TUGAS AKHIR : PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN KOMERSIAL OMK LEATHER DENGAN TEMA HARMONI NUSANTARA

research
  • 14 Oct
  • 2024

TUGAS AKHIR : PERANCANGAN KAMPANYE PERIKLANAN KOMERSIAL OMK LEATHER DENGAN TEMA HARMONI NUSANTARA

Dipengaruhi oleh peningkatan minat masyarakat terhadap produk fashion yang modern namun tetap mengangkat budaya lokal, serta perubahan pola dan gaya hidup yang mulai menghargai produk lokal, industri tas menunjukkan peluang pertumbuhan yang signifikan. Sektor industri tas berbahan tenun tradisional menjadi pilihan tepat bagi konsumen yang menginginkan aksesoris unik, berkualitas, dan mencerminkan identitas budaya. OMK Leather adalah salah satu pelaku dalam industri ini, berfokus pada produksi dan penjualan tas wanita dengan nuansa khas Nusantara. Tas-tas OMK Leather memadukan keindahan tenun Nusantara seperti tenun Boti, Buna Krawang, dan Pahikung dengan sentuhan  modern. OMK Leather ingin membangun brand image sebagai tas yang menggambarkan harmoni antara keindahan budaya Nusantara dengan sentuhan modern. Maka dari itu, Tim Sembagi Arutala melakukan perancangan kampanye periklanan komersial bagi OMK Leather dengan tema Harmoni Nusantara. Kampanye ini mencakup media iklan cetak, iklan radio. dan iklan audio visual, iklan media sosial, serta mengadakan event talkshow untuk menarik minat masyarakat. Melalui upaya ini, diharapkan penjualan OMK Leather dapat meningkat sebesar 5% dan menambah pelanggan sebesar 3% setelah periode beriklan.

Unduhan

 

REFERENSI

Afif Salim, M., & Bambang Siswanto, A. (2019). Analisis SWOT dengan metode kuesioner. Semarang: Pilar Nusantara.

Ahyar, H., & Juliana Sukmana, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Amanan. (2022). Nusantara Dari Satu Kawasan Sampai Nama Ibu Kota Negara. Ensiklopedia of Journal, 4(3), 43–47.

Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., & Firdaus, A. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Desara, I., & Ardia, V. (2023). Proses Perencanaan Media di Advertising Agency PT. Citra Surya Indonesia pada Brand Wardah. Journal on Education, 06(01), 7711–7721.

Endarwita. (2021). Strategi Pengembangan Objek Wisata Linjuang Melalui Pendekatan Analisis SWOT. Jurnal Ilmiah Edunomika, 05(01).

Firmansyah Muhammad, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Halim, F., Kumiullah, A. Z., Efendi, M. B., Sudarso, A., Purba, B., & Sisca, D. L. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ipa Hafsiah Yakin, H. (2023). METODOLOGI PENELITIAN (KUANTITATIF & KUALITATIF). Garut: CV. Akasara Global Akademia.

Kasmi, M., Sulaeman, M., & Asari, A. (2023). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Malang: Madza Media.

Khaer, A., Khoir, N., & Hidayati, Y. A. (2021). SENJAKALA MEDIA CETAK: TANTANGAN JURNALISME CETAK DI ERA DIGITAL. TRILOGI, 2(3), 324–331.

Kustiawan, W., Sitorus, A. O., Masri, A., Rizky Sylvana, F., Simanjuntak, M. W., & Manik, N. B. (2022). KELEBIHAN DAN KEKURANGAN RADIO. JUITIK, 2(3), 72–77.

Lukito, W. A., & Fahmi, A. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90–95.

Natalia, D., & Nurfebiaraning, S. (2021). Analisis Tahapan Strategi Kreatif dan Strategi Kreatif Pesan Iklan “ANKLE WEEK” Pada Instagram Kasual Periode Iklan 15 Juli – 29 Juli 2020. 8(6), 8872–8882.

Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 7(1).

Respati, A. R., & Pratama, A. M. (2022, October 10). KemenkopUKM Sebut Fesyen dan Kuliner Penyumbang Terbesar Ekonomi Kreatif. https://money.kompas.com/read/2022/10/10/172000026/kemenkopukm-sebut-fesyen-dan-kuliner-penyumbang-terbesar-ekonomi-kreatif. Diakses pada 02/06/2024.

Sundari, U. Y., Panudju, A. A. T., Nugraha, A. W., & Purba, F. (2024). METODOLOGI PENELITIAN. Padang: CV. Gita Lentera.

Suryadi, A. (2020). TEKNOLOGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN JILID II. Sukabumi: CV. Jejak.

Syahputri Ispriadi, B. D., Putri, D. A., & Dewani, P. K. (2020). EKSISTENSI MEDIA CETAK PADA MASA PANDEMI COVID-19. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(2), 127–134.

Widiantoro, D., & Setiarini, Y. F. (2021). PRINSIP HARMONI BENTUK DALAM PERANCANGAN KARYA MAHASISWA DESAIN BUSANA AKS-AKK YOGYAKARTA. Jurnal Socia Akademika, 7(2), 89–98.