Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas kerja dan pelayanan
administrasi terhadap kepuasan pelanggan PT. Kumala Cemerlang Abadi – Brand
Wuling. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode inferensial. Populasi penelitian
ini adalah pelangan PT. Kumala Cemerlang Abadi – Brand Wuling. Sampel penelitian
ini berjumlah 80 reponden diambil mengunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan
0,05 terhadap populasi pada bulan Maret 2024. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data kuesioner tertutup. Data yang didapatkan dilakukan analisis uji
asumsi klasik dan uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda. Seluruh
pengujian dan analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 27. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan antara
efektivitas kerja dan pelayanan administrasi secara bersama-sama (simultan)
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT. Kumala Cemerlang Abadi
Brand-Wuling. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji T efektivitas kerja bernilai 0,726.
Sedangkan nilai uji T pelayanan administrative bernilai 2.189. Kedua variable
memberikan pengaruh positif dan signifikan berdasarkan nilai koefisien determinasi
(R square) 0.800. Dimana efektivitas kerja dan pelayanan admistrative memberikan
pengaruh sebesar 80% terhadap kepuasan pelanggan PT. Kumala Cemerlang Abadi
Brand-Wuling sedangkan 20 sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi
fokus pada penelitian ini
Skripsi
Jurnal
Hasil Turnitin
Bukti Submit Jurnal
D.Z a Hasibuan1 & TIF Rahma ( 2017). Efektivitas Kinerja Pegawai pada Sekretariat
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Lawas
Utara Provinsi Sumatera Utara Dona Zahra Hasibuan1
, Tri Inda Fadhila Rahma
2
, Atika3 Pendahuluan Pegawai merupakan sumber daya yang sangat penting
karena Pegawai merupakan salah satu unsur apara.
L. Rudi & Siagian. (2022). Analisa pengaruh penempatan pegawai terhadap efektivitas
kinerja pegawai pada sekretariat daerah kabupaten toba samosir L. Rudi1
, H.
Siagian2 . Vol 11 No 1 (2022)
Alif Ramadhani & Nurbaiti (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja
Karyawan Bagian Kas Daerah di Badan Pengelola Keungangan dan Aset
Daerah (BPKAD) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Mohd Haiqal Alif
Ramadhani1
, Nurbaiti2
. Pendahuluan Masa reformasi dicap dengan
pergantian pemerintahan dari masa orde baru ke jaman reformasi pada tahun
1998. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol.1, No.4 November
2022
Sedarmayanti ( 2019), Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, (Bandung: CV
Bandar Maju, 2019). hal. 60
Suyadi prawirosentono (2018), Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja
Karyawan, (Yogyakarta: BPFE, 2018).hal. 27
Heryanto Monoarfa. (2012). “efektivitas dan efesiensi penyelenggra pelayanna
public”, jurnal pelangi ilmu, Vol 5, No 1.
Koko mulyanto (2017), Analsiis Pelayanan Adminsitrasi Kependudukan Di Dinas
Kependuudkan Dna Pencatatn Sipil Di Kabupaten Dairi, jurnal administrasi
public, Vol 7, No 1.
Hasibuan, Maluyu., Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Refisi, hal. 94
Surya Dharma, MPA (2021), Manajemen Kinerja, Falsafah Teori dan Penerapannya.
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar ,2021). hal. 27
Nurjaya. (2021). Motivasi Kerja Dan Kompensasi Non Finansial Berpengaruh
Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT
Tanjung Karang, Bandar http://repo.darmajaya.ac.id/9793/8/8.bab%202
Putri. (2020). Motivasi Kerja Dan Kompensasi Non Finansial Berpengaruh Terhadap
Kinerja Karyawan pada PT. PLN (Persero) UIP3B Sumatera UPT Tanjung
Karang, Bandar http://repo.darmajaya.ac.id/9793/8/8.bab%202
Wibowo. (2017). Tujuan Kinerja citra merek keputusan konsumen untuk membeli
tanggung jawab sosial perusahaan harga http://portaluqb.ac.id:808/470/4/
Adhari. (2020). Faktor Kinerja citra merek keputusan konsumen untuk membeli
tanggung jawab sosial perusahaan harga http://portaluqb.ac.id:808/470/4/
Ali & Saputra. (2020). Pengaruh Efektifitas Kerja dan Kualitas Pelayanan Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Tulang
Bawang
Caruana. (2020). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta : Gava Media
Oliver dan De Sabo. (2019). Pelayanan Administrasi
http://repo.darmajaya.ac.id/2586/5/
Selvy. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Notaris Dengan Metode Servqual
(Studi Kasus Di Kantor Notaris MT Cibitung). TEKNIK INDUSTRI, 12-14.
http:// repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2691
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
PT Alfabet
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Gramedia.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.