Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak implementasi sistem
informasi terhadap evaluasi pergantian Kurikulum 13 ke Kurikulum Merdeka terhadap
kualitas siswa sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah decision
tree, yang memungkinkan identifikasi pola-pola signifikan dalam data evaluasi
kurikulum. Dengan menggunakan alat analisis RapidMiner, penelitian ini mengkaji
perubahan kualitas siswa sebelum dan sesudah implementasi kurikulum baru, serta
mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil tersebut. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi sistem informasi memberikan dampak positif
dalam pengumpulan dan analisis data evaluasi kurikulum, sehingga memudahkan
pengambilan keputusan yang lebih tepat. Selain itu, metode decision tree terbukti
efektif dalam mengungkap variabel-variabel penting yang mempengaruhi kualitas
siswa, seperti partisipasi dalam kegiatan pembelajaran dan respon terhadap perubahan
kurikulum. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi antara sistem informasi dan
metode decision tree dapat memberikan wawasan mendalam tentang dampak
pergantian kurikulum terhadap kualitas siswa. Temuan ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan strategi peningkatan kualitas
pendidikan di sekolah. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini dapat menjadi
landasan kuat untuk perbaikan kurikulum dan peningkatan hasil belajar siswa.
Skripsi
Jurnal Skripsi
Akbar, A. (2023). Tantangan Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka dalam
Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 8(1), 3253-3260.
Ardianti, D., & Amalia, A. (2022). PANDUAN Pengembangan Kurikulum
Operasional pada Satuan Pendidikan. Kemdikbudristek.
Arifin, S. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan "Merdeka Belajar-Kampus
Merdeka" pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Surakarta: 15.
Brown, C. (2022). Utilizing RapidMiner for curriculum evaluation in vocational
schools. International Journal of Educational Research, 28(4), 211-225.
Brown, J. (2022). "Pemanfaatan Alat Analisis RapidMiner dalam Evaluasi Kurikulum
Sekolah." Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 45-56
Brown, J. (2022). "Pemilihan Metodologi Penelitian yang Tepat dalam Penelitian
Kuantitatif." Jurnal Penelitian Ilmiah, 11(1), 45-58.
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2021). Business Research Methods (12th ed.). New
York: McGraw-Hill Education.
Diaz, A. (2019). "Pentingnya Studi Literatur dalam Penelitian Ilmiah." Jurnal
Pendidikan, 5(2), 112-125.
Diaz, A. (2019). The role of curriculum in education. International Journal of
Educational Research, 45(2), 210-225.
Diaz.A. (2019). "Perkembangan Kurikulum dalam Konteks Pendidikan Abad ke-21."
Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 45-57.
Firani Putri, F. (2023). Pengaruh Formatif Assesmen Menggunakan Umpan Balik
Terhadap Peningkatan Self-Esteem Siswa dalam Pendidikan Jasmani.
Dewantara Journal, 2(4), 1791.
Iswadi, et al. (2024). Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka dan Disiplin Kerja
Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Payaraman. Journal on
Teacher Education.
Jones, A., & Smith, B. (2023). "Pendekatan Penelitian dalam Ilmu Sosial." Jurnal
Metodologi Penelitian, 9(2), 78-91.
Jones, A., & Smith, B. (2023). The impact of information system implementation on
curriculum evaluation. Journal of Educational Technology, 15(2), 78-92.
Kemdikbudristek. (2021). Kebijakan Kurikulum Untuk Membantu Pemulihan
Pembelajaran. Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan
Perbukuan Nomor 033/H/Ku/2021 Tentang Capaian Pembelajaran PAUD SD
SMP SMA pada Program Sekolah Penggerak.
Kemdikbudristek. (2022). Merdeka Belajar Episode ke-15: Kurikulum Merdeka dan
Platform Merdeka Mengajar.
Novianti, R., et al. (2020). Evaluating curriculum change: A case study of the transition
from Curriculum 2013 to Curriculum Merdeka. Journal of Educational
Assessment, 30(4), 567-582.
Phafiandita, et al. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum Pada Pendidikan Anak
Usia Dini. Journal on Education.
Phafiandita, et al. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum Pada Pendidikan Anak
Usia Dini. Journal on Education.
Simamora, (2021). The importance of educational information systems in curriculum
evaluation. Journal of Information Systems Education, 25(3), 112-125.
Simamora, R. (2021). "Peran Sistem Informasi Pendidikan dalam Meningkatkan
Efektivitas Evaluasi Kurikulum." Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 25-36.
Simamora, R. (2021). "Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif." Jurnal
Metodologi Penelitian, 10(1), 67-80.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Susanto, A., & Dewi, S. (2019). "Penggunaan Teknik Pengumpulan Data yang
Beragam dalam Penelitian Kuantitatif." Jurnal Penelitian Ilmiah, 7(2), 112-125.
Susanto, B., & Dewi, S. (2019). "Penerapan Metode Decision Tree dalam Analisis
Data Pendidikan." Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(2), 78-89
Susanto, F., & Dewi, S. (2018). Decision tree analysis for evaluating curriculum
impact on student outcomes. International Journal of Educational Technology,
10(2), 345-360.
Taylor, D. (2021). Evidence-based recommendations for improving educational
quality. Journal of School Improvement, 10(3), 45-58.
Taylor, R. (2021). "Peran Studi Literatur dalam Interpretasi Hasil Penelitian." Jurnal
Penelitian Ilmiah, 10(1), 35-48.
Wildan, W. (2022). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Sistem Informasi. Dewantara
Journal, 2(4), 1731.