STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. TELKOM INDONESIA DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK INDIBIZ

research
  • 12 Oct
  • 2024

STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. TELKOM INDONESIA DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK INDIBIZ

Penelitian ini menganalisis strategi Public Relations (PR) PT Telkom Indonesia dalam mempromosikan layanan Indibiz dan meningkatkan brand awareness. Menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan tim PR dan analisis data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PR PT Telkom Indonesia berhasil meningkatkan brand awareness Indibiz secara signifikan, ditandai oleh peningkatan penyebutan di media, engagement di media sosial, dan kunjungan ke website resmi. Kampanye PR mencakup penggunaan media sosial, media massa, event, dan webinar yang menargetkan pemilik bisnis kecil, menengah, serta komunitas startup dan teknologi. Evaluasi berkala menggunakan metrik seperti jumlah mentions, engagement, traffic website, partisipan event, dan feedback pelanggan menunjukkan peningkatan jumlah pelanggan baru dan retensi, membuktikan efektivitas strategi PR yang diterapkan. Disarankan PT Telkom Indonesia terus memperbarui strategi PR sesuai tren pasar dan feedback pelanggan, memperkuat kehadiran di media sosial, memperluas jangkauan event dan webinar, serta berinovasi dalam layanan. Strategi PR yang terstruktur dan terintegrasi, mampu mencapai tujuan bisnis dan memperkuat posisi Indibiz di pasar.

Unduhan

 

REFERENSI

Anjani, S. P., & Lubis, A. (2021). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS RESTORAN BARAPI MEAT & GRILL CABANG TANGERANG.

Hendryadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). METODE PENELITIAN Pedoman Penelitian Bisnis Dan Akademik. September.

Lani, O. P., & Handayani, B. (2021). Peranan Humas Pemerintahan (Government Public Relations) dalam Menciptakan Reputasi Pemerintahan yang Baik. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 130–140. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.4071

Maryati, Darna, N., & Muhidin, A. (2020). Pengaruh citra perusahaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen (Studi pada PD. Sumber Rezeki Singaparna). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2, 104–115. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2475

Meliza, & Maryani Sunarya, D. (n.d.). Strategi Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK (ALFAMART). PR Mix.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2023). Metodologi Penelitian Sosial Dasar. In Metodologi Penelitian Sosial Dasar. https://doi.org/10.11594/ubpress9786232967496

Safitri, F. (2020). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS PT.TELKOM DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN INDIHOME DI KOTA PEKANBARU. 8–10.

Satira, U., & Hidriani, 2rossa. (2021). Peran Penting Public Relations Di Era Digital.

Silviani, I. (2020). Public Relations Sebagai Solusi Komunikasi Krisis. In Scopindo Media Pustaka (p. 210). https://www.google.co.id/books/edition/Public_Relations/hLIjEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Sugiono, S., Suwitho, S., & Suhermin, S. (2019). Penentu Brand Awareness Pada Aplikasi Ojek Online (Gojek). Jmm Unram - Master of Management Journal, 8(3), 280–294. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i3.442

Triastuti, N., Sulaiman, F., Nyssa, D., & Tarigan, W. (2019). Peran Public Relation Terhadap Citra Perusahaan Pada Pt Indofood. Tapanuli Jurnal, 1(2), 375–379. http://journal.ojs-unita.com/index.php/unita/article/view/54