Pengaruh Iklan Brimo di Media Sosial Instagram Terhadap Pengguna Aplikasi Brimo Di Kalangan Nasabah BRI (Studi kasus pada warga Asrama Polri Cipinang Jakarta Timur)

research
  • 14 Oct
  • 2024

Pengaruh Iklan Brimo di Media Sosial Instagram Terhadap Pengguna Aplikasi Brimo Di Kalangan Nasabah BRI (Studi kasus pada warga Asrama Polri Cipinang Jakarta Timur)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan Brimo di Instagram terhadap penggunaan aplikasi Bank BRI oleh warga Asrama Polri Cipinang, Jakarta Timur. Dengan latar belakang perkembangan pesat media sosial sebagai platform pemasaran, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 81 responden dan dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Brimo di Instagram memiliki pengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 31.4% terhadap penggunaan aplikasi Bank BRI. Nilai t-hitung 6.698 lebih besar dari t-tabel 1.198, menunjukkan bahwa iklan Brimo berdampak positif pada peningkatan penggunaan aplikasi Bank BRI. Kesimpulannya, iklan Brimo di Instagram efektif dalam meningkatkan penggunaan aplikasi Bank BRI oleh warga Asrama Polri Cipinang.

Unduhan

 

REFERENSI

Agustine, A. R. (2023). Pengaruh Periklanan Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen E-Commerce. Marketgram Journal, 1(1), 31–38.

Arenggoasih, (2020). Pesan kementerian agama dalam moderasi melalui media sosial instagram. . Jurnal Jurnalisa, 6(1).

Chrisnatalia,  (2020). Komunikasi Digital Pada Pembelajaran Secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Bonanza: Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 56–65.

Indika, D. R. , & J. C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. . Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32.

Karunia, (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial: Studi Pada Teori Uses and Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 92–104.

Katz, (1974). Uses and gratification theory. Public Opinion Quarterly. 509–523.

Mandiri, A. , & M. E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Bri Mobile (Brimo). Account: Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 8(1).

Mulyadi, S. , & S. A. (2022). Kontribusi Instrumen Perbankan Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2005-2021. Jurnal Magister Ekonomi Syariah, 1(1), 17–29.

Nabilla, V. Z., Setiaman, A., & Sunarya, Y. D. R. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM@ JABARSABERHOAKS TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PUBLIK DALAM MEMVERIFIKASI BERITA HOAKS. . Musyawarah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 222–240.

Nwabueze, C. , & O. E. (2018). Rethinking the bullet theory in the digital age. International Journal of Media. Journalism and Mass Communications, 4(2), 1–10.

Oktiani, (2022). The Effect Promotion E-Commerce Toward Effectiveness Promotion By Using (AIDA) Methods. . Methods. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 6(1), 14–19.

Prof.Dr. Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (M. Dr.Ir.Sutopo.S.Pd, Ed.; Edisi Kedua, Vols. 978-602-289-533–6). Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Putri, (2023). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Panakkukang. YUME: Journal of Management, 6(1), 198–207.

Renggo, (2022). Populasi Dan Sampel Kuantitatif. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi. 43.

Sinaga, (2021). Penggunaan Fasilitas E-Banking Dalam Minat Nasabah Studi Kasus Pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Stabat. . Journal Economy And Currency Study (JECS), 3(2), 10–23.

Susilawaty, (2020). Susilawaty, L., & Nicola, N. (2020). Pengaruh layanan perbankan digital pada kepuasan nasabah perbankan. . Jurnal Manajemen Maranatha, 19(2), 179–190.

Sutrisno, (2020). Motif, Penggunaan, Sikap dan Tingkat Kepuasan terhadap Media@ Solodelicious (Studi Korelasi Tentang Motif, Penggunaan, dan Sikap dengan Tingkat Kepuasan Terhadap Instagram@ Solodelicious di Kalangan Followers).

Syahbani,  (2017). Food blogger instagram: Promotion through social media. . Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 46–68.

Syahputri, (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. . Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Yusnaidi, Y. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Pada PT. PT. Bank Aceh Melalui Pendekatan Teori AIDA. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 2(2).

Prof.Dr. Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (M. Dr.Ir.Sutopo.S.Pd, Ed.; Edisi Kedua, Vols. 978-602-289-533–6). Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).