Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing dan personal selling terhadap minat beli konsumen. Sosial media marketing merupakan pemasaran yang dipakai untuk menciptakan kesadaran,ingatan dan bahkan Tindakan terhadap suatu merk, produk, individu, dan kelompok baik secara langsung maupun tidak langsung. Disamping itu, Personal Selling memiliki prinsip-prinsip yang harus dikuasai oleh sales persons, diantaranya profesionalisme, kekuatan untuk negosiasi dan upaya untuk menjalin hubungan dengan konsumen, baik sebelum membeli produk maupun sesudah membeli produk. Sehingga pemasaran berperan penting untuk memperhatikan sosial media marketing dan personal selling yang mampu meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan pada coffe shop di phalawan terrace menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang terdiri dari peelanggan di phalawan terrace. Teknik pengumpulan data yaitu dengan lembar kuesioner dengan beberapa pernyataan-pernyataan. Hasil penelitian uji T menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial sebesar antara Sosial Media Marketing terhadap minat beli konsumen dengan nilai t hitung sebesar 4,426> 1,985 , maka HO ditolak dan Ha diterima dan terdapat pengaruh secara parsial Personal Selling terhadap minat beli konsumen dengan nilai t hitung sebesar 4,427 > 1,985, maka HO ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pengaruh simultan antara Sosial media marketing dan personal selling terhadap minat beli konsumen dengan nilai F hitung sebesar 25,054 dan signifikansi 0,000, hal ini menunjukkan F hitung 25,054 > 3,09 dan signifikansi 0,000 < 0,05 maka HO ditolak dan Ha diterima.
Jurnal Hilda Aulia_64200839
6024-Article Text-20684-1-2-20241006
Skripsi Hilda Aulia_64200839
Turnitin Hilda Aulia_64200839
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Populasi dan Sampel. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, 14(1), 103–116.
Caniago, A., & Rustanto, A. E. (2022). Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada UMKM. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 5(1), 19.
Ervandi, M. Z. (2021). Pengaruh Personal Selling Dan Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Thai Tea Di Surabaya. Performa, 6(2), 152–161. https://doi.org/10.37715/jp.v6i2.2075
Indah, W. (2019). Buku Ajar Metode Penelitian Pendidikan. UIN KH Achmad Siddiq, 1, 233. Jaya, C. L., & Tampubolon, M. (2023). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di the Wrappers, Medan. Jurnal Media Ekonomi
(JURMEK), 28(3), 118–127. https://doi.org/10.32767/jurmek.v28i3.2103
Julitawaty, W., Willy, F., & goh, T. S. (2020). Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor Pt. Mega Anugrah Mandiri. Bisnis Kolega, 6(1), 43–56. https://www.ejournal.pmci.ac.id/index.php/jbk/article/view/47
Mag, S. D., & MM, A. S. I. D. (2022). Page 1 of 129. http://digilib.iain- palangkaraya.ac.id/4022/1/BUKU METODE RISET PRAKTIS.pdf
Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.
Muhtar, H., & Retnaning, R. S. (2022). pengaruh direct marketing dan digital marketing. Journal of Economic Perspectives, 2(1), 1–4.
N Hidayat, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli ( Studi Kasus Pada Smartphone Samsung Di Neo Komunika). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 1–7. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/download/507/337
Pujana Mahendra, D., & Utami Nugrahani, R. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Activities Terhadap Brand Awareness Hearo Di Instagram the Influence of Social Media Marketing Activites To Hearo’S Brand Awareness on Instagram. Open Journal EProceedings of Management Telkom University, 8(3).
Punjungawidya, A., & Murtiyanto, R. K. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Menantea Di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 289–294. http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13870
Rabbani, D. B., Desak, N., Santi, M., Sari, Y. P., Haryanti, I., Santoso, M. H., & Ardani, W. (n.d.). Komunikasi pemasaran.
Rashid, F. (2022). buku metode penelitian FATHOR RASYID.
Safitri, D., Nurikhsan, F., Indrianie, W. S., & Indrianie, W. S. (2019). Fenomena Coffe Shop Di Kalangan Konsumen Remaja. Widya Komunika, 9(2), 137.https://doi.org/10.20884/wk.v9i2.1962 Sahir. (2021). Sahir.
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen.Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Sehangunaung, G. A., Mandey, S. L., & Roring, F. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Aplikasi Lazada Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 1–11. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Shofiyah Khairunnisa. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms Glow (Studi Kasus Pada Konsumen Distributor Ms Glow Panakukkang Di Kota Makassar). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 110–126. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.502
Sihabudin, Wibowo, D., Mulyono, S., Kusuma, J. W., Arofah, I., Ningsi, B. A., Saputra, E., Purwasih, R., & Syaharuddin. (2021). Ekonometrika Dasar Teori dan Praktik Berbasis SPSS.
Simorangkir, H. N., Maulana, A., Amin, M. M., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Minat Pembelian Produk Nabeezku. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 5(2), 190. https://doi.org/10.32493/frkm.v5i2.15664
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.
Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268
Yanto, R. T. Y., & Prabowo, A. L. P. (2020). Pengaruh Personal Selling Terhadap Pencapaian.Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10, no 1(2087–3077), 2–12.