Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Website Ancol.com menggunakan Metode Webqual 4.0

research
  • 14 Oct
  • 2024

Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Website Ancol.com menggunakan Metode Webqual 4.0

Pariwisata memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, sektor ini diproyeksikan menyumbang devisa terbesar pada tahun 2019. Perusahaan pariwisata kini memanfaatkan teknologi, termasuk website, untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin berkembang. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk adalah perusahaan terkemuka yang berdedikasi pada sektor ini, menawarkan berbagai informasi dan layanan melalui website Ancol.com. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas situs web Ancol.com melalui tiga dimensi utama: kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi, serta pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan metodelogi Webqual 4.0, yang mengukur kualitas situs web melalui persepsi pengguna akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Webqual Index (WQI) website Ancol.com mencapai 87%, yang menunjukkan bahwa kualitas website tersebut sangat baik. Pengguna merasa sangat puas dengan berbagai aspek website, terutama pada kualitas informasi dan kualitas interaksi yang disediakan. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kualitas interaksi adalah faktor utama yang secara signifikan mempengaruhi kepuasan pengguna. Meskipun kegunaan tidak menunjukkan pengaruh signifikan dalam model parsial, aspek ini tetap penting untuk keseluruhan pengalaman pengguna. Penelitian ini memberikan dasar untuk beberapa rekomendasi peningkatan, seperti peningkatan kualitas informasi, kualitas interaksi, kegunaan, dan pengembangan fitur tambahan untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Unduhan

 

REFERENSI

  • Adieb, M. R. A., Sugiharto, A., & Adhy, S. (2024). Kuesioner Analisis Pengaruh Kualitas Website Shopee Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus : Mahasiswa Pengguna Shopee di Universitas Diponegoro). Jurnal Masyarakat Informatika, May. https://doi.org/10.14710/jmasif.15.1.59737
  • Akhbar Widiyanto, , Purnama, B., & Mulyono, H. (2024). Analisis Kualitas Website SMA Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Terapan Informatika Nusantara, 4(8), 500–508. https://doi.org/10.47065/tin.v4i8.4722
  • Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R., & Sinclair, J. (2020). Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, 102, 67–86. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004
  • Anggraini, P. N., Rustiarini, N. W., & Satwam, I. K. S. B. (2023). Pemanfaatan Website Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 381. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.12150
  • Christine, , Purnama, B., & Mulyono, H. (2024). Analisis Kualitas Website Editornews.Id dengan Metode Webqual 4.0. RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi, 4(3), 267–274.
  • Dinia, A. G., Wiguna, C., & Burhanudin, A. (2022). Sistem Pengukuran Kualitas Website Penelitian dan Pengabdian Masyarakat I-Gracias Menggunakan Metode Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.28932/jutisi.v8i1.3915
  • Dumilah, dewi retno, Komarudin, , Ubaidillah, R., Siagian, S., & Santoso, S. (2021). PERAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN INDUSTRI PARIWISATA DI SEAWORLD ANCOL. Jurnal

Master Pariwisata (JUMPA), 7, 558–583.

  • Habiba, , & Wijaya, G. (2022). Pengukuran Kualitas Website Skill Academy Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4 . 0. 24(1).
  • Kartika, , Utomo, A., & Tambotoh, J. J. C. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Pada Website Registrasi Pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Riset Komputer), 10(1), 2407–389. https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i1.5814
  • (2019). Renstra Pariwisata Halal 2019-2024 (Issue November 2020).
  • Komalasari, R., Pramesti, P., & Harto, (2020). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Altasia: Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2), 163–170. https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.559
  • Monalisa, M., Imron, I., & Riyandi, A. (2021). Analisa Kualitas Sistem Informasi E-Raport Pada Sekolah Smpn 5 Kota Tangerang Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. INFOTECH Journal, 10–21. https://doi.org/10.31949/infotech.v7i1.908
  • PT Pembangunan Jaya (2023). Annual Report 2023. In Digital Textile.
  • Rakhmah, N. S., & Cahyati, M. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Pada Wilayah Bekasi Menggunakan Metode Inti Nusa Mandiri, 14(1), 21–26.
  • Roz, K. (2020). Analisis Pengaruh Website Quality terhadap Kepuasan Pengguna dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 41–49. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i1.3782
  • (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  • Tarigan, (2024). Kepuasan Berkunjung Taman Impian Jaya Ancol yang Dipengaruhi Lifestyle, Persepsi Harga, dan Daya Tarik Wisata. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 426–431.
  • Zahri, C., Sharipuddin, & Hartiwi, Y. (2023). Analisis Kualitas Layanan Website Sistem Informasi Akademik STIKBA Jambi terhadap Kepuasan Pengguna menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Informatika Dan Rekayasa     Komputer(JAKAKOM), 3(2),                         600–609. https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.2.1333