STRATEGI PUBLIK RELATIONS KONTEN BERITA UPDATE INSTAGRAM @MAJALAHSUNDAY UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

research
  • 14 Oct
  • 2024

STRATEGI PUBLIK RELATIONS KONTEN BERITA UPDATE INSTAGRAM @MAJALAHSUNDAY UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Saat ini perkembangan media sosial dalam menyampaikan informasi sangat berkembang pesat, terutama dalam hubungan antara publik relations dan media. Majalah Sunday sendiri menyajikan informasi untuk pelajar SMA dengan mengangkat kreativitas, topik-topik seputar anak remaja dan pengemasan konten berita dengan gaya ringan melalui media sosial yang paling sering diakses remaja atau pelajar SMA saat ini contohnya Instagram. Dalam menyampaikan informasi publik relations perlu mengelola dan menjaga reputasi perusahaan melalui media online. Hal tersebut dimanfaatkan oleh majalah Sunday sebagai media informasi untuk menyampaikan pesan kepada publik berupa konten berita pada akun Instagram @majalahsunday. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi publik relations bagaimana mengelola konten berita update pada akun Instagram @majalahsunday dalam membangun brand awareness dengan menggunakan teori The Circular Model of SOME dari Regina Luttrell. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat dekriptif dan data hasil penelitian yang didapatkan berupa hasil wawancara yang dilakukan dengan pemimpin redaksi majalah Sunday dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada upaya pengelolaan konten media sosial pada akun Instagram @majalahsunday dengan menggunakan teori The Circular Model of SOME dapat membangun brand awareness pada majalah Sunday.

Unduhan

 

REFERENSI

Achyar Raihan. (2022). OPTIMALISASI MEDIA INSTAGRAM DALAM MEMPROMOSIKAN PELAYANAN DI SAFIR AGENCY CREATIVE COMMUNICATION.
Afizha Jihan, A. K. (n.d.). PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF 7C DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK OLEH KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG JAKARTA II. 2021.
Alfarizqi, S., Mayasari, M., & Nurkinan, N. (2023). Pengelolaan Konten Media Sosial pada Akun Instagram @indozone.id Dalam Upaya Meningkatkan Followers Instagram. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(2), 488–494. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i2.4204
Arioen, R., Hi Ahmaludin, M., JunaidiSE MM Ir Indriyani, Sa. M., & Dra Wisnaningsih, Ms. S. (2023). BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Ayustina, L. K. (2021). Peran Aktivasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Eksistensi PT PAL INDONESIA (PERSERO) (Vol. 4).
Djakfar, Y., & Rosihan, A. (2021). Strategi Komunikasi Polres OKU dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik dalam program Zona Integritas Communication Strategy of the OKU Regional Police in increasing public confidence in public
services (OKU Regional Police in the Integrity Zone Program (IZ).
http://journal.unbara.ac.id/index.php/JM
fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Gde Satia Utama, A. A., Zonyfar, C., Nuraini, R., Silvi Purnia, D., Setyawati, I., Evi, T., Dian Handy Permana, S., & Susila Sumartiningsih, M. (2022). METODOLOGI PENELITIAN.
Hadi, A., & Rusman, A. (2021). PENELITIAN KUALITATIF STUDI FENOMENOLOGI, CASE STUDY, GROUNDED THEORY, ETNOGRAFI, BIOGRAFI.
Hepni, H. (2022). Manajemen Public Relations di Pondok Pesantren.
Hidayatul Ummah Athik dkk. (n.d.). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis. 2021.
Jauhari Minan. (2021). Cyber Public Relations Membangun Kepercayaan Publik Melalui Media Siber.
Lokita, R. D., Dewi, P., Kom, S. I., Si, M., Ambulani, N., & Wibowo, S. E. (2024). BUKU AJAR STRATEGI DAN TEKNIK PUBLIK RELATIONS. www.buku.sonpedia.com
Pasaribu, B. S., & Herawati, A. (2022). METODOLOGI PENELITIAN. www.mediaedupustaka.co.id
Praba Hensyah Nogie. (2021a). STRATEGI HUMAS DALAM PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI (Studi Deskriptif di PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Sumatera Selatan).
Praba Hensyah Nogie. (2021b). STRATEGI HUMAS DALAM PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI (Studi Deskriptif di PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Sumatera Selatan).

Rania, R., & Diniati, A. (n.d.). ANALISIS STRATEGI HUMAS DISKOMINFO KOTA BOGOR DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KOMINFOBOGOR. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 6(1). https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i1.4539
Rizky, T. F., & Putri, W. Y. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI CONTENT CREATOR @ijoeel DALAM MENAMPILKAN CITRA KOTA JAKARTA MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Inter Script: Journal of Creative Communication |, V(1), 74.
Salsabilla Ridwan, S., Purnama Sari, W., & Proses Kreatif dalam Pembuatan Konten, A. (2022). Analisis Proses Kreatif dalam Pembuatan Konten Interaktif di Media Sosial Instagram Majalah Sunday.
Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., Gigih Permana, B., Kabupaten, P. B., Serdang, D., & Utara, S. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 06(02).
Supada, W., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2020). PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN PENCITRAAN POSITIF ORGANISASI (Vol. 1, Issue 1).
Vita Sukmarini, A. (2023). PERENCANAAN STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DISKOMINFO KABUPATEN GOWA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Vol. 16, Issue 2).