Perilaku konsumen dalam membeli produk fashion melalui live streaming di Shopee menunjukkan dinamika yang unik. Konsumen tidak hanya terpengaruh oleh visualisasi produk yang lebih nyata dan interaksi langsung dengan penjual, tetapi juga oleh berbagai faktor seperti rekomendasi dari influencer, diskon eksklusif, dan hadiah langsung yang ditawarkan selama sesi live streaming. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan penting mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam konteks ini dan bagaimana mereka mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, mengaplikasikan serta menilai tingkat efektivitas algoritma FP-Growth, dan menyusun rekomendasi berdasarkan hasil analisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dan menggunakan algoritma FP-Growth. Secara keseluruhan dari data hasil kuesioner, diperoleh 10 rule dengan min support 30% dan min confidence 50%, dengan tingkat keakuratan algoritma mencapai 100% yang didapatkan dari hasil keseluruhan 10 rule yang memenuhi nilai lift ratio lebih dari 1. Diketahui bahwa faktor kualitas presentasi dan promosi produk serta faktor kualitas tampilan dan suara adalah faktor paling berpengaruh dalam pembelian produk fashion saat menonton live streaming di Shopee, dengan nilai support 30,2%, nilai confidence 86,7%, dan nilai lift sebesar 1,741.
Aditiya, R., Defit, S., & Nurcahyo, G. W. (2020). Prediksi Tingkat Ketersediaan Stock Sembako Menggunakan Algoritma FP-Growth dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 67–73. https://doi.org/10.37034/infeb.v2i3.44
Anderson, E., & Adiwijaya, F. F. (2022). Penerapan Data Mining Asosiasi Genre Game untuk Market Research Game Genre Association Data Mining Implementation For Market Research. Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik Dan Ilmu Komputer, 2(2), 77–84.
Anggraini, Y., Pasha, D., & Setiawan, A. (2020). Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Orbit Station). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 1(2), 64–70. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Ardianto, A., & Fitrianah, D. (2019). Penerapan Algoritma FP-Growth Rekomendasi Trend Penjualan ATK Pada CV. Fajar Sukses Abadi. Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, 9(1), 49. https://doi.org/10.22441/incomtech.v9i1.3263
Arianto, S., & Nugroho, A. J. (2022). Association Rule-Market Basket Analisis (AR-MBA) Untuk Menganalisis Keputusan Dalam Pembelian Sayur. Jurnal Cakrawala Ilmiah (JCI). https://eprints.uty.ac.id/10061/1/Andung2%20-%20AR-MBA%20Utk%20Menganalisis%20Kep%20Dlm%20Pembelian%20Sayur%20-%20JCI.pdf
Aulia, R. N., & Harto, B. (2024). Membangun Keterlibatan Konsumen Melalui Strategi Konten Marketing dalam Live Streaming: Analisis Kualitatif Terhadap Brand yang Berhasil di Shopee.
Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. 2(2).
Dewi, W. W. A., Febriani, N., Destrity, N. A., Tamitiadini, D., Illahi, A. K., Syauki, W. R., Avicenna, F., Avina, D. A. A., & Prasetyo, B. D. (2022). Teori Perilaku Konsumen. https://www.google.co.id/books/edition/Teori_Perilaku_Konsumen/RbyfEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Dwi, A. (2023, September 16). Pedagang Pasar Cerita Sudah Live Streaming Berjam-jam Tetap Sepi Pembeli. Bisnis.Tempo.Co/Amp/1772766/Pedagang-Pasar-Cerita-Sudah-Live-Streaming-Berjam-Jam-Tetap-Sepi-Pembeli-Padahal-Harga-Udah-Dimurahin-Banget?Page_num=1.
Emerson, H. M. A. R. (2019). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada Betacam Studio Photografhy. https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/1194/1003https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/1194/1003
Ferine, K. F., & Yuda. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Situs Online Shop. Selat Media Patners.
Fernando, A. W., Riorini, S. V., Widyanto, M. A., & Lathfi, M. (2023). Pengaruh Influencer Marketing dan Strategi Pemasaran Shopee Live terhadap Keputusan Pembelian Produk The Originote di Jakarta.
Gabryella, C., Setyabudi, D., & Naryoso, A. (2024). Pengaruh Intensitas Menonton Live Streaming TikTok Live dan Product Knowledge di TikTok Shop Terhadap Minat Beli Gen Z Pada Produk Fashion. https://fisip.undip.ac.id/
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional. https://www.google.co.id/books/edition/Keputusan_Pembelian_Konsumen_Marketplace/K79mEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Kinasih, M. P., & Wuryandari, N. E. R. (2023). Pengaruh Price Discount, Product Knowledge, dan Time Pressure Terhadap Impulse Buying Pada Fitur Shopee Live. 2(5). https://doi.org/10.56127/jukim.v2i05
Komariyah, I., & Istiono. (2024). Pengaruh Live Streaming, Celebrity Endorser, dan Customer Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Komputer, W. (2019). Membuat Toko Online dengan Wordpress dan WP E-Commerce Oleh Wahana Komputer. Elex Media Komputindo.
Maghfiroh, N., & Palupi, G. S. (2023). Analisis Pengaruh Variabel Keterjangkauan Teknologi Informasi dalam Live Streaming Shopping TikTok pada Minat Pembelian. In JEISBI (Vol. 04).
Maryanto. (2023). Analisis Penerapan Siklus Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Kerinci (Studi Kasus UMKM Dodol Kentang di Lubuk Nagodang) Tahun 2022.
Mulia, R. P., & Salman. (2024). Pengaruh Pesan Persuasif Oleh Penjual Melalui Live Streaming Shopee Dalam Menarik Minat Pembeli Untuk Checkout. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v8i1
Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee di Pekanbaru.
Naldy, E. T., & Andri. (2021). Penerapan Data Mining Untuk Analisis Daftar Pembelian Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Toko Bangunan MDN. Jurnal Nasional Ilmu Komputer. https://journal.jis-institute.org/index.php/jnik/article/view/525/310
Rahmani, A., Senalasari, W., & Alty Amalia, F. (2022). Pengaruh Visual Scene, Perceived Enjoyment, dan Perceived Usefulness pada Niat Belanja Thrift Product Melalui Shopee Live.
Saputro, A. S., Suharno, & Pratama, E. (2023). Digital Marketing (M. Pd. Dr. A. I. S. S.Pd., Ed.). Unisri Press.
Sari, A. A. P., & Habib, M. A. F. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen ( Studi Kasus Thrift Shop di Kabupaten Tulungagung ). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 41–58. https://doi.org/10.5281/zenodo.8280759
Setyowati, D. (2023, March 29). Daftar Produk Terlaris di Shopee, Tokopedia, Blibli hingga Lazada. Katadata.Co.Id/Digital/e-Commerce/6423b0483404e/Daftar-Produk-Terlaris-Di-Shopee-Tokopedia-Blibli-Hingga-Lazada.
Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development. 1 Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST). https://ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/516/551
Sinaga, S. M., & Rochdianingrum, W. A. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Shopee.
Sintesa, N., Abdulghani, T., Muhiban, A., Pohan, Y. A., Suryathi, W., Gultom, J. A., & Pandiangan, S. M. T. (2024). Pengantar Bisnis Digital. Cendikia Mulia Mandiri.
Syarif, M. R. R., Purnamasari, I., & Mayasari, R. (2021). Algoritma FP-Growth Untuk Mengetahui Pola Perceraian Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kab.Majalengka. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4(2), 2021.
Talia, A. H., Suarna, N., & Pratama, D. (2024). Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Analisis Pola Transaksi Untuk Optimalisasi Pengelolaan Data Transaksi di Toko LIA. Jurnal Kecerdasan Buatan Dan Teknologi Informasi, 3(1), 26–36. https://ojs.ninetyjournal.com/index.php/JKBTI/article/view/108/43
Tarigan, P. M. S., Hardinata, J. T., Qurniawan, H., Safii, M., & Winanjaya, R. (2022). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Barang. Jurnal Janitra Informatika Dan Sistem Informasi, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.25008/janitra.v2i1.142
Usvita, M., Desda, M. M., Saununu, S. J., Indrawan, M. G., Herlina, H., Raymond, Seseli, E. M. I., Lubis, L. N., Masliardi, A., Wulan, E. R., & Eka, A. P. B. (2023). Manajemen Pemasaran E-Commerce. CV. Gita Lentera.
Wulandhari, P. R., Rahaningsih, N., Ali, I., & Rohmat, C. L. (2023). Penerapan Metode Asosiasi Untuk Menemukan Pola Transaksi Penjualan Obat Menggunakan Algoritma FP-Growth. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (JATI). https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/6404
Yang, E. D., Pakpahan, P. E., Pamungkas, C. A., & Zakiyah, W. (2023). Analisis Perilaku Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Pertumbuhan FP Untuk Meningkatkan Penjualan di Orchid Mart Manokwari. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(1), 127–134. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i1.1930
Yusuf, N. I. M. (2021). E-Commerce: Konsep dan Teknologi . Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Zamora, E. A. W. R. (2023). Perlindungan Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Absolute Media.