Yayasan Pendidikan Islam At-Tadzkir Nur Ghazali merupakan lembaga penyelenggara pendidikan islam yang legalitasnya terdaftar dalam MENKUMHAM No. AHU-0016685.AH.01.04. Tahun 2020, penyelenggaraan pendidikan yang dinaungi meliputi TPQ, PAUDQU, MDTA, Ponpes At-Tadzkir Nur Ghazali, dan SMP serta SMK. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra yayasan terhadap kepuasan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan kuesioner. Populasi yang digunakan 63 siswa dan dalam melakukan penarikan sampel menggunakan sampel total. Selanjutnya, data diuji validitas dan reliabilitas serta dilakukan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji persamaan regresi linier berganda dengan hasil Y = -3,140 + 0,040 + 0,764 yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan citra yayasan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan siswa. namun, secara parsial kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa dan citra yayasan berpengaruh terhadap kepuasan siswa.
428-Article Text-1753-1-2-20240718_ Anisa Fathi Arsi
Submission Jurnal Manajemen dan Bisnis_64231464_Anisa Fathi Arsi
Skripsi_64231464_Anisa Fathi Arsi
Hasil Turnitin_64231464_Anisa Fathi Arsi
Ahmad Fauzi, Baiatun Nisa, Darmawan Napitupulu, Fitri Abdillah, A A Gde Satia Utama, Candra Zonyfar, Rini Nuraini, Dini Silvi Purnia, Irma Setyawati, Tiolina Evi, Silvester Dian Handy Permana, M. S. S. (2022). Metodologi Penelitian (Pertama). Cv. Pena Persada.
Amruddin. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (F. Sukmawati (Ed.); Cetakan 1). Cv. Pradina Pustaka. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif/B5t1eaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Annisa, M., Alwie, A. F., & Pailis, E. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Siswa Dan Loyalitas Siswa Pada Lembaga Toefl Indonesia (Lti) Pekanbaru. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(3), 268–279. Https://Doi.Org/10.35145/Procuratio.V10i3.1662
Ansori, M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2 (2nd Ed.). Airlangga University Press. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif_Edisi_2/Rkbjdwaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Atmojo, A. S. S., Yanti, F. A., & Dabur, F. (2023). Pelayanan Terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru Sd Yos Sudarso 1 Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(2), 301–311.
Azzahra, A., & Mh Nainggolan, B. (2022). Pengaruh Media Sosial, E-Wom, Citra Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di R Hotel Rancamaya. Sinomika Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 481–496. Https://Doi.Org/10.54443/Sinomika.V1i3.288
Bago, R., Sutardjo, A., & Anggraini, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Els Coffe Di Padang. Jurnal Matua, 4(2), 215–226. Https://Ejurnal-Unespadang.Ac.Id/Index.Php/Mj/Article/View/571
Baru, B. M. (2017). Mewujudkan Pelayanan Publik Berbasis Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) (D. Sujatmoko, Haytamy (Ed.); 1st Ed.). Pustaka Pelajar.
Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233. Https://Doi.Org/10.25134/Equi.V19i02.4531
Djaali. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif (B. S. Fatmawati (Ed.)). Bumi Aksara. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif/Wy8feaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan Spss (Terbitan 1). Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif/A6frdwaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Fandy Tjiptono, A. D. (2022). Manajemen Dan Strategi Kepuasan Pelanggan (A. Diana (Ed.); Cetakan 1). Andi. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Manajemen_Dan_Strategi_Kepuasan_Pelangga/_H6reaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Firdaus. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Analisis Regresi Ibm Spss Statistics Version 26.0 (F. Ravida (Ed.); Cetakan 1). Cv. Dotplus Publisher. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif_Dileng/Lj8heaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Hanny, H., & Krisyana, K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kafe Di Kota Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 1115–1129. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V5i1.703
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Indikator, Dan Implementasinya) (Turi (Ed.); Edisi Revi). Gava Media.
Idrus, S. Al. (2019). Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian (1st Ed.). Media Nusa Creative (Mnc Publishing). Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Kualitas_Pelayanan_Dan_Keputusan_Pembeli/Mwdmeaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Imam Heryanto, T. T. (2018). Path Analysis Menggunakan Spss Dan Excel (Two In One-All Version) Panduan Pengolahan Data Penelitian Untuk Skripsi/Tesis. Informatika Bandung.
Iriawan, H. (2021). Manajemen Merek & Kepuasan Pelanggan (Dahlan (Ed.); 1st Ed.). Nem. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Manajemen_Merek_Kepuasan_Pelabnggan/Ydqxeaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0&Kptabvoverview
Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72–78. Https://Doi.Org/10.32528/Jmbi.V6i1.3536
Lodewijk, D. P. Y. (2023). Harmonisasi Karakteristik Pemimpin Dan Kinerja Pegawai Dalam Organisasi (T. Azhari (Ed.); 1st Ed.). Deepublish Digital.
Maulana. (2016). Statistika Dalam Penelitian Pendidikan : Konsep Dasar Dan Kajian Praktis (R. Irawati & Fauzan (Eds.); Cetakan Pe). Upi Sumedang Press. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Statistika_Dalam_Penelitian_Pendidikan_K/Nbtmdwaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval Pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal Of Mathematics, 1(1), 43–53. Https://Doi.Org/10.34312/Jjom.V1i1.1742
Prihastuti, E. S. (2017). Kualitas Layanan Dan Kepuasan Konsumen (S. Daud (Ed.); 1st Ed.). Pusaka Media.
Ronaldo, R. (2021). Produk Asuransi : Antara Minat Beli Dan Citra Perusahaan, Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli Produk Asuransi Melalui Costumer Trust, Costumer Identification, Dan Costumer Commitment (D. F. R. Dhahita (Ed.); 1st Ed.). Cv. Amerta Media.
Rumahorbo, T. R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Siswa Di Sma Rk Serdang Murni Lubuk Pakam. Universitas Hkbp Nommensen, 2504, 1–9. Https://Repository.Uhn.Ac.Id/Handle/123456789/9858
Sangudi, Pribadiyono, K. (2021). Menguji Strategi Korporat Studi Kasus Resource Based View Theory Perum Perhutani Bumn (K. Satoto (Ed.); Cetakan 1). Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Menguji_Strategi_Korporat/Ebxweaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (Ed.); Cetakan 1). Alfabeta Cv.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Sutopo (Ed.); 2nd Ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pariwisata (Kuantitatif, Kuanlitatif, Kombinasi, R&D) (N. Yuniati (Ed.); 1st Ed.). Alfabeta, Cv.
Sulhak, S., Firdaus, M., & Hp, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Siswa Pada Smk Pgri 1 Giri Banyuwangi. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 23–35. Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V3i2.186
Sulistyowati. (2019). Energi Bakar Semangat Untuk Meningkatkan Citra Sekolah (A. Perlambang (Ed.); 1st Ed.). Smartmedia Utama Yogyakarta.
Sunyoto, D. (2017). Kesehatan, Uji Validitas Dan Reliabilitas Dilengkapi Analisis Data Dalam Penelitian Kesehatan (Cetakan Ii). Nuha Medika.
Syanjari, T., & Argo, J. G. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Merek, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Cinere). Ikraith-Ekonomika, 7(1), 188–199. Https://Doi.Org/10.37817/Ikraith-Ekonomika.V7i1.3303
Thoifah, I. (2015). Statistika Pendidikan Dan Metode Penelitian Kuantitatif (1st Ed.). Madani.
Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (K. Sihotang (Ed.); 1st Ed.). Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif/Deugdwaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Untung Rahardja, Sudaryono, M. H. R. C. (2023). Statistik Deskriptif Teori. Rumus. Kasus Untuk Penelitian (Y. Qurotul Aini, Dewi Khairani (Ed.); 2nd Ed.). Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika Dan Komputer (Aptikom). Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Statistik_Deskriptif_Teori_Rumus_Kasus_U/Vf_Ueaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa Desain Servequal, Qfd, Dan Kano, Edisi Kedua (B. Sarwiji (Ed.); 2nd Ed.). Indeks Jakarta.
Yadnya, I. G. A. O. (2020). Peran Strategis Pengawas Sekolah Menjawab Globalisasi Pendidikan (I. G. A. O. Yadnya (Ed.); 1st Ed.). Guepedia. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Peran_Strategis_Pengawas_Sekolah_Menjawa/Klvkeaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Yolanda, A. (2021). Peranan Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Citra Perusahaan (D. N. Sari, Ruri Aditya (Ed.); 1st Ed.). Cattleya Darmaya Fortuna. Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Peranan_Hubungan_Masyarakat_Dalam_Memban/6pjueaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0
Yunita, Y., & Ahmadi, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Sekolah Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Economics And Business Ubs, 12(5), 2873–2884. Https://Doi.Org/10.52644/Joeb.V12i5.511
Yuslih, D. F., Martono, T., & Nugroho, J. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa Di Sma Negeri 1 Jatisrono. Bise : J Urnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 7(1), 1–10.
Zusmawati, Magdalena, M., Fernos, J., & Ramadhani, S. A. (2023). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menabung. Economics And Digital Business Review, 4(1), 478.