Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Customer Experience di PT. Eran Plastindo Utama Bogor

research
  • 12 Oct
  • 2024

Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Customer Experience di PT. Eran Plastindo Utama Bogor

Mustafa Abdurraziq (64201594), Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Customer Experience di PT. Eran Plastindo Utama Bogor

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Customer Experience di PT. Eran Plastindo Utama, Bogor. Perusahaan ini bergerak di bidang produksi dan distribusi produk plastik, di mana kualitas layanan dan produk merupakan faktor penting dalam menjaga kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh pelanggan PT. Eran Plastindo Utama,  dan sampel sebanyak 40 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai thitung untuk variabel kualitas layanan sebesar 6,099 > ttabel sebesar 2,026 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sementara itu, nilai thitung untuk variabel kualitas produk sebesar -0,108 < ttabel sebesar 2,026 dengan tingkat signifikansi 0,914 > 0,05, menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan, nilai Fhitung sebesar 15,462 > Ftabel sebesar 3,23 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan

 

Unduhan

 

  • 64201594_Mustafa.pdf

    64201594_Skripsi Mustafa

    •   diunduh 32x | Ukuran 2,732,949

REFERENSI

Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73

Arianto, N., Sabta, D., & Difa, A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT NIRWANA GEMILANG PROPERTY. In Jurnal Disrupsi Bisnis (Vol. 3, Issue 2).

Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Analisis Pengaruh  Experiential Marketing terhadap Loyalitas  Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel  Intervening : Studi Kasus pada Gojek di Surabaya. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2). https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i2.5290

Doni Irawan, Gatot Kusjono, & Suprianto. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Kecamatan Serpong. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 1(3), 176–185.

Fahriani, N. S., & Febriyanti, I. R. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan di Apotek Bunda Cikembar. OPTIMAL : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3).

Hadi, P., & Nastiti, H. (2021a). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME (Vol. 2).

Hadi, P., & Nastiti, H. (2021b). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME (Vol. 2).

Hardani, S. Pd. , M. Si. , dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72–78.

Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN: HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. 3(2). www.investor.iddi

Nur Fadilah Amin, Sabaruddin Garancang, & Kamaluddin Abunawas. (2023). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer , 14(1), 15–31.

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 1). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rio Sasongko, S., & Penulis, K. (2021). FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(1). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1

Sari, R. R., Marnisah, L., & Zamzam, F. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN CITRA BANK TERHADAP KEPUASAN NASABAH ERA COVID 19 (STUDI KASUS DI PT. BANK MANDIRI KANTOR CABANG PALEMBANG). Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPro, 2. https://doi.org/10.35908/ijmpro

Setianingsih, ni, & Susanti. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT “S.” Jurnal Menara Medika.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trilaksono, A. I., & Prabowo, B. (2023). Analisis Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus pada Gojek di Surabaya. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5, 101. https://doi.org/10.47476/reslaj.v5i1.1262

Wahyono, T., & Rafinita Aditia, ) ; (2022). Unsur-Unsur Komunikasi Pelayanan Publik (Sebuah Tinjauan Literatur). Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(4), 489–494.

Widhi Kurniawan, A., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode penelitian kuantitatif (1st ed.). Pandiva Buku.

Yumna Zalia, M., Junita, A., & Meutia, T. (2023). Penelitian Jurnal Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Indonesia Yang Diterbitkan Di Google Scholar Periode 2021-2022; Desain Riset Dan Analisis Data. 1(1).