Implementasi Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Minat Beli Makanan Secara Online Pada Generasi Milenial

research
  • 14 Oct
  • 2024

Implementasi Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Minat Beli Makanan Secara Online Pada Generasi Milenial

Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang sangat akrab dengan teknologi dan cenderung lebih nyaman berbelanja secara online. Namun, tingkat minat pembelian secara online di kalangan milenial, terutama yang berdomisili di Provinsi Jakarta tidak seragam dan bisa bervariasi tergantung pada berbagai aspek, seperti keputusan pembelian. Penelitian ini dimaksudkan untuk memprediksi daya minat beli makanan secara online pada generasi milenial dengan melihat keterkaitannya terhadap aspek keputusan pembelian, seperti frekuensi pembelian, kualitas produk, bentuk produk, harga produk, pengalaman merk, kemudahan mendapatkan produk serta cara pembayaran dengan algoritma naive bayes menggunakan program RapidMiner. Prediksi ini dilakukan dengan membagi data menjadi kelas Tinggi, Sedang, Rendah dan Tidak Minat serta menerapkan teknik resampling dengan metode downsampling dikarenakan distribusi data yang akan digunakan untuk memprediksi kelas klasifikasi tidak seimbang. Dengan nilai Area Under Curve (AUC) sebesar 75%, model yang dihasilkan oleh algoritma naive bayes dan diuji dengan resampling ini dinilai cukup baik untuk memprediksi minat beli makanan secara online pada generasi milenial. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisa, diketahui terdapat adanya tingkat minat beli sedang dari generasi milenial yang lahir pada tahun 1992 hingga 1995 dan bertempat tinggal di Jakarta Timur.

Unduhan

 

REFERENSI

Abbas, M., H.A, I., Kessi, M. F., & Tajuddin, I. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Kartu Halo Telkomsel. AkMen JURNAL ILMIAH, 19(2), 195–208. https://doi.org/10.37476/AKMEN.V19I2.2980

Amna, S, W., Sudipa, I. G. I., Putra, T. A. E., Wahidin, A. J., Syukrilla, W. A., Wardhani, A. K., Heryana, N., Indriyani, T., & Santoso, L. W. (2023). Data Mining (D. Ediana & A. Yanto (eds.); 1st ed.). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Anggraini Susanti, L., Soleh, A. M., Sartono, B., Pertanian Bogor, I., & Korespondensi, P. (2023). Deep Learning Image Classification Rontgen Dada pada Kasus Covid-19 Menggunakan Algoritma Convolutional Neural Network. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(5), 973–982. https://doi.org/10.25126/JTIIK.20231057142

Annisa, Z., & Ulama, B. S. S. (2023). Analisis Sentimen Data Ulasan Pengguna Aplikasi “PeduliLindungi” pada Google Play Store Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Model Multinomial. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 11(6), D464–D471. https://doi.org/10.12962/j23373520.v11i6.94064

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk (Padangsidi, Vol. 1). PT Inovasi Pratama Internasional.

Arif, M. (2021). Generasi Millenial Dalam Internalisasi Karakter Nusantara (N. L. Yuhana (ed.); 1st ed.). IAIN Kediri Press.

Asrulla, A., Risnita, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320–26332. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V7I3.10836

Az-zahra, H. N., Tantya, V. A., & Apsari, N. C. (2021). LAYANAN ONLINE FOOD DELIVERY DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA MIKRO. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 156–165. https://doi.org/10.24198/JPPM.V2I2.33513

Budiyanto, G., & Suryadi, D. (2023). A Machine Learning Prediction Model to a Scholarship Program for New Undergraduate Students at a Private University. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 12(2), 187–200. https://doi.org/10.26593/JRSI.V12I2.6595.187-200

Erdawati, Endarwita, & Widiasari, R. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE. Journal of Social and Economics Research, 5(1), 184–190. https://doi.org/10.54783/JSER.V5I1.82

Ginantra, N. L. W. S. R., Arifah, F. N., Wijaya, A. H., Septarini, R. S., Ahmad, N., Ardiana, D. P. Y., Effendy, F., Iskandar, A., Hazriani, Sari, I. Y., Gustiana, Z., Prianto, C., Gustian, D., & Negara, E. S. (2021). Data Mining dan Penerapan Algoritma (R. Watrianthos & J. Simarmata (eds.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing (B. Nasution (ed.); 1st ed.). PT Inovasi Pratama Internasional.

Irawan Ihya, D., & Sulistiyawati, P. (2021). ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA PADA WEBSITE PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 7(1), 35–44. https://doi.org/10.30738/JST.V7I1.9150

Irwansyah, R., LIstya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). PERILAKU KONSUMEN (1st ed.). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.

Madiistriyatno, H., & Hadiwijaya, D. (2019). Generasi Milenial Tantangan Membangun Komitmen Kerja/Bisnis dan Adversity Quotient (AQ) (1st ed.). Indigo Media.

Marisa, F., Maukar, A. L., & Akhriza, T. M. (2021). DATA MINING KONSEP DAN PENERAPANNYA (1st ed.). DEEPUBLISH.

Muslim, M. A., Prasetiyo, B., Mawarni, E. L. H., Herowati, A. J., Mirqotussa’adah, Rukmana, S. H., & Nurzahputra, A. (2019). Data Mining Algoritma C4.5 Disertai contoh kasus dan penerapannya dengan program computer (E. Listiana & N. Cahyani (eds.); 1st ed.). CV Harian Jateng Network.

Mustika, Ardilla, Y., Manuhutu, A., Ahmad, N., Hasbi, I., Guntoro, Manuhutu, M. A., Ridwan, M., Hozairi, Wardhani, A. K., Alim, S., Romli, I., Religia, Y., Octafian, D. T., Sufandi, U. U., & Ernawati, I. (2021). Data Mining dan Aplikasinya (N. Rismawati (ed.); 1st ed.). Widina Bhakti Persada Bandung.

Naek Pane, M., Mardiaman, & Azhar, M. (2023). PENENTUAN FAKTOR KETERLAMBATAN WAKTU PELAKSANAAN PROYEK APBN/APBD DENGAN ANGGARAN TAHUN TUNGGAL UNTUK MENGURANGI KLAIM. Menara: Jurnal Teknik Sipil, 18(2), 96–109. https://doi.org/10.21009/JMENARA.V18I2.35422

Rahayu, P. W., Sudipa, I. G. I., Suryani, Surachman, A., Ridwan, A., Darmawiguna, I. G. M., Sutoyo, M. N., Slamet, I., Harlina, S., & Maysanjaya, I. M. D. (2024). Buku Ajar Data Mining (Efitra (ed.); 1st ed.). PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Romadloni, P., Kusuma, B. A., & Maulana Baihaqi, W. (2022). KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN MESIN UNTUK IMPLEMENTASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PROMOSI JABATAN KARYAWAN. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(2), 622–628. https://doi.org/10.36040/JATI.V6I2.5238

Sanaky, M. M. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA MAN 1 TULEHU MALUKU TENGAH. JURNAL SIMETRIK, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/JS.V11I1.615

Sanulita, H., Putra, P. P., Laka, L., Amalia, M., Anggraeni, A. F., Ardiansyah, W., Azizah, N., Saktisyahputra, Suprayitno, D., Sumiati, & Judijanto, L. (2024). Panduan Praktis Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Y. Agusdi & Efitra (eds.); 1st ed.). PT Green Pustaka Indonesia.

Sari, V. R., Firdausi, F., & Azhar, Y. (2020). Perbandingan Prediksi Kualitas Kopi Arabika dengan Menggunakan Algoritma SGD, Random Forest dan Naive Bayes. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.29408/EDUMATIC.V4I2.2202

Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan (D. K. Sawlani (ed.); 1st ed.). Scopindo Media Pustaka.

Seftila, S., Saryono, O., Haris, F., & Prabowo, E. (2021). KEPERCAYAAN DAN PENGALAMAN BERBELANJA SERTA PENGARUHNYA PADA MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE DALAM APLIKASI E-COMMERCE. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 499–511. https://doi.org/10.32534/JV.V16I2.2018

Sinaga, E., & Sianturi, M. I. B. (2023). Biostatistik (A. Sofatunisa (ed.); 1st ed.). CV. Mega Press Nusantara.

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). VALIDITAS DAN RELIABILITAS TERHADAP INSTRUMEN KEPUASAN KERJA. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2). https://doi.org/10.46975/ALIANSI.V17I2.428

Stansyah, M. R., Choirunnisa, R., Tegar, M., & Putri, S. S. A. (2023). ANALISIS PENGARUH MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN MELALUI APLIKASI GO FOOD. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(1), 43–49. https://doi.org/10.26740/JPTN.V11N1.P43-49

Suasapha, A. H. (2020). SKALA LIKERT UNTUK PENELITIAN PARIWISATA; BEBERAPA CATATAN UNTUK MENYUSUNNYA DENGAN BAIK. Jurnal Kepariwisataan, 19(1), 29–40. https://doi.org/10.52352/JPAR.V19I1.407

Sunardi, D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Jabatan Fungsional Perekayasa Terhadap Kinerja Pegawai Balai Besar Aerodinamika, Aeroelastika, dan Aeroakustika di Kawasan Puspiptek Setu, Tangerang Selatan. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(1), 151–163. https://doi.org/10.33753/MADANI.V3I1.105

Swajarna, I. K. (2022). POPULASI-SAMPEL, TEKNIK SAMPLING & BIAS DALAM PENELITIAN (E. Risanto (ed.); 1st ed.). PENERBIT ANDI.

Tarigan, P. M. S., Hardinata, J. T., Qurniawan, H., Safii, M., & Winanjaya, R. (2022). IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN PERSEDIAAN BARANG (STUDI KASUS : TOKO SINAR HARAHAP). Just IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(2), 51–61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/11375

Taswiyah, & Imron, A. (2021). Persepsi dan Preferensi Ibu Rumah Tangga Terhadap Sistem Berbelanja Secara Online/online shop. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 128–137. https://doi.org/10.31294/JABDIMAS.V4I1.9169

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan : Konsep, Pengukuran, Dan Strategi (i). Andi Offset.

Tulung, J. M., Syahid, A., Janis, Y., & Kalampung, Y. O. (2019). Generasi Milenial: Diskursus Teologi, Pendidikan, Dinamika Psikologis dan Kelekatan pada Agama di Era Banjir Informasi (J. M. Tulung, A. Syahid, Y. Janis, & Y. O. Kalampung (eds.); 1st ed., Vol. 1). RAJAWALI PERS.

Vincentius, V., & Putranto, L. S. (2020). ANALISIS PENGARUH LAYANAN PESAN MAKANAN ONLINE TERHADAP PERJALANAN BERBASIS RUMAH DAN BERBASIS TEMPAT AKTIVITAS. JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil, 3(4), 1003–1016. https://doi.org/10.24912/JMTS.V3I4.8391

Wasiyem, Purba, H., & Karima, M. K. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi (Upaya Mewujudkan Good Citizenship) (Ramadhani (ed.); 1st ed., Vol. 1). CV Merdeka Kreasi Group.

Werdiningsih, I., Nuqoba, B., & Muhammadun. (2020). DATA MINING MENGGUNAKAN ANDROID, WEKA, DAN SPSS. Airlangga University Press.

Yamin, S. (2021). TUTORIAL STATISTIK SPSS, LISREL, WARPLS, & JASP (MUDAH & APLIKATIF (A. Rasyid (ed.); 1st ed.). PT Dewangga Energi Internasional.

Zahra Hafizhah, A., Suakanto, S., Yanu Fa’rifah, R., & Triono Nuryatno, E. (2023). Klasifikasi Laju Pernapasan dan Saturasi Oksigen Menggunakan Regresi Logistik. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 448–458. https://doi.org/10.29100/JIPI.V8I2.3481

Zulfikar, R., Sari, F. P., Fatmayati, A., Wandini, K., Haryati, T., Jumini, S., Nurjanah, Annisa, S., Kusumawardhani, O. B., Mutiah, R., Linggi, A. I., & Fadilah, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif (Teori, Metode dan Praktik) (E. Damayanti (ed.); 1st ed.). Widina Media Utama.