Industri fashion Indonesia telah mengalami perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama untuk bisnis seperti Johanna Batik, yang menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk mereka dan berinteraksi dengan pelanggan. Naive Bayes Clasifier (NBC) adalah metode statistik populer yang digunakan untuk menganalisis data, membantu bisnis memahami preferensi pelanggan dan meningkatkan layanan. Studi ini menggunakan observasi, pengumpulan data, dan metode analisis untuk membantu Johanna Batik memahami preferensi pelanggan dan meningkatkan layanan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis sentimen dengan metode Naive Bayes memberikan akurasi sebesar 90,00%, presisi sebesar 95,00%, dan recall sebesar 89,06%, mengindikasikan bahwa metode ini efektif dalam mengkategorikan sentimen komentar pelanggan.
Full Skripsi Aisyah Anisa
cover skripsi aisyah anisa
Abisono Punkastyo, D., Septian, F., & Syaripudin, A. (2024). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Untuk Prediksi Kelulusan Siswa. In Journal of System and Computer Engineering (JSCE) ISSN (Vol. 5, Issue 1).
Andrian, E., & Rahman Isnain, A. (2024). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Tiktok Shop di Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. https://doi.org/10.30865/mib.v8i2.7530
Data Olahan. (2024).
Gustiandi, S., Kurniadi, T., Lubis, A. R., Aas, N., Rohmah, F., Studi, P., & Komunikasi, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Sosial Media Instagram Dimasyarakat Kampung Kandaga (Vol. 1, Issue 2). Online. www.plus62.isha.or.id/index.php/kampret
Hasil Penelitian Ulasan Instagram Johanna Batik . (2024).
Idris, M., Kepala Desa Lalang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara yaitu Desa yang Terdiri Dari Sepuluh Dusun Yaitu Berdikari, K., Barat, M., Timur, M., Lama, T., Baru, T., & Dan Pandau, S. (2019). IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI ANGKA KELAHIRAN. In Jurnal Pelita Informatika (Vol. 7, Issue 3).
Imron imron. (2019). 5861-16318-1-SM. Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang, 1–10.
Johanna Batik. (2024).
Mahastri, A. N., Samuel, A. U., Tambani, A., Maramis, J. B., Novita Mahastri, A., & Udi Samuel, A. (2022). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAKSO CAMPUR DI MANADO THE EFFECT OF WORK DISCIPLINE AND WORK CULTURE ON EMPLOYEES WORK PERFORMANCE OF BAKSO CAMPUR IN MANADO. 2030 Jurnal EMBA, 10, 2030–2039.
Mochamad Salman, F., & Widiyanesti, S. (2022). Implementasi Sentiment Analysis Dalam Penyebaran Informasi Vaksinasi COVID-19 Menggunakan Metode Naïve Bayes Di Facebook Implementation Of Sentiment Analysis In Distribution Of COVID-19 Vaccination Information Using Naïve Bayes Method On Facebook.
Natasuwarna, A. P. (2019). Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 SINDIMAS 2019 STMIK Pontianak (Vol. 29).
Nur Fadilah Amin, Sabaruddin Garancang, & Kamaluddin Abunawas. (2023). 10624-33580-1-PB (1). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN, 1–17.
Olah Data Ulasan Intagram Metode Naive Bayes. (2024).
Rizki Rinaldi, A., Perjuangan No, J., & Majasem Kec Kesambi Kota Cirebon, B. (2024). PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER PADA ANALISIS SENTIMEN APLIKASI GOPAY. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 1).
Shalihah, G., Kurniawan, R., & Suprapti, T. (2024). ANALISIS SENTIMEN ULASAN PELANGGAN MIE GACOAN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 1). https://dosbing.id/wp-content/uploads/2019/11/Annotation-
Srisulistiowati1, D. B., Khaerudin2, M., Rejeki3, S., & Bhayangkara Jakarta, U. (2021). SISTEM INFORMASI PREDIKSI PENJUALAN ALAT TULIS KANTOR DENGAN METODE FP-GROWTH (STUDI KASUS TOKO KOPERASI SEKOLAH BINA MULIA).
Susanto, A., Agung Dzulkarnain, I., Studi Statistika, P., & Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2023). Analisis Sentimen Data Twitter Topik Ekonomi Dan Industri Dengan Metode Naive Bayes Dan Random Forest. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 2023(20), 59–65. https://doi.org/10.5281/zenodo.8398895