Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Haji dan Umrah di PT Alhijaz Indowisata Tour & Travel Jakarta.
Penelitian ini untuk menganalisis strategi pelayanan yang dapat diterapkan oleh PT Alhijaz Indowisata Tour & Travel guna meningkatkan jumlah jamaah haji dan umrah. Dengan populasi muslim terbesar di dunia, indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk layanan haji dan umrah. Namun, calon jamaah menghadapi berbagai tantangan seperti kuota haji yang terbatas, biaya yang relatif tinggi, dan berbagai pilihan paket umrah yang tersedia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seperti apa strategi kualitas pelayanan, kendala dan solusi yang di lakukan perusahaan dan bagaimana perusahaan meyakinkan jamaah agar jamaah ingin menggunakan jasa di PT Alhijaz Indowisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi di PT Alhijaz Indowisata Tour & Travel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, inovasi dalam paket perjalanan, kepercayaan dan kepuasan jamaah, serta strategi promosi yang efektif adalah faktor-faktor kunci dalam meningkatkan jumlah jamaah. PT Alhijaz Indowisata perlu meningkatkan teknologi informasi dan mengadopsi strategi pelayanan yang komprehensif untuk meningkatkan jumlah jamaah haji dan umrah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pelayanan yang baik dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan jamaah, yang pada gilirannya akan menarik lebih banyak jamaah baru. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pentingnya pelayanan yang berkualitas dalam industri haji dan umrah serta memberikan rekomendasi praktis bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi pelayanan yang efektif.
TUGAS AKHIR BAB II
Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi, 11(2), 498–504.
https://doi.org/10.31959/jm.v11i2.1246
Bernik, M. (2019). Analisis kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan
konsumen: studi kasus gold’s gym bandung. Manajemen. https://ejournal.unair.ac.id/JMTT/article/download/13483/pdf
Dr.H.Johari, M., & Dr.H. Johar Arifin, Lc, M. (2019). Tuntunan manasik haji & umroh (M. aenul, yaqin (ed.)). CV. ISTANA AGENCY. https://repository.uin-suska.ac.id/47391/1/tuntunan haji umroh.pdf
Hayat, S.AP., M. S. (2023). Manajemen Pelayanan Publik. Rajawali Press.
https://books.google.co.id/books?id=SjeEAAAQBAJ&hl=id&source=gbs_navlinks_s
Juhardi, sutia budi. (2019). Identifikasi swot dan kualitas pelayanan dalam
meningkatkan jumlah nasabah bfi syariah PADA PT. BFI FINANCE INDONESIA (Vol. 1, Issue 2, pp. 1–6). IJEA.
Kemenag RI. (2020). Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Kementerian Agama RI.
http://haji.kemenag.go.id
Khoirunnisa, F., Roifah, S., Setiawan, S., & Ary, M. (2020). Strategi Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Kantor Kelurahan Menggunakan Analisis Swot. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 44–59.
https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.519
Nugraheni, R., & Kirana, G. R. (2021). Analisis Swot Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Lirboyo Kota Kediri Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, 9(2), 115–122. https://doi.org/10.25047/jkes.v9i2.222
Panesa, W. (2023). Analisis strategi pelayanan dalam peningkatan kepuasan pelanggan terhadap pengiriman barang dan jasa ditinjau dari etika bisnis islam. Skripsi. http://repository.radenintan.ac.id/29536/1/SKRIPSI BAB1%262.pdf
Risnawati. (2024). Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Minat Jamaah Haji dan Umrah di PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta. Skripsi.
Salamah, F. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada
pt alhijaz indowisata cabang yogyakarta. Manajemen.
http://eprint.stieww.ac.id/924/1/fitriatus salamah 176116587 1-3.pdf
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01),127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Siswadi, F., Muharam, H., & Hannan, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan
Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Pustakawan
Indonesia, 18(1), 2–2.
https://jurnalpenyuluhan.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/29246
Tjiptono, F. (2022). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. In
A. Diana (Ed.), pelayanan. penerbit andi.
https://books.google.co.id/books?id=6n6REAAAQBAJ&printsec=frontcover
&hl=id#v=onepage&q&f=false