Strategi Penanganan Hambatan Komunikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kelurahan Tegal Alur Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Pada Program JakEvo

research
  • 14 Oct
  • 2024

Strategi Penanganan Hambatan Komunikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kelurahan Tegal Alur Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Pada Program JakEvo

Pada penelitian ini terjadi hambatan komunikasi pada PTSP Kelurahan Tegal Alur dalam meningkatkan kesadaran masyarakat pada program JakEvo. Tujuan dari penelitian ini menganalisis strategi penanganan hambatan komunikasi PTSP dalam meningkatkan kesadaran masyarakat pada program JakEvo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan Model Komunikasi SMCR oleh David K. Berlo, dengan teknik mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menemukan bahwa ada dua faktor hambatan komunikasi, yang bersifat teknis dan hambatan perilaku dari masyarakat itu sendiri. Dalam mengatasi hambatan komunikasi tersebut, PTSP Kelurahan Tegal Alur menggunakan strategi dengan tetap mempertahankan sosialisasi langsung atau pendampingan, kepada masyarakat yang belum memahami dengan baik JakEvo, dan tetap menyediakan WA Call Center untuk konsultasi lebih lanjut dalam meningkatkan kesadaran masyarakat pada JakEvo.

Unduhan

 

  • Cover Skripsi.pdf

    Cover Skripsi

    •   diunduh 15x | Ukuran 103,777

REFERENSI

Andhini, N. F. (2017). Andhini. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Damayanti, I., & Purnamasari, S. H. (2019). Hambatan Komunikasi Dan Stres Orangtua Siswa Tunarungu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Insight, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/insight.v3i1.22311

Efendi, E., Attaya, M. F., & Nugroho, M. D. (2023). Model Komunikasi Linear. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i1.3216

Fiantika, feni rita, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Hasanah, S., & Suyyinah. (2023). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Kuliner Di Kecamatan Pakong. Iqtisodina: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Islam, 6(1), 22–29.

Hazni, Hayati, F., & Mutiawati, Y. (2023). Analisis Kegiatan Main Peran Makro Untuk Menstimulasi Percaya Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1–10.

Hikmah, J. (2020). Paradigm. Computer Graphics Forum, 39(1), 672–673. https://doi.org/10.1111/cgf.13898

Miftah, M. (2019). Strategi Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknodik, XII(2), 084–094. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i2.473

Pahlawani, M. P. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Anggaran Kas; Studi Kasus Aktivitas Operasi Aktivitas Investasi dan Aktivitas Pendanaan pada Perum Perumnas Regional IV. Skripsi, 40–60.

Rochman, S. (2021). Hambatan Komunikasi Organisasi (Studi Kasus LPP TVRI Stasiun Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5939

Sapmala Marbun, K., Romadon Tanjung, H., & Rahima, A. (2021). Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Media Luar Ruang Di Barus Tapanuli Tengah. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 2775–4693.

Sunni-syiah, M. P., Putri, D., Adawiyah, R., & Arif, M. C. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Sampang dalam. 15(2), 131–144.

Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS

 

Website:

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/penanganan

https://pelayanan.jakarta.go.id/apps

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/masyarakat

https://tegalkab.go.id/news/view/artikel/pemahaman_masyarakat_dan_masyarakat_digital_20220704110450#:~:text=Mac%20lver%20dan%20Page%20(dalam,laku%20serta%20kebiasaan%2Dkebiasaan%20manusia.

https://www.beritasatu.com/news/491688/pemprov-dki-luncurkan-aplikasi-jakevo

https://jakevo.jakarta.go.id/