SKRIPSI 2024

research
  • 12 Oct
  • 2024

SKRIPSI 2024

ABSTRAK

Uniatun Mutaziyah (17200894), Pengukuran Kepuasan Pengguna Aplikasi Canva Menggunakan Metode Pieces

Canva adalah salah satu aplikasi desain grafis online untuk membuat desain professional ataupun tanpa pengalaman desain sekaliapun. Dengan pengaruh perkembangan teknologi canva tampil dengan menyediakan berbagai fitur serta template siap pakai yang mempermudah penggunaan sehingga canva menjadi pilihan utama dalam desain grafis baik secara individu maupun bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pengguna aplikasi canva dalam ranah menciptakan materi promosi produk. Perhitungan kepuasan dilakukan dengan menggunakan metode pieces dengan 6 variabel yaitu Performance (Kinerja), Information and Data (Informasi dan Data), Economics (Ekonomi), Control and Security (Pengendalian dan Keamanan), Efficiency (Efisiensi), Service (Layanan)dan satu variabel user satisfaction (Kepuasan). Pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada 86 SFC dari PT Tira Satria Niaga. Dari hasil data yang diolah nilai rata-rata kepuasan pengguna puas, dengan nilai tertinggi pada variabel performane (Kinerja) sebesar 4.22 dan nilai terendah pada variabel control and security (Pengendalian dan keamanan) sebesar 3.92. Serta variabel pieces yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi canva hanya variabel Performance dan secara simultan (Bersama-sama) semua variabel metode Pieces memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna.

 

Kata Kunci: Canva, Kepuasan, Pieces, Variabel

Unduhan

 

REFERENSI

Al Kaafi, A., & Rachmi, H. (n.d.). Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(2), 119–128. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse

Anggraini, D., Hapsari, P., Adhayanti, N., & Susiloatmaja, R. (2023). Analisis PIECES untuk Evaluasi Layanan Aplikasi Disney+ Hotstar (Vol. 4, Issue 3).

canva. (n.d.). Canva. Canva. Retrieved June 13, 2024, from https://www.canva.com/id_id/about/

Canva. (2022). Your guide to product marketing in 2022. Canva.Com. https://www.canva.com/learn/product-marketing/

Fatta, H. Al. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (Agnes Heni Triyuliana, Ed.; 1st ed.). CV. Andi Offset.

Fitriani, R., & Utamajaya, J. N. (2022). Penerapan Metode PIECES Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Telegram Sebagai Media Knowledge Sharing. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 499. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4098

ibm. (n.d.). Mengapa perangkat lunak IBM SPSS? Ibm.Com. Retrieved July 11, 2024, from https://www.ibm.com/id-id/spss

Kinanti, N., Putri1, A., & Dwi, A. (n.d.). Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. JEISBI, 02, 2021. https://siakadu.unesa.ac.id

Krisna, K., Pratama, A., Kadek, I., & Nuryana, D. (2023). Implementasi PIECES Framework Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Investasi Reksa Dana Bibit. In JEISBI (Vol. 04).

Larasati, A. (2022, September 7). apa itu canva dan bagaimana menggunakanya. Gamelab Indonesia. https://www.gamelab.id/news/1824-apa-itu-canva-dan-bagaimana-cara-menggunakannya

Nugraha, F., Dewi, A. R., Bastian, I., & Korespondensi, P. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MYTELKOMSEL MENGGUNAKAN EVALUASI HEURSITIK DAN METODE PIECES (Studi Kasus : Mahasiswa Kampus Karawaci Universitas Gunadarma). 9(3), 463–468. https://doi.org/10.25126/jtiik.202294403

Nurmiati, E. (2022). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KNOWLEDGE SHARING MENGGUNAKAN METODE PIECES. https://doi.org/10.24853/jurtek.14.1.61-68

Olvionita, F., Baginda, F., & Potale, M. (2023). Analisis Kinerja Aplikasi Siransija Menggunakan Metode PIECES. 3(2).

Raharjo, sahid. (2019). Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS. SPSS Indonesia. https://www.spssindonesia.com/2014/02/download-distribusi-nilai-tabel.html

Raharjo, S. (2014). Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS. SPSS Indonesia. https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-reliabilitas-alpha-spss.html

Raharjo, S. (2019). Cara Membaca Distribusi Nilai r Tabel Product Moment Lengkap. SPSS Indonesia.

Sari, Y. R., & Nurmiati, E. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan PIECES Framework (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UIN Jakarta). 5(2). https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i2.3349

Septiani, D., Ruhama, S., Astuti, I., Margonda Raya No, J., Cina, P., Beji, K., Depok, K., & Barat, J. (2023). IMPLEMENTASI METODE PIECES UNTUK MENGANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PEDULI LINDUNGI. In JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA (Vol. 4, Issue 1).

Shaid, N. J. (2022, October 21). Apa Itu Promosi: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Fungsinya. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2022/02/19/181905526/apa-itu-promosi-pengertian-tujuan-jenis-dan-fungsinya?page=all

Shewale, R. (2023, December 6). Canva Statistics 2024 — Demographics, Financials & Facts. Demandsage. https://www.demandsage.com/canva-statistics/

sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif kualitataif dan R&D (sutopo, Ed.; 2nd ed.). alfabeta.

Team, C. studio. (2023, February 2). SPSS: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya. Coding Studio. https://codingstudio.id/blog/spss-pengertian-kelebihan-dan-kekurangannya/

Trymata. (2024, April 24). What is User Satisfaction? Definition, Metrics and Best Practices. Trymata Formerly TryMyUI. https://trymata.com/blog/2024/04/24/what-is-user-satisfaction/