Persaingan yang pesat di era media digital menghadirkan banyak tantangan bagi perusahaan media. Meskipun media digital bukanlah industri yang paling menguntungkan, namun ini adalah salah satu industri yang paling menjanjikan. Pesatnya penyebaran informasi dan konten persuasif menjadi dasar daya tarik media dalam komunikasi massa. Tetapi, ada juga risiko penyebaran informasi yang salah dan konten yang tidak akurat serta menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap media. Namun, dalam lingkungan komunikasi digital yang kompetitif, mempertahankan dan meningkatkan jumlah pengguna menjadi tantangan yang semakin besar bagi perusahaan Kompas.com. Di sini, penting untuk memahami bagaimana elemen suatu merek, seperti citra dan auranya, memengaruhi persepsi pengguna Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tarik dari Brand Image dan Brand Aura Kompas.com terhadap tingkat persepsi pengguna Instagram. Metode yang digunakan adalah Kuantitatif dengan pendekatan paradigma post-positivisme sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu Non Probability Sampling jenis Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan Variabel brand image (X1) secara individual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel persepsi pengguna (Y). Variabel brand aura (X2) memiliki dampak signifikan secara individual terhadap variabel persepsi pengguna (Y). Variabel brand image (X1) dan brand aura (X2) secara bersama-sama (simultan) memiliki korelasi yang signifikan terhadap variabel persepsi pengguna (Y).
Cover_Skripsi
Full_Skripsi
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Ardiawan, masita ketut ngurah, & Sari, meilida eka. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. PT Rajagrafindo Persada (Vol. 3, Issue 2). https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28559/1/Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf
Adawiyah, S. (2022). Pengaruh Persepsi Tentang Kesesuaian Dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan BSI Mobile Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Tangerang Bintaro. Fakultas Agama Islam. Https://Repository.Umj.Ac.Id/13312/1/SKRIPSI_SEPTIANA ADAWIAH_PS.Pdf
Afza, H. F. (2023). Ppengaruh Kualitas Produk Persepsi Harga Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Ms Glow Di Kabupaten Tegal. Https://Repository.Uinsaizu.Ac.Id/2176 5/1/Hannah Fitriya Afza%2c Pengaruh Kualitas Produk%2c Persepsi Harga%2c Electronic Word Of Mouth %28e-Wom%29 Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Ms Glow Di Kabupaten Tegal.Pdf
Assidiq, M. Z., Isnaini, A.N., Aqila, Z.Q., Budhi, L. A. (2024). 17 Teori Komunikasi Massa Menurut Para Ahli. https://telkomuniversity.ac.id/17-teori-komunikasi-massa-menurut-para-ahli-mahasiswa-ilmu-komunikasi-wajib/ Diakses 29 Mei 2024.
Ayuwardani, R.P., & Isroah, I. (2018). Pengaruh Informasi Keuangam dan Non Keuangan Terhadap Undepricing Harga Saham Pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Nominal Barometer Riset Akutamsi dan Manajemen, 7(1), 143-158.
Azhar, P. N., & Widyastuti. (2017). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli Produk Fresh Care Melalui Brand Image. Jurnal Ilmu Manajemen |, 2(4), 1197–1207. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/10213
Cindy Mutia, (2023). Inilah Media yang Paling Dipercaya Warga Indonesia pada 2023, Ada Favoritmu?. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/15/inilah-media-yang-paling-dipercaya-warga-indonesia-pada-2023-ada-favoritmu Diakses 25 April 2024.
Cummins, R. G., & Hahn, D. (2022). Selective Exposure and Exemplification within Sports Highlights. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 66(1), 22–46. https://doi.org/10.1080/08838151.2021.2008938
Dairina, L. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam. 7(1), 118-134.
Databoks, (2023). Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia. Diakses 20 Mei 2024.
Desak, N., Santi, M., Diah, D., Ningsih, R., Putu, H., Aruna, A., Wayan, L. I., Pratama, A., Sendra, E., & Supriyadi, A. (2022). PSIKOLOGI KOMUNIKASI. In M. S. Mila Sari, S.ST & S. T. K. Rantika Maida Sahara (Eds.), Psikologi Komunikasi (1st Ed.). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. Www.Globaleksekutifteknologi.Co.Id
Dicky, H., Ilhamuddin, M., Dayani, R. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Wardah di Kota Matraman. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. https://doi.org/ 10.29303/jrp.v2i3.3279
Dr. Sandu Siyoto., M.Kes & M. Ali Sodik, M. . (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN (Ayup (ed.); Cetakan 1). Literasi Media Publishing.
Engelmann, I., Luebke, S. M., & Kessler, S. H. (2021). Effects of News Factors on Users’ News Attention and Selective Exposure on a News Aggregator Website. Journalism Studies, 22(6), 780–798. https://doi.org/10.1080/1461670X.2021.1889395
Ernawatiningsih, N.P.L. (2019). Analisis Determinan Minat Mahasiswa Akutansi Dalam Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 34-47.
Gap-yoen, J. (2020). The Influence of Vietnamese Consumers ’ Interest for Korean Wave on Korean. The Journal Of Education for Business, 34(Korea Commercial Education Association), 43–63. https://doi.org/10.34274/krabe.2020.34.1.003
Ghozali, (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP, Semarang.
Hidayat, C. N., & Setiawati, C. I. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bhinneka.com. Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 118. https://doi.org/10.30829/ajei.v7i1.10586
Hikmah, H., & Muslimah, M. (2021). Validitas dan Reliabilitas Tes dalam Menunjang Hasil Belajar PAI. In Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS).
Irwan., Jelita, P.S. (2022). Peranan Komunikasi Massa dalam Penyampaian Informasi pada Masyarakar Kampung Adoki Distrok Yendidori Kabupaten Biak. Ilmu Komunikasi, Politik & Sosiologi.
Jalaludin Rakhmat. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Karamang, E. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Pricing Policy Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Trust. Image : Jurnal Riset Manajemen, 7(1), 23–28. https://doi.org/10.17509/image.v7i1.23138
Knobloch-Westerwick, S. (2015). Choice and Preference in Media Use: Advances in Selective Exposure Theory and Research. New York: Routledge.
Kompas.com. (2024). https://inside.kompas.com/about-us Diakses 17 Mei 2024.
Kotler, Philip., & Armstrong Grey. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Nasrullah, R. (2012). Komunikasi Antar Budaya di Era Budaya Siber, Jakarta: Kencana.
Nevyra, vira indar. (2021). Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Communication. https://doi.org/10.57251/csm.v1i2.321
Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image dan Aktifitas Word of Mouth (WoM) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14-29.
Nuzulia, A. (2021). 5–24. https://repository.radenfatah.ac.id/7902/2/skripsi BAB II.pdf
Olivia, J., dan Nurfebiaraning, S. (2019). Pengaruh Video Advertising Tokopedia Versi “Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik” Terhadap Respon Afektif. Jurnal Lontar. 7(1), 16-24.
Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemperor. Bandung:CV. Alfabeta.
Quesenberry, K. A. (2021). Social Media Strategy: Marketing, Advertising, and Public Relations in The Consumer Revolution. Rowman & Littlefield.
Reza Pahlevi, (2022). Ini Media Online Paling Banyak Dikonsumsi Warga Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/16/ini-media-online-paling-banyak-dikonsumsi-warga-indonesia Diakses 25 April 2024.
Ridha, N. (2019). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah.
Saleh, A. A. (2018). PENGANTAR PSIKOLOG (Issue 1). Aksara Timur.
Sari, I. G. A. E. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pada Visa Agent Bali, Canggu. Jurnal Emas, 2(1), 51–70.
Soehadi, A, W., & Murdiyanto, D. (2014). The Power of Brand Aura. Jakarta: Prasetiya Mulya Business School.
Sugito, Sairun, A., Pratama, I., & Indah Azzahra. (2022). Media Sosial (Inovasi Pada Produk & Perkembangan Usaha) (Y. Anisa & A. Zuhalra (eds.)). Universitas Mefan Area Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, prof. dr. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In M. Dr.ir.sutopo.s.pd (Ed.), Analytical Biochemistry (edisi kedu, Vol. 11, Issue 1). CV. Alvabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi, S., & Surahman. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Mahasiswa Farmasi. Trans Info Media.
Tala, O., & Karamoy, H. (2017). Analisis Profitabilitas dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Accountability, 6(1), 57-64.
Vionalita, G. (2020). Bahan Ajar Mata Kuliah: Metodelogi Penelitian Kuantitatif (Hipotesis Penelitian). Univeristas Esa Unggul.
Wirania, S. (2016). Branding. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.