PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEMBERSHIP FITHUB (Studi Kasus Generasi Milenial pada Cabang Fithub Blok M)

research
  • 10 Oct
  • 2024

PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEMBERSHIP FITHUB (Studi Kasus Generasi Milenial pada Cabang Fithub Blok M)

Chyka Marditya Afrianyssa, 64191324, 2024. Pengaruh Fasilitas, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Membership FIT HUB Cabang Blok M. Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta.

Gaya hidup sehat yang sedang menjadi tren belakangan ini pada kaum milenial dimanfaat menjadi berkembangnya bisnis yang menunjang gaya hidup sehat itu sendiri salah satunya yaitu, semakin banyaknya fitness center. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis mengenai suatu fenomena tentang pengaruh fasilitas, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian membership FIT HUB cabang Blok M. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan responden 74 responden yaitu member yang berolahraga di FIT HUB cabang Blok M. Dalam penelitian ini data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala dan Analisis Jalur dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS versi 22. Hasil Penelitian menunjukan Fasilitas, Harga dan Lokasi berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi menunjukkan variabel pembelian Fasilitas, Harga dan Lokasi mempunyai pengaruh sebesar 89,6% terhadap keputusan pembelian membership di FIT HUB cabang Blok M. Pengaruh yang paling dominan dalam keputusan pembelian membership FIT HUB adalah variabel lokasi karena memiliki thitung paling besar yaitu 10.988.

Kata kunci: Fasilitas, Harga, Lokasi dan Keputusan Pembelian

Unduhan

  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 11x | Ukuran 125 KB

 

REFERENSI

Afifah, T. N., Putri, S., Erinaputri, N., Maghfiroh, S. A., Yusuf, H. A., Adristi, K., Heri Iswanto, A., Kesehatan, F. I., Masyarakat, K., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Jakarta, ". (2023). Analisis Pengaruh Pemilihan Lokasi Apotek Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi ( JIG), 1(3), 65–77. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i3.1384

Anggie, P. (2023). Pengaruh lokasi, kualitas pelayanan, dan promosi online terhadap keputusan pembelian sparepart di mitra utama motor semarang skripsi.

Anindita, N. (2022). PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS GAWASTA (Studi

Kasus Pada Toko Perhiasan Gawasta di Madiun). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(2), 12–26.

Aprileny, I., Imalia, I., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Ikraith Ekonomika, 4(3), 243–252. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2409

Atika, Y., Bullan, T. P. L., & Junaida, E. (2022). Pengaruh Brand Image, Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ance Salon Di Kota Kuala Simpang. JIM: Manajerial Terapan, 2(1), 1–11.

Aziz, Z. A. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Pengalaman Pengunjung Terhadap Loyalitas Pengunjung Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pengunjung (Survey Pada Pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 17(2), 8–18. https://doi.org/10.14710/jsmo.v17i2.32470

Boleng, T. A., Fanggidae, R. P. C., Salean, D. Y., & Amtiran, P. Y. (2023). The Influence Of Price, Product Quality, And Brand Image On Indihome Subscription Decision (Case Study On Indihome Customers In The City Of Kupang) Koresponden : a) amulianyboleng@gmail. 1251–1269.

Brilian, S. C., & Haris, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Kepuasan Pelanggan. Solusi, 21(3), 300. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7171

DJAMALULLAIL, F. M. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK    DAN    KUALITAS    PELAYANAN    TERHADAP    KEPUTUSAN

PEMBELIAN (Study Kasus Domino’s Pizza Cabang Ciputat).

Eli Achmad Mahiri. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227–238. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.154

Enre, A. E., Hutagalung, D., Simbolon, H. A., & Ong, M. T. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian CV Obor Pematangsiantar. Owner, 4(1). https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.173

Farizy, S. Al. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi Dan Tata Letak Pada Super Indo Tlogomas Malang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951– 952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23 (8th Ed.). Universitas Diponegoro. In Edisi 10 (Cetakan ke). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang.                                         Productivity,                         2(1),                         69–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911

Hermawanto, A. R. (2016). Pengaruh Kepemimipinan Transpormasional Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Pada Kinerja Dosen. Sistemik, 2(4).

Hidayat, T. (2020). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ANALYZED THE EFFECT OF PRODUCT , PRICE , PROMOTION AND LOCATION ON

PURCHASE DECISION Oleh : Taufan Hidayat. Produk, Analisis Pengaruh Lokasi, Promosi D A N Universitas, Manajemen Yogyakarta, Negeri, 17(4), 95– 105.

Jumantara, S., Yulistyanti, D., & Kencanawaty, G. (2021). Perancangan Sistem Informasi Keuangan Kas Di. JI-Tech: Jurnal Ilmiah Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT, 17(2), 48–55.

Kotler. (2016). Dasar-dasar Pemasaran, Edisi BahasaIndonesia, Jilid 1, (Alih & B.

  1. Sindoro. (eds.)). Jakarta: Penerbit Prenhallindo.

Kusuma, M., & Putri, A. A. (2023). The Effect of Pricing Policy and Service Quality on Customer Satisfaction at Bunga Laundry in Surabaya Village, Bengkulu City (Case Study on Customers of Bunga Laundry in Surabaya Village, Bengkulu City). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 2(2), 111–122. https://doi.org/10.37676/jambd.v2i2.4235

Lina, L. (2020). Pengaruh Fasilitas, Lokasi dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada PT Glory Point di Kota Batam.

Majid, A., Fazal V, A., Oktavianti, A. E., Rista, M. A., & Santika, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Rocket Chicken Cabang Lamongan). Management, and Business Research, 2(1), 214–226. www.jember.umla.ac.id

Manope, C. W. (2019). Pengaruh Kualitas Dan Harga Pasar Terhadap Keputusan Pembelian Biji Pala Pada Pedagang Pengumpul Di Pulau Siau. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 4514–4523. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/25244

Mauldy, I., & Saefurahman, A. (2020). Pengaruh Retailing Matraman Raya 3 Jakarta Timur). 1–18.

Muhtadi, M. F., Rahmawati, E., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Produk dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Tabungan Mudharabah Al Barakah Di Bank Kalsel Kantor Cabang Syariah Banjarmasin). Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 9(2), 14–25.

Mukhlis, M. A. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J & T di Muara Bulian. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(1), 1. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i1.50

Muzhiroh, & Budiono. (2020). KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO

( Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Cakung Barat ). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–17.

Ningrum, A. P. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Putera Karyasindo Prakarsa.

Nurdin, H. (2020). 215-Article Text-563-1-10-20200526 (1). 1(2), 115–123.

Puspita, I. R., Fadillah, A., & Taqyudin, Y. (2022). Tinjauan Atas Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2(1), 67– 74. https://doi.org/10.37641/jabkes.v2i1.1358

Salma. (2023). Desain Penelitian: Pengertian, Jenis, dan Contoh. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/desain-penelitian/

Santi Jesica Sembiring, H. I. T., & , Jumjuma, S.E., M. S. . (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Cabin/Belltent the Kaldera Toba Nomadic Escape(Toba Samosir). Prosiding Konferensi         Nasional    …,                                              4–11. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/view/859%0Ahttps://ojs

.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/download/859/427

Sari, I., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Bang Faizs. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 1(2), 74–81.

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA, 7(1), 881–890. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22916

Setianingsih, D. A. (2024). Tren Gaya Hidup Sehat di Kalangan Milenial Indonesia. Kumparan. https://kumparan.com/dian-agus-setianingsih/tren-gaya-hidup-sehat- di-kalangan-milenial-indonesia-22gGKbUdaF5/full

Sirait, M. P. L., & Sukma, R. P. (2023). Pengaruh Harga , Lokasi , Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Membership di Ikigai Fitness Kartini. Panorama

Nusantara, 18(2), 1–12.

Sjam, A. R., & Andjarwati, A. L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi pada Pengguna Smartphone Asus Zenfone 5 di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6(1), 1–7.

Sjawal, B. P., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kafe (Studi Kasus Pada Konsumen Blen.Co Café Manado) Consumers). 379 Jurnal EMBA, 8(3), 379–388.

Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. Performa, 5(1), 63–71. https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1303

Sopian, D., & Suwartika, W. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 11(2), 40–53. https://doi.org/10.37151/jsma.v11i2.5

Sugiyono. (2016). MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 31–41. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.718

Suparman, D. (2022). … LOKASI, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP

KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET ALFAMART STUPA

KOTA SUKABUMI: Manajemen pemasaran. Ekonomedia, XI(01), 24–37. https://journal.stiepasim.ac.id/index.php/ekonomedia/article/download/236/215

Taufik, H., Ginting, P. N., Alfina, R., Dwianti, H. O., Lukluum Maknun, D., Kesuma, B., Mulya, I., Sekar, P., Pujiati, A., Ali, A. R., Raudina, K. S., Putri, N. F., & Riau, U. (2023). The Role of Students in Increasing the Interest of Sungai Baung Village Children in Sports. Indonesian Journal of Advanced Social Works (DARMA), 2(5), 393. https://journal.formosapublisher.org/index.php/DARMA

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran - Prinsip, penerapan dan penelitian. In Yogyakarta: Andi Offset. Penerbit ANDI Yogyakarta.