Humas (Hubungan Masyarakat) merupakan fungsi manajemen yang penting dalam membangun dan mempertahankan citra positif sebuah organisasi atau lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi humas dalam membangun citra positif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bina Siswa Utama Bekasi. Menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini memanfaatkan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang relevan. Riset penelitian ini meggunakan strategi humas menurut Cutlip Center and Bloom yaitu Research, Planning, Communication, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMK Bina Siswa Utama Bekasi menerapkan strategi humas yang mengacu pada teori Cutlip Center and Bloom, dalam Research SMK Bina Siswa Utama melakukan analisis SWOT, Planning melalui beberapa langkah meliputi Survei kepada warga sekolah dan menyusun berbagai program, kemudian Communication menggunakan beberapa media untuk menyampaikan pesan mereka melalui media sosial, komunikasi langsung, dan promosi melalui berbagai saluran, dan Evaluation dengan melakukan evaluasi rutin setiap enap bulan sekali melalui rapat dengan wakil kepala sekolah dan wali kelas. Strategi-strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan persepsi positif masyarakat terhadap sekolah, yang membantu dalam menarik lebih banyak siswa.
Bukti Turnitin Full
Skripsi Full
Bukti Submit Jurnal
Artikel/Paper Ilmiah
Adhani, I., & Antika, R. M. (2024). Pengaruh Content Marketing Tiktok Affiliate , Live Streaming dan Diskon Harga di Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare ( Studi Kasus di Jakarta Selatan ). Manajement Research and Business Journal, 1(2), 103–119. http://jurnal.stiebp.ac.id/index.php/MRB/article/view/51
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. PICNIS: Palangkaraya International and National Conferens On Islamic Studies, 1(1), 173–186. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/605
Akbar, M. F., Evadianti, Y., & Asniar, I. (2021). Public Relations (A. G. Zainal (ed.)). Penerbit Ikatan Guru Indonesia (IGI) DIY. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=hLIjEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=proses+humas&ots=uWHJP-WAJ5&sig=AjiLQ_3xSnGdaDf2BDhyCgklTL0&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Alfiyanto, A., Febriyanti, F., Maryance, M., Imanuddin, M., & Hidayati, F. (2022). Peran Humas Dalam Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Di Ma Almu’Awanah Pamulutan Ogan Ilir. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 468–471. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/561
Amanda. (2020). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN. Journal Of Advertising, 1(1), 1–135. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/ADVIS/article/view/4000
Anggraini, C., & Setyanto, Y. (2019). Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana. Prologia, 3(2), 408. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6373
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.
Arman. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Penduduk Nagari Tanjung Lolo , Kecamatan Tanjung Gadang , Kabupaten Sijunjung Berbasis Web. Jurnal Edik Informatika, 2(2). https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/eDikInformatika/article/view/1459
Batoebara, M. U., & Zebua, D. (2021). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Jurnal Network Media, 4(2), 20–39. https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1403
Benny, B., Nugroho, N., Akbar, F., Hutabarat, M., & Arwin, A. (2021). Motivasi Kerja Karyawan PT Abdi Wibawa Press Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknolohi Informasi (SENSASI), 251–254. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/593
Cahyadi. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baja Ringan Di Pt Arthanindo Cemerlang. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Bisnis (EMABI), 1, 60–73. https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/emabi/article/view/1089
Effendi, E. (2023). Peran Public Relation Dan Media Dalam Pelaksanaan Dakwah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 9097–9106. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5953
Fakhrurizae, O. (2019). Memaksimalkan Sasaran Humas Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Penelitian Agama, 20(2), 337–349. https://doi.org/10.24090/jpa.v20i2.2019.pp337-349
Faridah, S. (2020). Strategi Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Meningkatkan Citra Publik Lembaga Pendidikan Pada Masa Pandemic Covid-19. EDUSIANA : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(02), 129–139. http://ejournal.stainim.ac.id/index.php/edusiana
Febianti, F. (2020). Peran Public Relations Dalam Komunikasi Organisasi di Perpustakaan. Maktabatun: Jurnal Kajian Pustakawan, 2(1), 79–94. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/maktabatuna/article/view/1879
Firman, M. (2024). Strategi Public Relations Unilever Indonesia dalam Menjaga Reputasi Pasca Isu Boikot Pro-Israel. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(6), 171–178. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/view/1319
Fitria, A. R. (2021). Peran Hubungan Masyarakat (Humas) Kementrian Komunikasi dan Infromatika Dalam Mengsosialisasikan Program Layanan Aduan Konten. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1
Hairunnisa. (2021). Buku Ajar PENGANTAR HUMAS EDISI 2. Indomedia Pustaka.
Heriansyah, S.Pd., M. P. (2022). Manajemen Pendidikan (A. C. Ma’arif & M. R. Kurnia (eds.)). Sada Kurnia Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pendidikan/ywCeEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Irawan, U. I., & Ningsih, A. R. (2019). Interferensi Bahasa Inggris Pada Status Whatsapp Mahasiswa Semester 4 KIP STKIP Rokania. Jurnal Ilmiah Telaah, 3(2), 1–5. https://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/12192
Juhji, Nadeak, B., Arifudin, O., Mustafa, M., Choiriyati, W., Hanika, I. M., Tanjung, R., & Adiarsi, G. R. (2020). Manajemen humas pada lembaga pendidikan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 6. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=CObmDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=manajemen+humas+pada+lembaga+pendidikan&ots=fH5EqPsLPU&sig=DRFgsDEa7kdY8jKfcsfpo7Vooos&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen humas pada lembaga pendidikan&f=false
Kriyantono, R. (2021). Best Practice Humas (Public Relations) Bisnis dan Pemerintah: Manajemen Humas, Teknik Produksi Media Publisitas & Public Relations Writing (Eko Widianto (ed.)). KENCANA. https://books.google.co.id/books?id=A9QmEAAAQBAJ&lpg=PR4&ots=wdemro0qSp&dq=tujuan humas&lr&pg=PR4#v=onepage&q=tujuan humas&f=false
Kustiawan, W., Hidayati, J., Daffa, V., Hamzah, A., Harmain, M., Fadli, A., & Kuswananda, E. (2022). Keberadaan Ilmu Komunikasi dan Perkembangan Teori Komunikasi dalam Peradaban Dunia. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 73. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3477632&val=30375&title=Keberadaan Ilmu Komunikasi dan Perkembangan Teori Komunikasi dalam Peradaban Dunia
Ma’sum, T. (2020). Eksistensi Manajemen Pemasaran dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Jurnal Keislaman, 10(2). https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/intelektual/article/view/1243
Mahdi, & Masdudi. (2019). Membangun Relasi Komunikasi Keluarga Dalam Membentuk Sikap Sosial Remaja. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2), 102–125. https://doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.4844
Marzuki. (2022). Penyelenggaraan Administrasi Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ketungau Hilir. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.51826/edumedia.v6i1.597
Muhayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Rumah Selama Pandemi Covid 19. Cv. Ae Media Grafika. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=HF5VEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+strategi+menurut+para+ahli&ots=0_iiKhjCX3&sig=AZ6S1RsOmf29xIfuuFDn79gXGwM&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian strategi menurut para ahli&f=false
Mujib, F., & Fathuningsih, T. (2020). School Branding: Strategi di Era Disruptif (B. S. Fatmawati (ed.)). PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=_ZAfEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Multi, S. W., Syam, S., Usman, U., & Fransiska, A. (2019). Fungsi Humas dalam Menjalin Hubungan di Pemerintahan Kota Bukittinggi. AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 96–105. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v2i2.495
Murni. (2019). Konsep Manajemen Humas pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita, 05(01), 28. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4352
Mutiarani, R. (2020). Implementasi Dan Implikasi Full Day School Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sman 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/32022
Novianti, S., Karim, H. A., & Dwivayani, K. D. (2021). Peran Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Mengelola Branding Pada Samarinda Televisi (STV). EJournal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 9(4), 13–26. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4539
Novitasari, A., Fauzi, A., & H.W, M. B. (2021). Strategi dan Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(8), 1295–1305. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/246
Nurjanah. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Usaha Laundry Bunda Nurjanah. Jurnal Mahasiswa, 1, 117–128. https://ejournal.ugkmb.ac.id/index.php/jm/article/view/105/98
Parid, M. (2020). Relevansi Komunikasi Pembelajaran dengan Materi Bahan Ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 442–456. https://doi.org/10.5281/zenodo.3986243
Putri, N., & Nurjanah. (2019). Kinerja Humas Pengadilan Negeri Pekanbaru Dalam Memberikan Informasi Kepada Masyarakat. Jurnal Online Mahasiswa, 6(1), 1–15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/24451
Putri, & Sutarjo. (2023). Strategi Humas Pemerintahan Kota Bandung dalam Mengelola Media Sosial Instagram @humas_bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3198–3205. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1587
Rahayu, P., & Trisnawati, N. (2022). Strategi Humas di SMK IPIEMS Surabaya Dalam Meningkatkan Citra dan Kepercayaan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(2), 124–139. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n2.p124-139
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Revilliano, M. I. (2023). Budaya Pengaruh Dan Budaya Patriarki Terhadap Gerakan Perubahan Feminisme Dalam Organisasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 1(2), 150–159. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JMBE/article/view/173
Ricardo, Z., Sutarno, S., & Anggraini, D. (2022). Analisis Kualitas Produk di PT . Adi Kuasa Gasindo Medan. SOSMANIORA (Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora), 1(2), 224–232. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.588
Salim, A., Salsabila, M., & Rahmat, Z. (2022). Peran Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Pembelajaran Kepramukaan Di Sman 1 Baitussalam Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/442
Sari, P. I. (2021). Peran Humas Dalam Memberikan Pelayanan dan Mengatasi Keluhan Pelanggan Pada PDAM Batiwakkal Berau Kalimantan Timur. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/
Setyawan, A., & Saleh, R. (2020). Analisis Program Unsyiah Library Fiesta (ULF) dalam Upaya Meningkatkan Citra Perpustakaan (Studi : Peran Public Relation Dalam Meningkatkan Citra). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 5(1), 1–17. https://jim.usk.ac.id/FISIP/article/view/13659
Silviani, I. (2020). Public Relations Sebagai Solusi Komunikasi Krisis (I. Silviani (ed.)). PT. Scopindo Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=OyrbDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Kegiatan+public+relations+menurut+Cutlip+dan+Center+dalam+bukunya+F.+Rachmadi&ots=H6AxhBxs-A&sig=KQuoL_JOFEA8k4etnMxMpNXXC7Y&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Simamora, I. Y., Adityaa, N., Nabila, N., Marpaung, R. S., & Silitonga, D. (2022). Strategi Komunikasi Pejabat Desa dengan Masyarakat dalam Upaya Pembangunan Badan Usaha Milik Desa di Pematang Johar Irma. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, Dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 2707–2714. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/view/3938/1450
Suhadi, M., & Suhartini, T. (2019). Strategi Membangun Citra Hijra Moslem Apparel Melalui Instagram. Jurnal Komunikasi & Desain Visual, 1(1), 1–12. https://digilib.ars.ac.id/index.php?p=show_detail&id=4685&keywords=
Sumardi, A. P., Priyowidodo, G., Djoko, J., & Tjahjo, W. (2021). Citra Pemerintah Kota Surabaya Pasca Surabaya Menjadi Zona Merah COVID-19 Di Mata Masyarakat Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 9, 1–12. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11522/0
Supada, W. (2020). Peran Public Relations Dalam Membangun Pencitraan Positif OrganisasiReviani. (2019). Strategi Humas Dalam Mempertahankan Citra Positif Sekolah Menengah Kejuruan Negri. http://repository.unijambi.ac.id/16 Januari 2021. Communicare, 1(1), 92–100. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=-GV6-2oAAAAJ&citation_for_view=-GV6-2oAAAAJ:9yKSN-GCB0IC
Ule, M. Y., Kusumaningtyas, L. E., Widyaningrum, R., & Riyadi, U. S. (2023). Studi Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Peserta Didik Kelas II. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 1. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/widyawacana/article/view/9909
Wichaksari, U. (2019). E-PR dan Digital Destination Tourism (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Electronic Pubic Relation oleh Humas Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam Program Digital Destination). Jurnal Kommas, 1, 473–484. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/68660/E-PR-dan-Digital-Destination-Tourism-Studi-Deskriptif-Kualitatif-Implementasi-Electronic-Pubic-Relation-oleh-Humas-Kementerian-Pariwisata-Republik-Indonesia-dalam-Program-Digital-Destination
Yunengsih, S. (2020). The Analysis Of Giving Rewards By The Teacher In Learning Mathematics Grade 5 Students Of SD Negeri 184 Pekanbaru. Jurnal PAJAR ( Pendidikan Dan Pengajaran ), 4(4), 715–723. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/8029