ANALISIS KUALITAS PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN LAYANAN KRL COMMUTERLINE JABODETABEK

research
  • 14 Oct
  • 2024

ANALISIS KUALITAS PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP TINGKAT KEPUASAN LAYANAN KRL COMMUTERLINE JABODETABEK

penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap tingkat kepuasan pengguna KRL Commuterline di wilayah Jabodetabek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei menggunakan kuesioner, dengan sampel sebanyak 55 pengguna layanan KRL Commuterline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Semakin baik kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan, semakin tinggi kepuasan pengguna. Secara simultan, kualitas pelayanan dan fasilitas juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,998 atau 99,8%. Artinya, 99,8% variasi kepuasan pengguna dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan fasilitas. Kesimpulannya, kualitas pelayanan dan fasilitas sangat penting dalam meningkatkan kepuasan pengguna KRL Commuterline. Oleh karena itu, pengelola perlu terus meningkatkan kedua aspek ini untuk memberikan kepuasan yang optimal bagi para pengguna.

Unduhan

 

REFERENSI

Adawia, P. R., Azizah, A., Endriastuty, Y., & Sugandhi, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Kereta Api Commuter Line (Studi Kasus Commuter Line Arah Cikarang Ke Jakarta Kota). Sebatik, 24(1), 87–95.

Aryani, Y. (2020). Sistem Informasi Penjualan Barang Dengan Metode Regresi Linear Berganda Dalam Prediksi Pendapatan Perusahaan. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 2(2), 39–51.

Assolihah, I. R. (2021). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Siswa Menggunakan Model Delone Dan Mclean.

Damuri, A., Riyanto, U., Rusdianto, H., & Aminudin, M. (2021). Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelayakan Penerima Bantuan Sembako. J. Ris. Komput, 8(6), 219–225. https://doi.org/10.30865/jurikomv8i6.3655

Iqbal, M. (2022). Analisis Kepuasan Penumpang Layanan Krl Commuter Line Rute Yogyakarta-Solo Balapan Menggunakan Algoritma Nave Bayes Dengan Optimalisasi Information Gain. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Lidya, L. O., Wulandjani, H., & Riskarini, D. (2022). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan dan Teknologi Informasi terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Pada KRL Commuter Line Jabodetabek (Studi Kasus Pada Mahasiswi Pancasila). 2(1), 12–19.

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.

Romadloni, N. T., Santoso, I., & Budilaksono, S. (2019). Perbandingan Metode Naive Bayes, Knn Dan Decision Tree Terhadap Analisis Sentimen Transportasi Krl Commuter Line. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer Dan Informatika, 3(2).

Saraswati, M., & Riminarsih, D. (2021). Analisis Sentimen Terhadap Pelayanan Krl Commuterline Berdasarkan Data Twitter Menggunakan Algortima Bernoulli Naive Bayes. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 25(3), 225–238.

Sodikin, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan KRL Commuterline Rute Jakarta Kota–Bogor. JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 3(3), 302–309.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yulita, H., & Wijaya, B. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Publik terhadap Kepuasan Konsumen. Management and Accounting Expose, 3(1), 1–12.