Pengaruh Digital Marketing dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skintific di Shopee

research
  • 14 Oct
  • 2024

Pengaruh Digital Marketing dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skintific di Shopee

Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, pemasaran secara digital telah menjadi salah satu strategi utama bagi banyak brand untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Salah satu pendekatan yang semakin populer di era digital ini adalah pemasaran melalui Digital Marketing dan melalui Influencer Marketing. Mengubah minat konsumen menjadi keputusan pembelian merupakan sebuah tantangan, Brand perlu memilih influencer yang tepat dengan memiliki konsumen sesuai dengan target pasar mereka, hal ini penting untuk memastikan bahwa pesan yang disampaikan menjangkau target yang sesuai dan memiliki kemungkinan besar untuk tertarik dengan produk brand tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian metode kuantitatif statistik. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik angket (kuesioner) sebagai instrumen penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insindential dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden pengguna skintific di Shopee. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program software SPSS. Hasil penelitian mendapatkan nilai t hitung sebesar X1 (3,573) dan X2 (3,582) secara parsial terdapat pengaruh antara masing – masing variabel independen terhadap variabel dependen. Sedangkan untuk nilai F hitung 27,736 secara simultan terdapat pengaruh antara Digital Marketing dan Influencer Marketing terhadap keputusan pembelian pada produk Skintific. Perusahaan Skintific dapat meningkatkan fokus mereka pada kampanye Digital Marketing dan Influencer Marketing, karena terbukti efektif dalam mendorong keputusan pembelian.

Unduhan

 

REFERENSI

APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. (2024). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data Dengan SPSS. DEEPUBLISH CV Budi Utama.

Gunawan, C., & Mengolah, M. (2020). Data Penelitian New Edition Buku Untuk Orang yang (Merasa) Tidak Bisa dan Tidak Suka Statistika. DEEPUBLISH CV Budi Utama. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=babXDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=variabel+moderasi&ots=vkqGPhd322&sig=Lc_FZtc_ZvTUDepoLGI97yMj-D0

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Ismail, & Indrawati, N. (2022). Analisis Data Penelitian Dengan SPSS. Eureka Media Aksara.

Ismanto, H., & Pebruary, S. (2021). Aplikasi SPSS dan Eviews Dalam Analisis Data Penelitian. DEEPUBLISH CV Budi Utama.

Khairani, A., Andini, Y. B., Fedia, V., Putri, N. O., Norfaizah, & Putra, R. B. (2022). Penerapan Digital Marketing Dan Influencer Endorsement Saat Pandemi Covid-19 Pada Agen Frozen Food (Studi Kasus UMKM Wins Food Kebab Padang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 378–384. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3581

Nihayah, A. Z. (2019). Pengolahan Data Penelitian Menggunakan Software SPSS 23.0. UIN Walisongo Semarang, 1–37. https://ebooks.com

Sugiyono, P. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif 2019. In Sutopo (Ed.), Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1). Alfabeta. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Ekonomi Islam. Pranadamedia Group.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian. UR Press. https://www.researchgate.net/publication/354697863

Wahjusaputri, S., & Purwanto, A. (2022). Statistika Pendidikan Teori dan Aplikasi. CV. Bintang Semesta Media.

Widiastuti, & Setiawan, E. (2024). Pengaruh Iklan Shopee Big Ramadhan Sale 2023 terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Produk Fashion Mahasiswa Fikom Unisba. Bandung Conference Series: Public Relations, 4(1), 79–85. https://doi.org/10.29313/bcspr.v4i1.10419

Yonatan, A. z. (2024). Produk Kecantikan Jadi Produk FMCG yang Paling Banyak Dibeli di E-commerce 2023. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/produk-kecantikan-jadi-produk-fmcg-yang-paling-banyak-dibeli-di-e-commerce-2023-u7UTz

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.