PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE KONSUMEN PADA E-COMMERCE SHOPEE DI JAKARTA BARAT

research
  • 14 Oct
  • 2024

PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE KONSUMEN PADA E-COMMERCE SHOPEE DI JAKARTA BARAT

Rizki Firdaus (64200485), Pengaruh Online Customer Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Online Konsumen pada E-commerce Shopee di Jakarta Barat.

Online customer rating dan online customer review merupakan dua hal penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian secara online, dengan kedua hal tersebut informasi tentang kualitas produk yang telah di beli dari konsumen sebelumnya dapat diketahui oleh para calon konsumen yang ingin melakukan keputusan pembelian online. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan yaitu teknik non probability sampling sesuai dengan rumus slovin berjumlah sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa persamaan regresi Y = 22,613+0,172X1+0,235X2. Secara parsial, online customer rating tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,181 > 0,05 dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,027 < 0,05. Secara simultan online customer rating dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan uji determinasi dengan nilai adjusted R square 0,262, maka online customer rating dan online customer review mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 26,2% dan sisanya dipengaruhi variabel lain.

Unduhan

 

REFERENSI

Andika, M., Masithoh, S., Kholiq, Y. N., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (t.t.). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Dalam Journal of Education and Technology. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet

Anggraini, W., Permatasari, B., & Devita Putri, A. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TIKTOK SHOP PADA MASYARAKAT KOTA BANDAR LAMPUNG (Vol. 6, Nomor 2).

Ardista, R., Tinggi, S., & Tribuana, I. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Langit Membiru Wisata Bogor. JURNAL PARAMETER, 6(1), 38–49.

Databoks. (2023, Oktober 11). Jumlah Kunjungan ke 5 Situs E-Commerce Terbesar di Indonesia (Januari-September 2023). databoks,katadata,co,ic. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/11/pengunjung-shopee-makin-banyak-bagaimana-e-commerce-lain

Firdaus, M., Aisyah, S., & Farida, E. (2023). Pengaruh customer review, customer rating, dan celebrity endorser terhadap minat beli melalui kepercayaan di online shop Shopee. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi  (E-BISMA) , 4(1), 67–83.

Ghoni, M. A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Mirai Management, 7(2), 14–22. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2007

Indrawan Sanny, B., Kaniawati Dewi, R., & oleh Politeknik Dharma Patria Kebumen, D. (2020). Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return on Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. 4(1), 78–87. https://doi.org/10.37339/jurnal

Kamisa, N. ’, Devita P, A., & Novita, D. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi kasus: Pengguna Shopee di Bandar Lampung). Dalam JEB. Journal of Economic and Business Research (Vol. 2, Nomor 1). http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JEB

Laeli, R. N., & Prabowo, R. E. (2022). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Tagline “Gratis Ongkir” terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Journal of Management & Business, 5(2).

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). PENGARUH ONLINE COSTUMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DI SOCIOLLA (Vol. 6, Nomor 1). https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.139

Lestari, W., Lukitaningsih, A., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Price Consciousness terhadap Keputusan Pembelian. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2358–2368. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2306

Muthahharah, I., & Fatwa, I. (2022). Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Media Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STKIP Pembangunan. Jurnal Matematika dan Statistika serta Aplikasinya, 10(1), 54–60.

Novebrian Maharadja, A., Maulana, I., & Arif Dermawan, B. (2021). Penerapan Metode Regresi Linear Berganda untuk Prediksi Kerugian Negara Berdasarkan Kasus Tindak Pidana Korupsi. Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 5(1), 2548–6861. http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC

Priangga, I., Munawar, F., & Widyatama, U. (2021). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE LAZADA (STUDI PADA MAHASISWA DI KOTA BANDUNG) (Vol. 19, Nomor 2).

Puteri, H. E. (2020). MENENTUKAN POPULASI DAN SAMPEL DALAM RISET-RISET EKONOMI DAN PERBANKAN ISLAM. https://www.researchgate.net/publication/340963512. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28776.01285

Rahmawani, R., & Syahrial, H. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Terbatas Sinarmas Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 2(1), 27–40. https://doi.org/10.31289/jimbi.v2i1.462

Riyanjana, N. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Minat Beli Produk Wardah di Situs Belanja Online Shopee. Jurnal kajian ekonomi dan bisnis islam, 3(5), 909–926.

Rusman, T. (2015). STATISTIKA PENELITIAN APLIKASINYA DENGAN SPSS. GRAHA ILMU.

Septyadi, M. K. A., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). LITERATURE REVIEW KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN MINAT BELI KONSUMEN PADA SMARTPHONE: HARGA DAN PROMOSI. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313.

Simanjorang, E. S. F. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI PADA WARKOP ON MADA RANTAUPRAPAT. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 1(1), 91–101.

Sugiono, Noerdjanah, & Wahyu, A. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, CV.

Sujarweni, V. W. (2014). METODOLOGI PENELITIAN. PUSTAKABARUPRESS.

Suryani, N., Jailani, Ms., Suriani, N., Raden Mattaher Jambi, R., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan

Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. JURNAL INSPRASI BISNIS & MANAJEMEN, 5(1), 67–86.

Ulfa, R. (2021). VARIABEL PENELITIAN DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 342–351.

Uswatun Hasanah, H. P. W. C. I. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Jawa Timur). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 6956–6963.

Wibisono, H., Wijaya, K. E., Program, F. A., Perhotelan, M., Manajemen, S., Bisnis, F., & Ekonomi, D. (2021). PENGARUH ONLINE REVIEW DAN ONLINE RATING TERHADAP MINAT BELI PADA KONSUMEN PERGIKULINER DI SURABAYA.

Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. A. (2020). PENGARUH KONTEN PEMASARAN SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 506–515.

Zubaidah, I., & Latief, M. J. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen E-commerce Shopee di Lingkungan RT08/RW10 Sriamur Bekasi. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi (EMT), 6(2), 324–333.