Nindy Ardela (44200977), Peran Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua
dan Anak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di SMA Negeri 1 Petir Serang
Banten
Komunikasi adalah elemen yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, berfungsi
sebagai fondasi interaksi sosial dan perkembangan peradaban. komunikasi secara
sempit sebagai pengiriman pesan melalui media elektronik dan secara luas sebagai
interaksi antara makhluk hidup. Komunikasi memiliki peran penting dalam hubungan
manusia, memungkinkan mereka untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, dan
keinginan. Dalam konteks keluarga, komunikasi yang efektif memperkuat ikatan
emosional dan mengurangi konflik. Intensitas komunikasi interpersonal antara orang
tua dan anak memiliki hubungan dengan motivasi belajar anak. Di SMA Negeri 1 Petir,
keterlibatan aktif orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka terbukti
meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal orang tua dan anak dalam
meningkatkan motivasi belajar di SMA Negeri 1 Petir dan untuk mengetahui apa saja
kendala yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar di SMA Negeri
1 Petir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan
Teknik pengumpulan data purposive sampling melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori dari Joseph A. DeVito dan Teori
Motivasi Dua Faktor dari Frederick Herzberg, serta wawancara dengan informan (3
orang siswa), key informan (3 orang wali siswa), dan informan pendukung (guru
bimbingan konseling). Hasilnya menunjukkan bahwa dukungan orang tua melalui
komunikasi yang efektif memiliki peran penting dalam memotivasi anak untuk belajar,
dengan mempertimbangkan komponen komunikasi interpersonal dan dua faktor
motivasi yang dimana komunikasi interpersonal dengan keterbukaan, empati,
dukungan, rasa positif dan kesamaan, serta motivasi. Dalam komunikasi interpersonal
antara orang tua dan anak di SMA Negeri 1 Petir memiliki dampak yang besar karena
membuka peluang untuk pemahaman yang lebih tentang kebutuhan belajar anak, hal
ini juga menciptakan lingkungan dimana anak merasa didukung, didengar, dan
dipahami. Tidak hanya itu pengakuan dari orang tua juga memberikan fondasi
emosional dan psikologis yang kuat karena pengakuan ini mengajarkan tentang hal
positif yaitu kerja keras dan ketekunan dalam belajar, lingkungan rumah yang nyaman
juga mempunyai peran penting dalam memberikan dukungan karena ini memberikan
dorongan tambahan bagi anak untuk tetap termotivasi dan antusias dalam menghadapi
tugas-tugas sekolah.
Kata Kunci:Komunikasi Interpersonal, Orang Tua dan Anak, Motivasi Belajar,
SMA Negeri 1 Petir.
Full_Skripsi
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022).
Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3).
https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2611
Ayu Nurmala, D., Endah Tripalupi, L., & Suharsono, N. (2014). PENGARUH
MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL
BELAJAR AKUNTANSI. In Tahun (Vol. 4, Issue 1).
Bela, S., Putri, R., Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., & Bahasa, D. (2023).
ANALISIS SEMIOTIKA SYAIR TEMBANG MACAPAT ASMARANDANA PADA
MOMENT PERNIKAHAN ADAT JAWA TENGAH SKRIPSI Diajukan untuk salah
satu syarat kelulusan program Sarjana Ilmu Komunikasi.
Fadhlani, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak
Usia Dini. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 47–54.
https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1561
Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). PERAN ORANG TUA
TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DALAM MENYIKAPI
BULLYING. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode
Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21.
https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Kaharuddin, K. (2020). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi.
Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8.
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar
Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 38–49.
https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
MIA KARTIKA CHANDRA. (2019). PERANAN KOMUNIKASI
INTERPERSONAL PENGASUH ANAK TERHADAP KEMAMPUAN
INTERAKSI SOSIAL ANAK ASUH. PERANAN KOMUNIKASI
INTERPERSONAL PENGASUH ANAK TERHADAP KEMAMPUAN
INTERAKSI SOSIAL ANAK ASUH (Studi Pada Tempat Penitipan Anak Fun
Daycare Bandarlampung), 86–88.
Motivasi, F., Dua, T., Herzberg, F., Tahap, D., Guru, M., Islam, P., Yashak, A., Syafiq,
M., Shak, Y., Haniff, M., Tahir, M., Suzieanna, D., Shah, M., Mohamed, M. F.,
Pengajian Bahasa, A., Cawangan, U., Kampus, P., Iskandar, S., & Emel, P. (2020).
Sains Insani eISSN: [0127-7871] Herzberg Two-Factor Theory’s Motivation
Factor and the Islamic Studies Teachers Motivation Level.
Nikmatur Ridha. (2020). Variabel, Paradigma penelitian, Penelitian,. Proses
Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian, Vol. 14 No. 1.
Novita Maulidya Jalal, Nadia Islami Nur Fadilla, Ismalandari Ismail, Rahmawati
Syam, & Wilda Ansar. (2022). Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran Daring
Selama Masa Pandemi Covid 19. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 173–
183. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.871
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). PERANAN
MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
SISWASD NEGERI KOHOD III. In PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
(Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Putra, A. A. (2017). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.
Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 41–54.
https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022).
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal
Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rika Octaviani and Elma Sutriani. (2019). ANALISIS DATA DAN PENGECEKAN
KEABSAHAN DATA. ANALISIS DATA DAN PENGECEKAN KEABSAHAN
DATA, 1–22.
Sari, A. F. (2020). ETIKA KOMUNIKASI. TANJAK: Journal of Education and
Teaching, 1(2), 127–135. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152
Seti Yunita, K. (2022). PERAN ORANG TUA MENDIDIK ANAK USIA DINI DI
JORONG SUNGAI KALANG 2 TIUMANG DHARMASRAYA (Vol. 2, Issue 1).
Thomas, D. G., Sompie, S. R. U. A., & Sugiarso, B. A. (2018). Virtual Tour Sebagai
Media Promosi Interaktif Penginapan Di Kepulauan Bunaken. Jurnal Teknik
Informatika, 13(1). https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20188
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian
Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa
SMK. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2168–2175.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.1028