PENGARUH HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) OASIS DI JAKARTA BARAT

research
  • 14 Oct
  • 2024

PENGARUH HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) OASIS DI JAKARTA BARAT

Perubahan perilaku manusia semakin menimbulkan berbagai permasalahan praktis sehingga menjadi fenomena bagi dunia usaha yang menyebabkan banyak persaingan. Persaingan dalam dunia industri kemasan semakin meningkat sehingga industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terus berkembang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penjualan Oasis dan berdasarkan fenomena tersebut peneliti memutuskan untuk meneliti variabel harga dan brand image terhadap pembelian kosumen. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 100 responden dengan sampling accidental. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai Thitung (X1) 3.216 > Ttabel 1,984 dan nilai signifikan 0,002 < 0,05. secara parsial brand image berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai Thitung (X2) dengan nilai Thitung 6,579 > Ttabel 1,984 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. secara simultan variabel harga (X1) dan Brand Image (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung yaitu 61.312 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kontribusi variabel mempunyai nilai R square sebesar 55,8%. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga dan brand image berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Oasis.

Kata kunci :  Harga, brand image, keputusan pembelian.

Unduhan

 

REFERENSI