Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Fenomena mengenai Anies Bubble yang terjadi pada media sosial X.Fenomena ini diawali dengan sebuah kampanye Pilpres nomor urut 01 Anies Baswedan yang dikemas seperti seorang Idol K-pop yang digagas dari seorang Fans K-pop untuk turut menyemarakkan kampanye Pilpres 2024 menggunakan X, terjadi secara spontan tanpa campur tangan dari tim sukses Anies. Implementasi yang
dilakukan fans K-pop dalam kampanye ini adalah dengan munculnya videotron. Fenomenologi Menurut Edgar dan Sedgwick menuturkan bahwa fenomenologi berupaya
untuk mengutarakan makna dari sebuah peristiwa. Makna terhadap sesuatu yang terjadi
pada seseorang akan mempengaruhi bagaimana orang tersebut berkaitan dengan
fenomena yang terjadi.Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
berdasarkan Abdussamar, penelitian tipe fenomenologi ini mendeskripsikan atau
mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran
yang terjadi pada beberapa individu, dimana metode tersebut dalam penelitian ini untuk
mencari makna dari Gerakan Fans K-pop Dalam Melakukan Kampanye Anies Bubble
menggunakan model analisis Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Fans K-
pop berhasil melaksanakan kampanye dengan cara menggunakan media sosial sebagai
media kampanye termasuk videotron dengan bertemakan kampanye ini berhasil menarik
minat generasi muda dan meningkatkan partisipasi mereka dalam politik.
44200835_Tyas Mutia Hapsari_ skripsi
Alam, S. (2021). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Politik.
https://twitter.com/PSI_Jakarta
Anggraini, D. A. (2022). MANAJEMEN EVENT VIRTUAL SUPER SELLER DALAM
MEMPERTAHANKAN BRAND IMAGE J&T EXPRESS SELAMA PANDEMI
COVID-19. Ilmu Komunikasi, 8–9. http://repository.umj.ac.id/id/eprint/13576
Azelia, B., Yuliawan, P., & Subakti, G. E. (2022). PENGARUH FENOMENA KOREAN
WAVE (K-POP DAN K-DRAMA) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF
PENGGEMARNYA PERSPEKTIF ISLAM. 18(01), 1829–6491.
https://doi.org/10.20414/jpk.v18i1.5195
Clara Sari, A. (2018). KOMUNIKASI DAN MEDIA SOSIAL.
https://www.researchgate.net/publication/329998890
El Farabi, Q. N. S. (2020). Motivasi Penggemar K-Pop sebagai Citizen Author Menulis Fan
Fiction. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 34–52.
https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v12i1.1267
Fahruji, D., Fahrudin, A., Kecamatan Pabuaran, P., & Majalengka, U. (n.d.). Pemanfaatan
Media Sosial dalam Kampanye Politik Menjelang Pemilu 2024: Studi Kasus tentang
Akun Media Sosial Partai Politik dan Politisi. In Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) |
(Vol. 6, Issue 2). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jika
Hardani MSi, A., Ustiawaty, J., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Metode Penelitian
Kualitatif & Kuantitatif. https://www.researchgate.net/publication/340021548
IGRECIA, M. A. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI BANK SAMPAH KITIRAN
DALAMKAMPANYEKAN GERAKAN MENABUNG SAMPAH DI KAMPUNG
YOSOROTO KOTA SOLO. 26–27. http://repository.unika.ac.id/27152/4/17.M1.0001-
MARIA%20ANNETTE%20IGRECIA-BAB%20III_a.pdf
Kustiawan, W., Maisaro, N., Nst, B., & Al-Ghazali, R. (2022). Komunikasi Politik Era
Modern. file:///C:/Users/yudha%20al%20paksi/Downloads/3801-Article%20Text-6528-
1-10-20220711.pdf
Maharddhika Adinda. (2022). KOMUNIKASI IMPERSONAL ANTARA IDOL DAN FANS
(Dinamika Proses Komunikasi Pada Aplikasi LYSN SM Entertainment).
Mardiana, L., & Fa’zia Zi’ni, A. (2020). PENGUNGKAPAN DIRI PENGGUNA AKUN
AUTOBASE TWITTER @SUBTANYARL.
Nurwahidah. (2022). Fenomenologi Koreaan Wave Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau
(UIR).
Prihartini, D., & Damastuti, R. (2022). Pengaruh e-WOM terhadap Minat Beli Skincare
Lokal pada Followers Twitter @ohmybeautybank. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 4,
Issue 1).
Puspadewi, A. N., & Yunarti, S. (n.d.). Peran K-Pop Dalam Meningkatkan Kualitas
Kehidupan Sosial Remaja (Study Fenomenologi Pada Remaja Penggemar K-pop di
Jakarta). https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v8i2
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI
MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). In Jurnal Common
| (Vol. 3).
Rahmania Mustaqlillah, Okky Widyaningtyas, & Tri Wantoro. (2023). Efektivitas
Penggunaan Twitter Sebagai Sarana Peningkatan Berpikir Kritis Mahasiswa Ilmu
Komunikasi. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 18–28.
https://doi.org/10.54259/mukasi.v2i1.1346
Rosdiani, K., & Putri, K. Y. S. (2021). PERSEPSI PEMILIH PEMULA TERHADAP
KAMPANYE POLITIK PEREMPUAN MELALUI INSTAGRAM (Studi Deskriptif :
Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNJ Terhadap Kampanye Politik
Krisdayanti Melalui Instagram). Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1).
Ruliana, P., & Puji Lestari. (2019). Teori Komunikasi (Edisi 1 Cetakan 2). PT RajaGrafindo
Persada, Depok.
Rusdiansyah, & Fajarina. (2022). PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR KPOP
(STUDI FENOMENOLOGI TENTANG PERILAKU KOMUNIKASI PENGGEMAR
KPOP SEBAGAI AUDIENS VIDEO MUSIK GIRLBAND BLACKPINK DI
KOMUNITAS BLINKEU). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19, 65–65.
file:///C:/Users/yudha%20al%20paksi/Downloads/466-919-1-PB.pdf
Satyanandani, K. A., Palupi, M. F. T., & Romadhan, M. I. (2023). Citra Diri Virtual pada
Pengguna Instagram (Studi Dramaturgi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag
Surabaya). Representamen, 9(01), 87–97.
https://doi.org/10.30996/representamen.v9i01.7446
Saumantri, T., Abdu Zikrillah, dan, Sejarah dan Kebudayaan Islam, J., Komunikasi dan
Penyiaran Islam, J., & Syekh Nurjati Cirebon, I. (2020). TEORI SIMULACRA JEAN
BAUDRILLARD DALAM DUNIA KOMUNIKASI MEDIA MASSA JEAN
BAUDRILLARD’S SIMULACRA THEORY IN THE COMMUNICATION WORLD
OF MASS MEDIA. In Jurnal Dakwah dan Komunikasi | (Vol. 11, Issue 2).
https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/orasi/article/view/7177/3563
Wulan Dhani, F. (2019). Fitria Wulan Dhani MetaCommunication; Journal Of
Communication Studies KOMUNIKASI POLITIK BERBASIS POLITIK IDENTITAS
DALAM KAMPANYE PILKADA. MetaCommunication; Journal Of Communication
Studies, 4(1).