Industri konstruksi menghadapi persaingan ketat, risiko tinggi, dan keuntungan rendah. Kemudahan masuk dengan modal kecil meningkatkan jumlah pesaing, mengakibatkan tingkat kegagalan bisnis yang tinggi. PT. Bina Sarana Putrajaya memerlukan strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk bertahan dan bersaing di industri ini. Strategi yang digunakan adalah konsep bauran komunikasi pemasaran (marketing mix) menurut Kotler dan Keller. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Bina Sarana Putrajaya guna mempertahankan loyalitas pelanggan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bina Sarana Putrajaya menerapkan tiga strategi komunikasi pemasaran dalam konsep bauran komunikasi pemasaran, yakni Word of Mouth, Sales Promotion, dan Public Relations. Ketiga strategi tersebut berhasil mendorong kesadaran merek dan loyalitas pelanggan di tengah persaingan yang ketat di industri konstruksi.
Skripsi Full_Strategi Komunikasi Pemasaran PT Bina Sarana Putrajaya Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelangga
Ali, H., & Widodo, A. (2022). DETERMINASI KOMUNIKASI PEMASARAN : ANALISIS IKLAN , PERSONAL SELLING DAN PUBLIC RELATION. 3(2), 796–804.
Anggraeni, D., Tasha, V. G., & Ahmad, R. (2023). Implementasi Komunikasi Pemasaran PT. DSP dalam Mempertahankan Konsumen. Warta ISKI, 6(1), 48–57. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i1.212
Anton Nugroho, & Muinah Fadhilah. (2023). Customer-Centric Strategy Dalam Menghadapi Persaingan Perusahaan Jasa Konstruksi. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), 316–325. https://doi.org/10.55826/tmit.v2i4.296
Belinda, A., & Loisa, R. (n.d.). Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Awareness ( Studi Kasus Partipost ). 9–16.
Darmawan, W., & Caropeboka, R. M. (2023). [JURNAL INTERNASIONAL 5] Analysis of the Implementation of Marketing Communication Management MyValue Application Building Customer Relations Hotel Santika Radial Palembang.pdf. 3(3), 244–249.
Dewa, R. P., & Tranggono, D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pit-Stop Kopi KIG Gresik dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Nomosleca, 8(1), 30–45. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i1.6569
Ekonomi, J., Sosial, B. D. A. N., Pramesti, Y., Tulhanifah, I., Administrasi, F. I., Ilmu, I., & Stiami, M. (2021). 30-Article Text-150-1-10-20210601. 1(3), 210–218.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Farahdiba, D. (2020). Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.7992
Hariyati, F., & Sovianti, R. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Customer Loyalty pada Hotel Salak Bogor, Indonesia. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2), 52–66. https://doi.org/10.35814/coverage.v11i2.2019
Hendra, M. D., Muhammad Arif, & M. Hadi. (2022). Efektifitas Word of Mouth (Wom) Dalam Komunikasi Pemasaran Rotte Bakery Pekanbaru. Medium, 9(2), 119–135. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).7907
Jauhari, M. (2021). Membangun Kepercayaan Publik Melalui Media Siber.
Johari, G. J., & Soekiman, A. (2019). Kecil Pada Industri Konstr uksi Di Jawa Barat. Jurnal Sains dan Teknologi ISTP, 11(02), 126–136.
Lestari, A. D., Erawat, D., Komunikasi, I., Swadaya, U., & Jati, G. (2019). PROSES WORD OF MOUTH COMMUNICATIONS SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI. 7(2), 224–239.
Nurapriyanti, T., Priono, J., & Pratama, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Klinik Kecantikan Stephanie Skin and Body Care dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan di Sepatan Tangerang. Eksplorasi Nuansa Akademik dan Riset Aplikatif dalam Budaya, Sastra dan Komunikasi (E-Narasi), 1(1), 7–17. https://doi.org/10.32877/narasi.v1i1.1079
Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707
Santosa, S., & Luthfiyyah, P. P. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan di Gamefield Hongkong Limited. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 10(1), 1–7.
Saraswati, A., & Prihadini, D. (2020). Analisis Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Loyalitas Customer Sofyan Hotel ( Studi Deskriptif Pada Sofyan Hotel Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat ). 4(2), 54–60.
Sri Annisa, I., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6469–6477. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AAnalisis
Stephensius, A., & Winduwati, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Catering Zella dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Selama COVID-19. Prologia, 6(1), 17. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10255
Stocks, N. (2016). Metode Penelitian Kualitatif.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 38–56. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3003
Wicaksono, D. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Suatu Kajian Teoritis). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 504–509.
Wijayani, Q. N. (2022). Aplikasi Model Komunikasi Berlo dalam Komunikasi Pemasaran PT. Lion Wings Indonesia. Jurnal Komunikasi, 16(1), 101–120.
Timpangnya Sektor Jasa Konstruksi Kontraktor Kecil Cuma Kebagian Receh | Sindownews.com Diakses Mei 2024, (2020) , dari (https://ekbis.sindonews.com/read/171350/34/timpangnya-sektor-jasa-konstruksi-kontraktor-kecil-cuma-kebagian-receh-1600668552)