Abstrak ini bertujuan untuk menganalisis konten TikTok dalam Komunikasi Politik Capres dan Cawapres dengan fokus pada "Generasi Z". Penelitian ini menganalisis konten TikTok dalam komunikasi politik calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 dengan menggunakan metode media baru oleh Pierre Levy, dengan fokus pada Generasi Z. Generasi Z, sebagai digital natives, memiliki karakteristik unik dalam mengonsumsi informasi politik melalui media sosial seperti TikTok. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis konten untuk mengeksplorasi bagaimana capres-cawapres menggunakan TikTok untuk menyampaikan pesan politik, membangun citra, dan mempengaruhi opini publik. Data dikumpulkan dari akun TikTok resmi capres-cawapres selama periode kampanye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok efektif dalam menarik perhatian Generasi Z melalui konten kreatif, singkat, dan mudah dipahami. Elemen visual, penggunaan musik populer, dan interaksi langsung meningkatkan partisipasi politik dan keterlibatan Generasi Z. Studi ini memberikan wawasan penting bagi strategi komunikasi politik di era digital, serta implikasi praktis bagi para politisi dalam merancang kampanye yang lebih efektif dan inklusif.
ANALISIS KONTEN TIKTOK DALAM KOMUNIKASI POLITIK CAPRES-CAWAPRES DI PEMILU 2024 UNTUK GENERASI Z
Sumber Buku:
Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Darmiyati Zuchdi, E. D., & Afifah, W. (2021). Analisis konten etnografi & grounded theory, dan hermeneutika dalam penelitian (Vol. 314). Bumi Aksara.
Luik, J. E. (2020). Media baru: Sebuah pengantar. Media Baru: Sebuah Pengantar.
McQuail, D. (2018). Teori komunikasi massa. Salemba Humanika.
Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., & Fasa, M. I. (2021). Metode penelitian kualitatif. Zahir Publishing.
Tosepu, Y. A. (2018). Media baru dalam komunikasi politik (komunikasi politik di dunia virtual). Jakad Media Publishing.
Zaini, P., Saputra, N., Lawang, K., & Susilo, A. (2023). Metodologi penelitian kualitatif. Zaini, Penerbit.
Sumber Jurnal:
Arowolo, S. (2017). Understanding framing theory. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25800.52482
Bachtiar, A. (2022). “Strategi Komunikasi Politik PDI-P Menjelang Pemilu 2024 di Masa Pandemi COVID-19: Refleksi Partisipasi Politik Masyarakat di Era Modern Dalam Mewujudkan Demokrasi,” Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), Institute Bisnis dan Informatika (IBI) Kosgoro 1957.
Boediman, E. P. (2022). Media Sosial sebagai Media Baru dalam Perspektif Praktisi Public Relations pada Era Generasi Milenial. Avant Garde, 10(02), 217-232.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.
Efendi, E., Taufiqurrohman, A., Supriadi, T., & Kuswananda, E. (2023). Teori Agenda Setting. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1715-1718.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Feroza, C. S. B., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan media sosial instagram pada akun@ yhoophii_official sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41.
Hasanah, S. N. (2023) Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta Pada Pemilihan Umum 2024
Hayat, M. A., Jayadiningrat, S., Wibisono, G., & Iyansyah, M. I. (2021). Peran Media Sosial Dalam Komunikasi Politik. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(01), 104-114.
Hindarto, I.H. (2022). Tiktok and Political Communication of Youth: A Systematic Review. JRP (Jurnal Review Politik).
Indrawan, J., & Ilmar, A. (2020). Kehadiran media baru (new media) dalam proses komunikasi politik. Medium, 8(1), 1-17.
Lymbarski, C., Wulandari, Y. F., Murtiadi, & Bastian, Y. (2022). Representasi maskulin Jokowi pada #JKWVLOG tinju dalam analisis semiotika Roland Barthes. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika
Prabowo, M., & Irwansyah, I. (2018). Trending Topics Vs Agenda-Setting: Pengaruh Trending Topics Politik sebagai Reversed Agenda-Setting dan Haluan Politik Pemilik Terhadap Berita Politik di Televisi. Jurnal Komunikasi Indonesia, 5(1), 1.
Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. Journal of Christian Education, 2(1), 1-19.
Pureklolon, T. (2020). Komunikasi Politik: Kajian Substansial dalam Pendekatan Politik. Jurnal Visi Komunikasi, Universitas Mercu Buana, 19(2), 205-222.
Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among makarti, 9(2).
Ritonga, E. Y. (2018). Teori agenda setting dalam ilmu komunikasi. Jurnal Simbolika Research and Learning In Communication Study, 4(1), 32-41.
Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2017). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Sikap Materialistis Dan Sikap Hedonisme Remaja (Doctoral dissertation, Lampung University).
Syarbaini, S., Nur, S. M., & Anom, E. (2021). Teori, media dan strategi komunikasi politik. Esa Unggul.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.
Sumber Internet :
Aldino, A. P. (2024, Maret). Pemilu 2024, TikTok, dan partisipasi semu. detikNews. https://news.detik.com/kolom/d-7260093/pemilu-2024-tiktok-dan-partisipasi-semu
Annur, C. M. (2024, Januari). Sumber informasi utama anak muda untuk mengenal capres (Agustus-September 2023). Politik. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/26/ini-sumber-informasi-utama-anak-muda-untuk-mengenal-capres
Finaka, A. W., & Isnur, P. (2023). Gen Z dan Milenial Mendominasi Pemilih Pemilu 2024. Indonesia Baik. https://indonesiabaik.id/videografis/gen-z-dan-milenial-mendominasi-pemilih-pemilu-2024
Ghulam. (2022, Oktober). Apa itu Konten? (Pengertian Menurut Ahli, Contoh, dan Jenis). Sasana digital. https://sasanadigital.com/apa-itu-konten/
Heru. (2017, Maret). Komunikasi politik – Pengertian – Fungsi – Tujuan. Pakar Komunikasi. https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-politik
Muhamad, N. (2023, Juli). PU: Pemilih Pemilu 2024 Didominasi oleh Kelompok Gen Z dan Milenial. Politik. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/kpu-pemilih-pemilu-2024-didominasi-oleh-kelompok-gen-z-dan-milenial
Putri, V. K. M. (2021, Desember). Teori agenda setting dalam komunikasi massa. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/14/100000469/teori-agenda-setting-dalam-komunikasi-massa#google_vignette
Rainer, P. (2023, Agustus). Sensus BPS: Saat ini Indonesia didominasi oleh Gen Z. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/sensus-bps-saat-ini-indonesia-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv
Rainer, P. (2024, Januari). Sekali Akses TikTok, Mayoritas Gen Z Habiskan Lebih Dari 1 Jam. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/sekali-akses-tiktok-mayoritas-gen-z-habiskan-lebih-dari-1-jam-ka1eC
Riyanto, A. D. (2023, April). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
Thompson, K. (2022, Desember). Main characteristics of New Media. Revisesociology. https://revisesociology.com/2018/12/13/main-characteristics-new-media/
Utama, V. R. (2023, Juli). "Pemilu TikTok" dan kompleksitas kampanye digital pada Pemilu 2024. Kompas.com. https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/27/093233565/pemilu-tiktok-dan-kompleksitas-kampanye-digital-pada-pemilu-2024#google_vignette
Winarso, B. (2021, Juni). Apa itu TikTok dan apa saja fitur-fiturnya? DailySocial.id. https://dailysocial.id/post/apa-itu-tik-tok#google_vignette
Generasi Z dan keterlibatan politik: Membangun jalan menuju partisipasi aktif. (2024, Januari). Kumparan. https://kumparan.com/pengetahuan-umum/generasi-z-dan-keterlibatan-politik-membangun-jalan-menuju-partisipasi-aktif-21zu9ouAlfB/full
Mengenal Generasi Z beserta karakteristiknya. (2022, Juli). Sampoerna University. https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/generasi-z/
Unit Analisis: Definisi, Jenis, Contoh pada Penelitian. (2023) Populix. https://info.populix.co/articles/unit-analisis-adalah/