Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia Sebagai Media Belanja Online Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat

research
  • 10 Oct
  • 2024

Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia Sebagai Media Belanja Online Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat

Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce terbesar yang sangat familiar dan sering digunakan oleh masyarakat Indonesia yang memiliki konsep mall online sehingga memungkinkan penjual dan pembeli bertemu secara virtual untuk melakukan transaksi jual beli online yang aman dan nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna aplikasi tokopedia sebagai media belanja online menggunakan metode End User Computing Satisfaction yang terdiri dari lima variabel yaitu content, accuracy, format, ease of use dan timelines. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada pengguna yang menggunakan aplikasi Tokopedia di Jakarta Barat dan mendapatkan sampel sebesar 100 sampel. Metode pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis yang diolah dengan menggunakan software SPSS 27. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua faktor secara bersamaan memiliki tingkat kepuasan pengguna sebesar 86,3%, dan hasil skor rata-rata tingkat kepuasan yaitu 3,98 yang termasuk dalam kategori Puas, sedangkan pada pengujian per variabel, didapat bahwa variabel format tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna tetapi variabel content, accuracy, ease of use dan timeliness memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna.

Unduhan

REFERENSI

Afriyanto, A., Gernaria Sihombing, E., Studi Sistem Informasi, P., & Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri, S. (2019). Inti Nusa Mandiri Deng. 14(1), 21–26.

Aminah, S., & Utamajaya, J. N. (2023). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Pengukuran Kepuasan Pengguna Aplikasi Camscanner Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Media Online, 3(4), 347–354. https://djournals.com/klik

Damayanti, S., Poerana, A. F., & Lubis, F. M. (2022). Fenomena Belanja Online Di Kalangan Mahasiswa Para Pengikut Akun @Berburusale_. Media Bina Ilmiah, 16(No. 10: Mei 2022), 1–4.

Damayanti, T., Fasa, M. I., & Fachri, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran E-Bussines Dalam Internet Bisnis ( Studi Kasus Pada Tokopedia ). Jurnal Ekonomak, 8(1), 1–12.

Darwati, L. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi WETV Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Ilmiah Komputasi, 21(4), 34–42. https://doi.org/10.32409/jikstik.21.4.3217

Faris, M., & Ratnawat, S. (2023). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Tokopedia Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (Ueq). Jurnal Perangkat Lunak, 5(2), 210–216. https://doi.org/10.32520/jupel.v5i2.2629

Giovani, A. P., Ardiansyah, A., Haryanti, T., Kurniawati, L., & Gata, W. (2020). Analisis Sentimen Aplikasi Ruang Guru Di Twitter Menggunakan Algoritma Klasifikasi. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 115. https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.679

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Khia, E. K., & Nafanu, S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Statistik Dengan Menggunakan Aplikasi Program Spss Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Timor Demi Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasisa. 4, 41–51.

MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Muria Pratama, D. C., & Hartomo, K. D. (2022). Implementasi End User Computing Satisfaction (EUCS) Dalam Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Badan Pertanahan Nasional. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(4), 2330–2340. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i4.1263

Prasetyaningsih, S., & Jati, M. E. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi PeduliLindungi Masyarakat Kota Batam Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Integrasi, 16(1), 80–91. https://doi.org/10.30871/ji.v16i1.6055

Putra, R. D., & Prehanto, D. R. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip.id menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfac (EUCS). Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence (JEISBI), 2(4), 4.

Ramanda, K., & Abadi, M. S. (2024). Evaluasi Tingkat Keberhasilan Aplikasi Tije Menggunakan Metode Pieces Framework. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 5(1), 24–35. https://doi.org/10.35957/jtsi.v5i1.6252

Robbaniyah, S. A., & Indriyanti, A. D. (2022). Penerapan Metode EUCS Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan SINAR pada Aplikasi Digital Korlantas POLRI. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 3(3), 7–14. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/46540%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Santoso, B., Haidir, A., Destiana, H., & Fakhriza, H. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Aplikasi Gojek Khusus Driver Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Ilmiah Komputasi, 23(1), 105–112. https://doi.org/10.32409/jikstik.23.1.3514

Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 58. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105157

Saputra, Y., Pratama Nugroho, B., & Norhayati, N. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi S.M.A.R.T STMIK Palangkaraya Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.33020/jsimtek.v1i2.421

Saputri, N. A. O., & Alvin, A. (2020). Measurement of User Satisfaction Level in the Bina Darma Information Systems Study Program Portal Using End User Computing Satisfaction Method. Journal of Information Systems and Informatics, 2(1), 154–162. https://doi.org/10.33557/journalisi.v2i1.43

Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162–175. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1375

Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 17–21. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.1645

Sihotang, F. P., & Putri, D. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi PLN Mobile Di Kota Palembang Dengan Metode EUCS. Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(3), 498–507. http://jurnal.mdp.ac.id

Triandika, L. S., Rachmaningsih, D. M., & Wijaya, A. F. (2021). Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs E-Learning Universitas Terbuka Dengan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs). Sebatik, 25(2), 598–603. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1212

Uva, I. M., Ariati, E., Amiruddin, M. R., & Tegarisnandy, D. (2024). Creative Communication Strategy for Digital Marketing and E- Commerce in Product Sales ( Case Study , Shopee , Tokopedia , Tiktok Shop ) Strategi Komunikasi Kreatif Terhadap Digital Marketing dan E- Commerce dalam Penjualan Produk ( Studi Kasus , Shopee ,. 3(3), 537–554.

Widyastuti, S. R. (2022). Pengembangan skala likert Untuk mengukur sikap terhadap penerapan penilaian autentik siswa sekolah menengah pertama. Aswaja, 3(2), 57–76. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jeas/article/view/393

Yang, M. Z., & Sihotang, J. I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat. Informatics and Digital Expert (INDEX), 4(2), 53–60. https://doi.org/10.36423/index.v4i2.1110

Yunia, A., Kaniawulan, I., & Singasatia, H. D. (2022). Analisis Kesuksesan Aplikasi E-Commerce Tokopedia Menggunakan Model Delone and Mclean. Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 4(3), 207–214. https://doi.org/10.51401/jinteks.v4i3.1947

Yusuf, T., Ar-Rasyid, R., Hanggara, B. T., & Rachmadi, A. (2021). Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website Beasiswa Universitas Brawijaya Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(6), 2308–2317. http://j-ptiik.ub.ac.id