Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kapuk Muara 01 Jakarta Utara

research
  • 14 Oct
  • 2024

Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kapuk Muara 01 Jakarta Utara

Puji Rahayu (44200337), Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kapuk Muara 01 Jakarta Utara

Kemajuan teknologi memang membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Namun, di balik manfaatnya, kemajuan teknologi juga memiliki dampak negatif terhadap motivasi belajar siswa. Komunikasi Interpersonal secara persuasif dan efektif antara guru dengan siswa diharapkan akanmembantu memotivasi, menggerakan serta mendorong siswa untuk lebih giat belajar. Karena dengan komunikasi interpersonal yang berjalan dengan baik maka akan membuat siswa lebih komunikatif dan mau bekerja sama untuk lebih giat sehingga rencana dan tujuan dari sekolah akan tercapai menciptakan siswa berprestasi. Adapun tujuan dari penelitian ini dilaksanakan yaitu untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kapuk Muara 01 Jakarta Utara. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan melakukan observasi langsung, melakukan wawancara dan mencari data-data pendukung, seperti data-data sekolah mengenai program pendidikan, kelebihan sekolah, kurikulum sekolah, serta kegiatan-kegiatan yang berlangsung disekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang efektif, meliputi keterbukaan, empati, perilaku suportif, sikap positif, kesetaraan, dan motivasi belajar, merupakan kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran. guru telah berhasil menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi siswa melalui penerapan prinsip-prinsip komunikasi tersebut. Temuan ini sejalan dengan teori karakteristik komunikasi interpersonal Joseph A. DeVito, dan teori Rahman mengenai bentuk motivasi belajar.

Unduhan

 

REFERENSI

Akbar Gumilang, N. (2021). Pengertian Penelitian Deskriptif Menurut Para Ahli.
Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/penelitian-deskriptif/

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ

Ariyanto, E. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi : Sejarah, Hakikat, dan Proses.
DIVA PRESS. https://books.google.co.id/books?id=clV_EAAAQBAJ

Baraney, O. :, Londa, N., & Senduk, J. (2014). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KESUKSESAN SPARKLE ORGANIZER. In Journal: Vol. III (Issue 1).

Damayanti, L. (2021). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua dengan Anak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Anifa, 1(1), 16–26.
https://doi.org/10.32505/anifa.v1i1.2428

Elfianis, R. (2023). Sekolah Dasar: Pengertian, Sejarah, Peran dan Tantangan.
Agrotek.Id. https://agrotek.id/vip/sekolah-dasar/

Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur (Vol. 5).

Karunia Mulia Putri, V. (2022). Bagaimana Komunikasi Interpersonal Dikatakan Efektif. Kompas.Com.
https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/04/100000369/bagaimanakomunikasi-interpersonal-dikatakan-efektif-

Kurniawan, A. (2024). Pengertian Guru. GURUPENDIDIKAN.COM.
https://www.gurupendidikan.co.id/guru-adalah/

Mardiana, Nugraha, U., & Budi Setiawan, I. (2022). Motivasi Siswi Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP 13 Tanjung Jabung Timur. 32–47.

Murtiadi, Prasetia Danarjati, D., & Ratna Ekawati, A. (2015). Psikologi Komunikasi. Psikosain. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1164829

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan. Prenada Media.
https://books.google.co.id/books?id=PnpXDwAAQBAJ

Novitasari, C. (2024). Pengertian Siswa Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com.
Pelajarindo.Com. https://pelajarindo.com/pengertian-siswa-menurut-para-ahli/

Pramesti, A. A., Ilmiah, F., & Ramadhani, T. R. (2023). PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.

Rahman, S. (2021). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.

Stella Meinda, M., & Munanjar, A. (2023). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 3(3), 178–192. https://doi.org/10.55606/juitik.v3i3.647

Tysara, L. (2023). Jenis Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli, Pahami Karakteristiknya. Liputan6.Com.
https://www.liputan6.com/hot/read/5299910/jenis-penelitian-kualitatif-menurutpara-ahli-pahami-karakteristiknya?page=2

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (n.d.).

Wahyuni, N. (2014). IN-DEPTH INTERVIEW (WAWANCARA MENDALAM). Binus University Quality Management Center. https://qmc.binus.ac.id/2014/10/28/in
depth-interview-wawancara-mendalam/

Waningsih Zaluhku, L., Kol Yos Sudarso No, J., Kota, G., & Medan Baru, K. (2021). THE ROLE OF INTERPERSONAL COMMUNICATION OF LEADERS AND SUBORDINATES IN IMPROVING WORK PRODUCTIVITY DURING THE PANDEMIC.

Yunianti, V. (2022). Dampak penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa : studi kasus SMA N 1 Gringsing. UIN Walisongo.