication/349076606

Dewi, F. S., & Hasanah, Y. N. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Wardah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 395. https://doi.org/10.32493/jee.v5i3.28748

Evelyna, F. (2021). Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Pembeiian Tiket Secara Online Pada Generasi Milenial. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, VIII(1), 1. https://doi.org/10.54131/jbma.v8i1.113

Fatmaningrum, S. R., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. 4(1), 176–188.

Ghozali. (2022). Kompetensi dan stres kerja pengaruhnya terhadap kinerja pegawai. AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 19(4), 768–778.

Lina, R., & Sitohang Sonang. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC (STUDI PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA) Sonang Sitohang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. https://goodstats.id

Lintang Sandya Peni Kristyani, F. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luxcrime. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 187–198. https://doi.org/10.5281/zenodo.7885200

Manihuruk, B. K., Kunci, K., Produk, K., Pelanggan, K., & Pelanggan, L. (2023). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT SHOPEE INDONESIA (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.uhn.ac.id/index.php/business_management

Marcella, I., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SKINCARE SOMETHINC DI KOTA BEKASI. JURNAL ECONOMINA, 2(10), 2775–2790. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.903

Marini, S., Rosdiana Aprilia, L., & Sakti Wibawa, I. (2022). Efektivitas Dimensi Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Di Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal E-Bis, 6(2), 482–497. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i2.924

Maryati, & M. Kohari. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKO ONLINE TIME UNIVERSE STUDIO. Ekonomi Dan Bisnis, 11, 542–550. stienmuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/779/538

Masiaga, N. R., Worang, F. G., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Yang Berbelanja Secara Online Di Lazada.Com. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 900–910. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.40476

Nabillah, A. Z., Taruna, H. I., & Warsono. (2023). (12). Pengaruh Media Sosial Promosi, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Somethinc ( Studi Kasus Pada Gen-Z Di Jabodetabek). J-ADBIS : Jurnal Administrasi Bisnis , 3(2), 64–73.

Nafiudin, Andari, Kurnia, D., & Tia Safitri, A. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen, 7(2), 155–167. https://doi.org/10.30656/sm.v7i2.4139

Nurjanah. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Usaha Laundry Bunda Nurjanah. Jurnal Mahasiswa, 1, 117–128.

Prambudi, J., & Imantoro, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Ukm Maleo Lampung Timur. Manajemen Diversivikasi, 1(3).

Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Karya Abadi, 5, 5–24.

Putri Alicia, M., & Wulandari, A. (2024). PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SOMETHINC. In Prosiding SEMANIS : Seminar Nasional Manajemen Bisnis (Vol. 2).

Rifiani, P., Yuni Dharta, F., & Oxcygentri, O. (2022). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Eksplanatori pada Pengikut Media Sosial Instagram @fadiljaidi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 289–301. https://doi.org/10.5281/zenodo.6944728.

Saekoko, A. N., Nyoko, A. E. L., & Fanggidae, R. P. C. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Nusa Cendana). Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 11(1), 49–64. https://doi.org/10.35508/jom.v11i1.2318

Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Jurnal simetrik vol 11, no. 1, juni 2021. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Slamet, R. W. (2020). Validitas Dan ReabilitasTerhadap Instrumen Kepuasan Kerja. 51–58.

Soemadi, R. A. (2023). Pengaruh pemasaran digital dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian fried chicken home delivery. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 20(2), 189–197.

Soetanto, P. J., Septina, F., & Febry, T. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AMONDEURHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Management Dan Start-Up Bisnis, 5. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/1303

Solikhah, L. M., & Aminah, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pemasaran Viral E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Body Lotion Marina. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 1478–1486. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.6702

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); 3rd ed.). ALFABETA.

Suryati, L. (2021). PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFÉ 38 COFFEE LAB YANG DI MEDIASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH MARKETING. Literasi Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3.

Teni, & Agus Yudiyanto. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.73

Tijjang, B. (2023). Manajemen Pemasaran (M. Suardi (ed.); 2023rd ed.). CV. Azka Pustaka. www.penerbitazkapustaka.co.id

Ula Ananta Fauzi, R., Esmike, M., Rahayu Ardiningrum Program Studi Manajemen, A., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC. 14(1).

Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4293