USULAN PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. ALESHA BERKAH UTAMA

research
  • 12 Oct
  • 2024

USULAN PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. ALESHA BERKAH UTAMA

Pengukuran kinerja adalah pengawasan berkelanjutan terhadap pencapaian suatu program di PT Alesha Berkah Utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan usulan pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Metode ini dirancang untuk memungkinkan perusahaan mereview secara menyeluruh parameter yang perlu diperbaiki atau disempurnakan. Sebuah strategi manajemen kinerja yang dikenal sebagai Balanced Scorecard menggunakan sistem pengukuran yang dibagi menjadi empat perspektif: keuangan bertujuan meningkatkan pendapatan dengan target 20% dan mengurangi efisiensi biaya waktu pengiriman dengan target 5%, perspektif pelanggan bertujuan market share dengan target 15% dan meningkatkan kepuasan pelanggan menjadi 10%, perspektif proses bisnis internal bertujuan mempercepat waktu pengiriman sebesar 15% dan meningkatkan absensi karyawan sebesar 10%, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan bertujuan mengurangi tingkat turnover karyawan sebesar 10% dan meningkatkan engagement level karyawan sebesar 15%. Metode ini membantu dalam mengukur dan mengelola kinerja perusahaan secara lebih menyeluruh. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data melalui berbagai metode, termasuk survei kepada pelanggan dan karyawan untuk memahami persepsi dan kepuasan mereka terhadap kinerja perusahaan. Selain itu, wawancara dilakukan dengan atasan perusahaan untuk mendapatkan wawasan tentang tantangan yang dihadapi dalam pengukuran kinerja saat ini. Peneliti juga mengadakan forum saran dan masukan dari karyawan untuk mengumpulkan ide-ide dan rekomendasi yang dapat digunakan dalam pengembangan perusahaan dari hasil data yang didapat, dapat disimpulkan hal yang paling disukai dari PT Alesha Berkah utama adalah lingkungan kerja yang baik dan feedback perusahaan yang baik, hal yang dapat ditingkatkan adalah disiplin dan management waktu, adanya dana lemburan. Hasil penelitian ini untuk mengenalkan metode Balanced Scorecard untuk meningkatkan kualitas perusahaan.

Unduhan

  • Jurnal_64200871_Anisa Nur Syifa.pdf

    Jurnal_Anisa Nur Syifa_Usulan Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard Pada PT. Alesha Berkah Utama

    •   diunduh 25x | Ukuran 720 KB

 

REFERENSI

Eka Putra, A. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja
Perangkat Desa. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 24. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.314
Harahap, I., & Dobson, D. (2022). Analisa Kinerja Keuangan Koperasi Dengan
Pendekatan Laporan Keuangan Pada Koperasi Budi Luhur Di Ngaglik. Jurnal Dimensi. Jilid 9. Terbitan 1. Halaman 135-162. Jesya, 5(2), 2261–2273. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.766
Kairupan, D. (2021). Kinerja Karyawan (Tinjauan Teori Dan Praktis). In News.Ge (Issue July). Kuspriyono, T. (2020). Strategi Pemasaran Komunitas Pedagang Berbasis Online
Dan Personalisasi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 99–106. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8420
novia, diana. (2021). Kinerja Karyawan www.pener
Oscar, A. W. (2023). Pengukuran Kinerja Karyawan Menggunakan Metode
Balanced Scorecard Di PT. Nusantara Batulicin. Brahmana : Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan, 4(2), 233–238.
https://tunasbangsa.ac.id/pkm/index.php/brahmana/article/view/229%0Afil es/5240/Oscar - 2023 - Pengukuran Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Bal.pdfbitwidina.com. mei, 2021.
Setyo Widodo, D., & Yandi, A. (2022). Model Kinerja Karyawan: Kompetensi,
Kompensasi dan Motivasi, (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1.1