Novita Andriani (44200210), Strategi Humas Sudin Kominfotik dalam Mengelola Konten Akun Instagram @kotajakartatimur
Humas Sudin Kominfotik memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan hubungan yang lebih dekat antara masyarakat dengan pemerintah. Strategi humas pada suatu perusahaan sangat penting untuk menciptakan komunikasi dengan membagikan konten yang edukatif dan informatif pada akun Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Strategi Humas Sudin Kominfotik dalam Mengelola Konten Akun Instagram @kotajakartatimur”. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif untuk mengumpulkan bahan serta data dari objek yang diteliti. Pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi pada informan. Dengan menggunakan teori strategi humas menurut Scoot M. Cutlip & Allen H.Center, dapat disimpulkan bahwa humas Sudin Kominfotik menggunakan berbagai pendekatan strategi dalam mengelola konten akun Instagram @kotajakartatimur. Mengidentifikasi masalah digunakan untuk mengetahui fenomena atau masalah yang terjadi dalam pengelolaan konten akun Instagram, perencanaan awal dan perancangan digunakan untuk mempermudah terjadwalnya dalam pengelolaan konten, menarik aksi dan berinteraksi digunakan untuk berkolaborasi atau berinteraksi dengan masyarakat maupun instansi kepemerintahan lainnya, dan yang terakhir evaluasi program untuk memperbaiki dalam mengelola konten akun Instagram ke depannya.
Kata Kunci: Strategi Humas, Sudin Kominfotik, Mengelola Konten, Instagram.
Skripsi
Jurnal
Cover
DAFTAR PUSTAKA
@kotajakartabarat. (n.d.). Instagram Kota Jakarta Barat. Instagram.Com. Retrieved June 28, 2024, from https://www.instagram.com/kotajakartabarat/
@kotajakartapusat. (n.d.). Instagram Kota Jakarta Pusat. Instagram.Com. Retrieved June 28, 2024, from https://www.instagram.com/kotajakartapusat/
@kotajakartaselatan. (n.d.). Instagram Kota Jakarta Selatan. Instagram.Com. Retrieved June 28, 2024, from https://www.instagram.com/kotajakartaselatan/
@kotajakartatimur. (n.d.-a). Instagram Kota Jakarta Timur. Instagram.Com. Retrieved May 8, 2024, from https://www.instagram.com/kotajakartatimur/
@kotajakartatimur. (n.d.-b). Konten Edukatif Instagram Kota Jakarta Timur. Instagram.Com. Retrieved August 30, 2024, from https://www.instagram.com/reel/C8lM8oMv8cJ/
@kotajakartatimur. (n.d.-c). Konten Informatif Instagram Kota Jakarta Timur. Instagram.Com. Retrieved August 30, 2024, from https://www.instagram.com/reel/C-sSr3NP49h/
@kotajakartatimur. (n.d.-d). Reels Instagram Evaluasi Program Kota Jakarta Timur. Instagram.Com. Retrieved August 30, 2024, from https://www.instagram.com/reel/C_IZw2yPIUf/
@kotajakartatimur. (n.d.-e). Reels Instagram Menarik Aksi atau Berinteraksi Kota Jakarta Timur. Instagram.Com. Retrieved August 30, 2024, from https://www.instagram.com/reel/C0l1BS1pXKM/
@kotajakartatimur. (n.d.-f). Reels Instagram Mengidentifikasi Masalah Kota Jakarta Timur. Instagram.Com. Retrieved August 30, 2024, from https://www.instagram.com/reel/C3zxVInJqwe/?igsh=MWF6djJ6MjU2ZzNpdg%3D%3D
@kotajakartatimur. (n.d.-g). Reels Instagram Perencanaan Awal atau Perancangan Kota Jakarta Timur. Instagram.Com. Retrieved August 30, 2024, from https://www.instagram.com/reel/C-zhdg7J6lQ/
@kotajakartautara. (n.d.). Instagram Kota Jakarta Utara. Instagram.Com. Retrieved June 28, 2024, from https://www.instagram.com/kotajakartautara/
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In M. S. Dr. Patta Rapanna, SE. (Ed.), CV. Syakir Media Press (Cetakan I, Vol. 6, Issue 1). CV. Syakir Media Press. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Amani, Z., & Djuwita, A. (2021). Strategi Humas Pemerintah Kota Bandung dalam mengelola akun Youtube “halo Bandung.” EProceedings of Management, 8(4), 4242–4264. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15411#:~:text=Hasil dari penelitian yaitu menunjukan,%2C Planning%2C Communicating%2C Evaluating.
Attar, F. K. (2024). Data Pengguna Internet di Indonesia 2024 Meningkat Drastis. Inilah.Com. https://www.inilah.com/data-pengguna-internet-di-indonesia-2024
Awaludin, R. (2022). Preferensi Media Sosial Komunikasi Pemasaran Konsumen Dalam Pembelian Perlengkapan Rumah Secara Online. Repository STIE Indonesia (STEI) Jakarta. http://repository.stei.ac.id/9398/3/BAB II.pdf
Hartono, R., Hasbullah, & Sutomo. (2022). Teknologi Kinerja. In Zainal Abidin Arief (Ed.), Jurnal Sains dan Seni ITS (Cetakan Pe, Vol. 6, Issue 1). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Hensyah, N. (2021). STRATEGI HUMAS DALAM PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI (Studi Deskriptif di PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Sumatera Selatan). Industry and Higher Education, 3(1), 1–23.
Herlambang, A. (2020). Strategi Humas Opi Water Fun Jakabaring Dalam Membangun Citra Perusahaan. Repository UIN Raden Fatah Palembang, 19–39. http://repository.radenfatah.ac.id/8025/
Julius, N. (2024). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia 2024. Upgraded.Id. https://upgraded.id/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia
Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39
Masrifah Cahyani, A. (2020). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Surabaya dalam Melayani dan Menggali Potensi Masyarakat Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.1-16
Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif.
Mutia, A. (2024). Ada 185 Juta Pengguna Internet di Indonesia pada Januari 2024. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/27/ada-185-juta-pengguna-internet-di-indonesia-pada-januari-2024
Nurfauziah, P. K., & Novita, S. (2023). Strategi Humas LLDIKTI Wilayah IV dalam Mengelola Konten Media Sosial Instagram. Bandung Conference Series: Public Relations, 3(2), 773–778. https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i2.9216
Permini, N., & Atmaja, I. M. (2022). PERAN HUMAS DALAM KEGIATAN PUBLIKASI ONLINE PEMERINTAH DI KABUPATEN BADUNG. Jurnal MODERAT, 8(3).
Putri, Y. D., & Sutarjo, M. A. S. (2023). Strategi Humas Pemerintahan Kota Bandung dalam Mengelola Media Sosial Instagram @humas_bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3198–3205. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1587
Rahmadi. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Rania, R., & Diniati, A. (2023). Analisis Strategi Humas Diskominfo Kota Bogor Dalam Mengelola Media Sosial Instagram @Kominfobogor. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 6(1), 291–302. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Rochmaniah, A., Dharma, F., & Utomo, D. (2021). Buku Ajar Dasar-Dasar Public Relations. In Umsida Press. https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6292-23-5
Sentri, R. S. (2022). Pengaruh Kecanduan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII & IX di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://repository.unja.ac.id/41918/3/BAB II REPTI %281%29.pdf
Situmorang, Wi. R., & Hayati, R. (2023). Media Sosial Instagram Sebagai Bentuk Validasi Dan Representasi Diri. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(2), 253–266. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jsn
Timur, K. J. (n.d.). Struktur Organisasi. Timur.Jakarta.Go.Id. Retrieved June 14, 2024, from https://timur.jakarta.go.id/kominfotikjt/struktur
Windrastuti, M., Nugraheni, D., Sarjono, H. S., Itasari, A. A., Slamet, U., & Surakarta, R. (2024). Strategi Public Relations Favehotel Manahan Solo dalam Upaya Meningkatkan Reputasi Hotel. Solidaritas: Jurnal Ilmu, 1–13. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/10423/5602
Yoana, A., Buana, A., & Mulyana, R. (2020). ANALISIS PERENCANAAN DAN EVALUASI PUBLIC RELATIONS PROGRAM GERAKAN SEDEKAH SAMPAH DI KAMPUNG KEDAUNG WETAN. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 12(2), 6. https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3955