Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Watertech Babelan Bekasi

research
  • 12 Oct
  • 2024

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Watertech Babelan Bekasi

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pelanggan pada PT Watertech Babelan Bekasi secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan aktif PT Watertech Babelan Bekasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 Responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Hipotesis dengan Uji Analisis Regresi Linier Berganda, Uji F, Uji T dan Uji Koefisien Determinasi.Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS versi 29. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasanpelanggan, kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan secara simultankualitas pelayanan dan kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PTWatertech Babelan Bekasi.

 

REFERENSI

Afrilliana, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Palembang. In Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM e (Vol. 1, Issue 2).

Apriasty, I., & E. Simbolon, M. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan: kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga (literature strategic marketing management). Ilmu Multidisiplin, 1, 1–11. https://doi.org/10.38035/jim.v1i1

Cahyadi. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baja  Ringan Di Pt Arthanindo Cemerlang. EKONOMI DAN MANAJEMEN BISNIS, 1, 1–14.

Desmi Ristia, N., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Albania Coffee Boja). YUME : Journal of Management, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.1751

Erri, D., Puji Lestari, A., & Herlan Asymar, H. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Melzer Global Sejahtera Jakarta. Inovasi Penelitian, 1, 1–10.

Jijah Hilyatul, A., & Selvi, E. (2021). Pengaruh kompetensi dan komunikasi terhadap kinerja perangkat desa. Manajemen, 13, 1–5.

Kurnia Saputra, E. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Lokasi Wisata Pulau Penyengat Tanjungpinang. Inovasi Penelitian, 3, 1–14.

Maulana, H. (2022). Potensi Dan Kendala Objek Wisata Pemandian Air Panas Citiis Di Desa Padakembang Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya.

Natallie Rembet, V., Mananeke, L., & S. Loindong, S. (2020). Pengaruh Service Performance, Kepercayaan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sulutgo Cabang Beo. EMBA, 8, 1–12.

Nurcahyo, B., & Riskayanto. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image dan Aktifitas Word Of  Mouth (WOM) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. JURNAL NUSAMBA, 3(1), 1–16.

Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (2019). Pengaruh Vidio Advertising Tokopedia Versi “Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik” Terhadap Respon Afektif Khalayak (Vol. 7).

Prambudi, J., & Imantoro, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Ukm Maleo Lampung Timur. In Jurnal Manajemen Diversivikasi (Vol. 1, Issue 3).

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Basicedu, 5, 1–7. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Sanaky. M, Saleh. L, & Titaley. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Simetrik, 11, 1–8.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun) (Vol. 16, Issue 01).

Silas, B., Adolfina, & Lumintang, G. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengembangan Karir, dan Kompensasi Finansial Terhadap Kinerja Karyawan PT Marga Dwitaguna Manado. EMBA, 7, 1–9.

Tarmizi, A., & Hutasuhut, J. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Kantor Camat Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai.

Tree Nanda, M., & Wangdra, Y. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan  PT Teno Sukses Abadi Kota Batam.