Kopkarhutan merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang perkoperasian dan kesejahteraan anggota di lingkup KLHK. Dalam peran pentingnya untuk mewujudkan kesejahteraan anggota, Kopkarhutan mempunyai tantangan utama untuk mencapai kemajuan Koperasi yaitu rendahnya partisipasi anggota. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis strategi komunikasi persuasif Kopkarhutan dalam meningkatkan partisipasi anggota. Teori utama yang digunakan dalam penelitian adalah teori strategi komunikasi persuasif oleh Melvin DeFleur dan Sandra J.Ball-Roceach
(1989). Pendekatan menggunakan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa Kopkarhutan menggunakan strategi psikodinamika yang merupakan pendekatan secara emosional dengan aspek kognitif yang memperhatikan faktor psikologis dengan penyesuaian layanan dan program di unit usaha serta meningkatkan pengetahuan anggota. Strategi Sosiokultural melalui lingkungan dengan ikut serta berpartisipasi dalam acara KLHK melalui Unit Usaha, mendukung misi KLHK dalam bidang sosial dan meningkatkan peran pembina Kopkarhutan dalam setiap kegiatan. The Meaning Construction Strategy diimplementasikan melalui program diklat anggota baru kopkarhutan dan sosialisasi petugas pemungut Kopkarhutan.
Full Text
Buku:
Febrianto, D., Evendia, M., & Putri, R. W. (2022). Hukum Koperasi dan UMKM Pasca UU Cipta Kerja. Pusaka Media.
http://repository.lppm.unila.ac.id/48037/1/Hk. Koperasi dan UMKM.pdf
Hendri, E. (2019). Komunikasi Persuasif (A. Holid (ed.)). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kopkarhutan. (2024). Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus dan Pengawas Kopkarhutan Tahun Buku 2023.
Masruuroh, L. (2020). Komunikasi Persuasif dalam Dakwah Konteks Indonesia.Surabaya : Scopindo Media Pustaka.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.)). Bandung : CV Harfa Creative.
Soemirat, S., & Suryana, A. (2016). Komunikasi Persuasif. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.ALFABETA. Suryana, A. (2019). Komunikasi Persuasif. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P.,
Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani,
T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian.
83 Pangkalpinang : CV Science Techno Direct Perum Korpri.
Widodo, Z. D., Purwaningrum, J. P., Purbasari, I., Rini, G. P., Putra, A. R., Uran, B.
E. K., Mulyani, Soegoto, A. S., Nugroho, L., Nurzianti, R., Nugroho, H., Sudirman, A., Santosa, S., Novianti, R., Pattiapon, M. L., Pinem, D., & Ridwan, N. H. (2022). Manajemen Koperasi dan UMKM (D. E. Putri & E. P. Sari (eds.)). Widina Bhakti Persada Bandung.
Yuvanda, S., & Rachmad. (2021). Koperasi Ekonomi (S. Hidayat (ed.)). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.
Zuwirna. (2020). Dasar - dasar Komunikasi. Jakarta : KENCANA.
Jurnal:
Arif, U. (2023). Strategi Komunikasi PT. Buana Superindo Nusantara dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Harahap, S. M., Rizki, J. W. S., & Siregar, E. Z. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi. In Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies: Vol. Volume 2 (Issue 1). Jakarta : PRENADA.
Harini, S., & Septiansyah, A. (2019). Pengaruh Motivasi Anggota, Manajemen Keanggotaan, Dan Partisipasi Anggota Terhadap Keberhasilan Usaha Koperasi Wanita Di Kabupaten Subang. Jurnal Visionida, 5(1), 17–31.
https://doi.org/10.30997/jvs.v5i1.1803
Nadhirah, C. A. (2020). Strategi Komunikasi Persuasif Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (MAPESA) Dalam Mempertahankan Sejarah Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Nurmansyah, N. I. (2023). Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Setu Sore Selo Dalam Membentuk Loyalitas Relawan. S1 - Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar Magelang.
Putri, F. S. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Gusdurian Tangerang Dalam Mengimplementasikan Toleransi Agama di Wilayah Tangerang Raya [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta].
Ramadan, P. (2019). Strategi Komunikasi Persuasif Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Jalan AKBP H. Umar Lr. Samudra Pasai Rt.13 Rw.01 Kel. Ario Kemuning [Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang].
Sholihah, M. (2020). Strategi Komunikasi dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Usaha Jasa Pangkas Rambut Cak Tris di Pasar Senggol Lumajang. S-1 Institut Agama Islam Negeri Jember, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Wijaya, A., & Kurniawan, E. (2022). Ekonomi Koperasi. In Madza Media (Issue 1).
URL :
Republik Indonesia. (1992). Undang-Undang RI No. 25 Tahun 1992 Tentang
Perkoperasian Indonesia.
https://www.peraturan.bpk.go.id
diakses pada tanggal 14 April 2024