MENENTUKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATAPELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

research
  • 14 Oct
  • 2024

MENENTUKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATAPELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap pelajaran matematika di SMPN 193 Jakarta Timur menggunakan algoritma K-Means. Minat belajar adalah kecenderungan siswa untuk memberikan perhatian besar terhadap suatu mata pelajaran dengan perasaan senang, yang dapat mempengaruhi proses belajar dan hasil akademik mereka. Matematika sering dianggap sulit dan menakutkan bagi sebagian siswa, sehingga penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mereka. Metode K-Means digunakan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat minatnya terhadap matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat tiga cluster siswa: Cluster 0 terdiri dari 193 siswa dengan minat matematika sangat tinggi (rata-rata nilai UAS 91,920), Cluster 1 terdiri dari 18 siswa dengan minat rendah (rata-rata nilai UAS 52,333), dan Cluster 2 terdiri dari 66 siswa dengan minat tinggi (rata-rata nilai UAS 87,606). Variasi dalam minat ini menunjukkan pentingnya strategi pembelajaran yang disesuaikan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika.Penelitian ini memberikan informasi berharga tentang perubahan gaya belajar siswa berdasarkan tingkat minat mereka, yang dapat digunakan untuk merancang strategi pendidikan yang lebih efektif.

Unduhan

REFERENSI

Amanis, S. (2023). Pengertian Minat Belajar : Faktor yang Mempengaruhi, Jenis dan Cara Meningkatkan Minat Belajar. Pelajaran.Co.Id. https://www.pelajaran.co.id/pengertian-minat-belajar/

Andina, & Putri Yulia. (2023). ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DI MTsS MODERN ARAFAH. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 106–116. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3020

Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 46–57. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087

Apriyani, P., Dikananda, A. R., & Ali, I. (2023). Penerapan Algoritma K-Means dalam Klasterisasi Kasus Stunting Balita Desa Tegalwangi. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 2(1), 20–33. https://doi.org/10.56211/helloworld.v2i1.230

Asyuti, S., & Setyawan, A. A. (2023). Data Mining Dalam Penggunaan Presensi Karyawan Denga Cluster Means. Jurnal Ilmiah Sains Teknologi Dan Informasi, 1(1), 01–10. https://jurnal.alimspublishing.co.id/index.php/JITI/article/download/6/6

Butsianto, S., & Saepudin, N. (2020). Penerapan Data Mining Terhadap Minat Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Dengan Metode K-Means. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 3(1), 51–59. https://doi.org/10.32672/jnkti.v3i1.2008

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Hussien, S. (2021). K-means Clustering: Pengertian, Metode Algoritma, Beserta Contoh. Geospasialis. https://geospasialis.com/k-means-clustering

Magdalena, L., & Fahrudin, R. (2020). Penerapan Data Mining Untuk Koperasi Se-Jawa Barat Menggunakan Metode Clustering pada Kementerian Koperasi dan UKM. Jurnal Digit, 9(2), 190. https://doi.org/10.51920/jd.v9i2.120

P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Pascalina, D., Widhiastono, R., & Juliane, C. (2022). Pengukuran Kesiapan Transformasi Digital Smart City Menggunakan Aplikasi Rapid Miner. Technomedia Journal, 7(3), 293–302. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i3.1914

Putri, W., & Afdal, M. (2023). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Pengelompokan Data Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Rokan Hilir. Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering (IJIRSE), 3(1), 30–38. https://doi.org/10.57152/ijirse.v3i1.526

Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.

Riadi, M. (2020). Minat Belajar (Pengertian, Unsur, Jenis, Indikator dan Cara Menumbuhkan). Kajian Pustaka. https://www.kajianpustaka.com/2020/05/minat-belajar-pengertian-unsur-jenis-indikator-dan-cara-menumbuhkan.html

Sidik, R., Suarna, N., & Rinaldi Dikananda, A. (2023). Analisa Data Set Peminatan Siswa Menggunakan Algoritma K-Means Dengan Optimize Parameter Di Sekolah Menengah Kejuruan. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1197–1203. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.6335

Tim, J. H. (2023). Data Mining: Pengertian, Fungsi, Metode & Penerapannya. Jagoan Hosting. https://www.jagoanhosting.com/blog/apa-itu-data-mining/